Mengapa Si Kecil Tidak Suka Susu Anak 4 Tahun?

susu friso gold 4 untuk balita

mimipipi.net

Anak ibu tiba-tiba mogok minum susu padahal ibu sudah siapkan susu anak 4 tahun yang terbaik? Ini bukan cerita baru. Banyak orang tua yang mengalami hal tersebut. Saat ia sudah bisa dikatakan sedikit lebih dewasa, ia justru tidak mau minum susu.

Kenapa ya? Berikut ini beberapa penyebabnya. Mungkin saja ada satu di antara penyebab berikut yang menyebabkan anak ibu tidak lagi mau minum susu.

Penyebab Anak Tidak Mau Minum Susu

Sebenarnya mudah sekali bagi ibu untuk mencari tahu apa yang menyebabkan si kecil tidak lagi mau minum susu. Ibu bisa tanya langsung karena anak usia 4 tahun sudah bisa diajak berkomunikasi. Berbeda ketika usianya baru 1 tahun. Komunikasi masih sangat terbatas.

Sayangnya, kemampuan berkomunikasi tidak menjamin ibu mendapatkan jawaban tentang apa yang menjadi penyebab utamanya. Berikut ini beberapa penyebab anak tidak mau minum susu.

  • Tidak Ada Budaya Minum Susu

Ini sebenarnya yang menjadi permasalahan di Indonesia. Di negara kita, tidak ada budaya minum susu. Hanya beberapa keluarga saja yang membiasakan seluruh anggota keluarga agar minum susu setiap hari. Ini sudah membudaya. Sayangnya, lebih banyak keluarga yang tidak membudayakan minum susu.

Hal ini membuat orang tua pun merasa tidak wajib bagi anak usia 4 tahun untuk minum susu. Padalah, susu anak usia 4 tahun sangat dibutuhkan mengingat kebutuhan nutrisinya semakin banyak.

Di sisi lain, sang anak pun merasa ingin seperti orang dewasa. Ia tidak lagi mau minum susu. Jadi, faktor kebudayaan inilah yang menyebabkan anak mudah sekali menolak jika diminta untuk minum susu.

  • Malu

Kok bisa? Tentu bisa. Ini terkait juga dengan poin yang pertama. Karena tidak ada budaya minum susu, muncul kesan bahwasannya susu itu minuman untuk anak kecil. Jika sudah dewasa, anak tidak harus minum susu. Ia harus minum minuman yang lainnya.

Maka dari itu, anak malu jika tetap minum susu. Apalagi dari semua temannya di kelas, hanya dia yang masih minum susu. Sementara itu, anak-anak yang lain mengkonsumsi minuman yang lain.

  • Lebih Suka Minuman Lain

Saat usia anak di atas 2 tahun, sangat disarankan agar ibu memberikan minuman lain selain susu balita. Akan tetapi, bukan berarti susu harus ditinggalkan. Susu tetap harus dikonsumsi.

Sayangnya, terkadang rasa minuman lain jauh lebih enak daripada susu untuk anak 4 tahun. Akhirnya, anak lebih memilih minuman lain daripada susu.

  • Rasa Susu Yang Tidak Enak

Bisa saja anak menolak minum susu karena rasa susu yang tidak enak. Saat usianya 4 tahun, ia sudah bisa menilai mana minuman yang enak dan mana yang tidak. Apalagi ia sudah merasakan berbagai rasa minuman yang berbeda.

Ibu bisa coba ganti susu dengan susu Frisian Flag Karya. Ini merupakan susu balita usia 4-6 tahun. Rasanya lebih enak dibandingkan dengan susu lainnya. Yang pasti, rasanya tidak membuat eneg.

  • Sakit

Semoga saja ini yang menjadi penyebabnya. Jadi, jika ia tidak mau minum susu karena sakit, ibu bisa sembuhkan penyakit tersebut. Otomatis, si kecil mau lagi minum susu.

Sariawan sering menjadi penyakit yang menyebabkan anak tidak mau minum susu. Coba mintai kecil untuk membuka mulutnya. Cek kondisi mulutnya. Jika memang ada sariawan, maka carikan obat sariawan dulu. Ia menolak minum susu karena sering kali susu yang dikonsumsi menyebabkan rasa perih karena mulut mengalami sariawan.

Kira-kira, mana yang menjadi alasan anak ibu tidak lagi mau minum susu?

Jika Anak Tidak Mau Minum Susu

Apakah ada masalah jika anak tidak minum susu? Sebenarnya tidak. Dengan catatan, ibu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan memberikan makanan yang bergizi. Nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, dan lain sebagainya harus terpenuhi sesuai dengan kadar yang direkomendasikan dokter anak.

Mungkinkah? Sangat mungkin tapi sulit. Makanya, adanya susu anak 4 tahun ini untuk memastikan kebutuhan minimal nutrisi harian anak terpenuhi. Sayang sekali jika anak tidak mau minum susu. Bisa saja perkembangannya tidak optimal lantaran kebutuhan gizinya tidak terpenuhi.

Solusinya tentu saja ibu berusaha agar anak mau lagi minum susu lagi. Coba bujuk agar ia mau minum susu lagi. Akan lebih baik jika ibu memberikan contoh. Di rumah, ibu harus minum susu, setidaknya di pagi hari ketika sarapan. Apalagi jika ibu mau terus menerus membawa susu kemanapun ibu berada. Ini akan menjadi pembelajaran tersendiri bagi sang buah hati. Ia akan terbiasa minum susu. Minum susu akan menjadi tradisi di keluarga.

Terlepas dari hal tersebut, makanan yang bergizi harus tetap diperhatikan. Ibu tidak boleh berpikir jika sudah minum susu maka kebutuhan semua nutrisi sudah terpenuhi. Dan ibu tidak perlu lagi memperhatikan makanan yang dikonsumsi si kecil. Anggapan tersebut jelas salah. Susu itu seperti suplemen yang memastikan kebutuhan minimal nutrisi terpenuhi. Sementara itu, sumber utama nutrisi tetap berasal dari makanan.

Maka dari itu, selain memberikan susu anak 4 tahun, ibu juga perlu perhatikan makanan sang buah hati. Jika perlu, ibu buatkan sendiri makanan serta bekal sang buah hati. Jangan biasakan anak jajan sembarang. Jangan biasakan juga anak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat seperti fast food.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *