Mengasah Kreativitas Anak Dengan Berbagai Cara

cara mengasah kreativitas anak

www.friso.co.id

Memang kreativitas anak harus dikembangkan sejak usia dini dimana kreativitas merupakan potensi alamiah dalam diri anak-anak yang harus dikembangkan secara optimal. Tentu saja akan sangat  bahagia jika anak-anak kreatif. Mengasah kreativitas anak berfungsi untuk mengembangkan kecerdasan dan kemampuan anak dalam mengekspresikan serta menghasilkan sesuatu yang baru.

Sedangkan semua yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan anak terletak pada pola asuh hubungan orang tua dan orang terdekat lainnya. Stimulasi dari orang tua bisa  membuat anak berpikir menggunakan kedua otak kanan dan kirinya, itulah yang menghasilkan kreativitas. Untuk mengasah dan menumbuhkan kecerdasan dan kreatifitas anak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah ;

– Kondisi calon ibu harus sehat sejak dini dan mempunyai gizi yang baik

Hindari zat-zat berbahaya seperti alkohol, obat-obatan, rokok dan merkuri yang akan membahayakan perkembangan otak calon bayi. Penuhi kebutuhan gizi khusus, seperti asam folat dan minyak ikan. Setelah lahir pastikan pemberian ASI, karena ASI mengandung salah satu unsur penting yaitu asam docosahexaenoic (DHA), yang merupakan asam lemak esensial yang baik untuk perkembangan otak.

– Latih anak untuk terus menambah kosa katanya setiap hari

Meskipun anak belum memahami arti dari cerita tersebut, namun dapat membantu proses berbicara. Kemudian ajaklah anak melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan kreatifitasnya, misalnya menggambar, mewarnai, bernyanyi, seni melipat kertas, atau dapat diberikan mainan edukatif yang dapat mengasah imajinasi dan membantu perkembangan motorik anak misalnya mainan buka tutup.

– Biarkan anak berimajinasi dan mengungkapkan apa yang dipikirikannya

Jangan meremehkan atau mengabaikannya, hargai pendapatnya dan biarkan anak mengambil keputusan hasil buah pemikirannya. Biarkan anak untuk praktek dan belajar. Peran orang tua adalah mengawasi dan membantu ketika anak mengalami kesulitan.  Dan berikan pujian apabila anak berhasil. Hal ini dapat mendorong untuk memunculkan daya kreatifitas anak.

Dalam pengembangan kreativitas, ada beberapa factor yang mempengaruhinya yaitu faktor penghambat dan factor pendukung. Factor penghambat kreativitas adalah apabila orang tua memaksakan anak untuk menerima apa yang di tetapkan oleh tokoh otoriter, mematuhi aturan dan keputusan orang dewasa yang ada di lingkungan rumahnya, kemudian ini semua akan di kembangkan di lingkungan sekolah.

Lingkungan yang sangat otoriter akan menghambat kreativitas anak. Rangsangan mental dan kasih sayang juga berfungsi sebagai factor pendukung kreativitas anak. Jika keluarga mampu memancing dan memicu kreativitas anak-anaknya sejak masih kecil, ini akan menjadi luar biasa. Dengan dukungan dan motivasi maka anak akan menjadi semakin kreatif dan tambah percaya diri.

Memilih Permainan Yang Dapat Mengasah Kreativitas Anak

Bermain merupakan  suatu bentuk pembelajaran dan pengembangan kretifitas anak. Kerena anak mempunya kapasitas otak yang besar dan anak sedang bekembang, oleh kerena itu pentiglah bagi anak agar selalu aktif dalam bermain dan belajar. Berikut  ini beberapa permainan yang bisa membantu kreatifitas anak ;

-Menyusun Dan Memilih Kata

Cara bermainya yaitu  para pemain hendaknya duduk melinggar, satu orang menyebutkan satu kata dan di sambung oleh orang yang ada di sampingnya, sampai seterusnya. Syaratnya, peserta harus membuat kalimat yang baik dan tersambung. Tantangannya iyalah peserta harus membuat kalimat yang bermakna dan mengingat kata yang baru yang di tambahkan oleh teman sebelumnya. Permainan semacam ini di harapkan akan membuat anak lancar berbicara dan merangsang daya ingat anak.

-Tebak Benda Di Dalam Kantong Atau Benda Tertutup

Kantong yang di gunakan  ialah kantong yang tidak tembus pandang. Cara mainnya ialah, peserta harus menutup mata, peserta hanya meraba, tidak bolik mengintip isi kantong, dan peserta harus menebak apa isi di dalam kantong. Permainan semacam ini di harapkan mengasah keterampilan motorik halus anak.

-Mengenakan Baju Atau Celanan

Siapa yang paling cepat dan rapi dialah pemenangnya. permainan ini di harapkan melatih kemandirian dan kecekatan pada anak.

-Menyusun Lego

Bermain dengan lego atau balok kayu. Anak dapat menyusun lego atau balok kayu sehingga menjadi sebuah bentuk yang menarik. Ini permainan untuk merangsang kreatifitas anak, konsentrasi dan mengingat warna.

-Menggambar Dan Mewarnai

Anda dapat bermain menggambar dan mewarnai dengan anak anda. Bagi anak yang sudah beras bisa di ajak bermain menggambar, sedangkan anak yang kecil bisa bermain dengan mewarnai. Permainan ini bermanfaat untuk membantu kecerdasan anak dan akan membantu untuk mengingat wara.

Membuat Origami Untuk Mengasah Kreativitas Anak

Kegiatan ini bisa  meningkatkan kreativitas dan motorik halus anak. Anda bisa menciptakan berbagai bentuk sesuai keinginan melalui teknik origami. Seni origami sangat menyenangkan. Tidak hanya anak-anak, kaum muda dan orangtua pun banyak yang menyukai kegiatan ini. Hal itu membuat origami sebagai salah satu seni kerajinan tangan mampu berkembang cepat di dunia. Selain menyenangkan, kegiatan ini memiliki banyak manfaat lain, di antaranya dapat meningkatkan kreativitas dan motorik halus anak.

Sebab, membuat origami membutuhkan ketelitian dan imajinasi sehingga saraf otak akan bekerja dengan baik. Tentu saja, dampaknya akan positif bagi perkembangan otak. Semakin tinggi ketelitian dalam mengasah kreativitas anak, semakin baik dan menarik pula bentuk yang dihasilkan. Anda akan mencapai kepuasan besar. Hanya bermodalkan kertas, Anda pun bisa menciptakan banyak kreasi model origami, misalnya kreasi model binatang. Binatang merupakan sosok yang sangat akrab dengan dunia anak-anak. Ragam sosok binatang, seperti burung betet, ikan, ayam, hingga kanguru tampil cantik dan lucu dalam bentuk lipatan-lipatan kertas warna-warni.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *