Mengatasi Cadel Dengan Latihan Sederhana

mengatasi cadel pada anak

www.ibudanbalita.com

Anak ibu cadel? Tidak perlu khawatir. Ada latihan atau semacam cara yang sederhana yang bisa ibu coba untuk mengatasi cadel. Hanya saja, ada faktor penyebab cadel yang tidak bisa ditanggulangi. Yaitu ketika anak ibu mengalami apa yang disebut dengan frenulum linguae.

Apa Itu Frenulum Linguae?

Ada beberapa faktor penyebab anak mengalami cadel. Salah satunya adalah frenulum linguae. Ini merupakan kondisi di mana lidah mengalami gangguan, yaitu jaringan yang menghubungkan dasar mulut dengan lidah.

Tidak perlu memeriksakan ke dokter. Ini bisa ibu ketahui tanpa harus memeriksakan kondisi lidah anak ke dokter. Ibu bisa minta anak ibu untuk menggerakkan lidah ke atas. Panjang atau pendeknya frenulum linguae inilah yang menjadi penyebab anak mengalami cadel.

Yang pasti, jika ini merupakan faktor penyebabnya, maka sulit atau bahkan tidak ad acara untuk mengatasi cadel. Lain hal jika penyebabnya ibu membiarkan si kecil cadel. Karena ada juga orang tua yang membiarkan si kecil terbiasa mengucapkan huruf R dengan tidak sempurna. Akibatnya, ia sulit untuk mengatakan R dengan sempurna.

Latihan Untuk Mengatasi Cadel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika penyebabnya bukanlah faktor fisik, maka cadel bisa diatasi.

Mungkin saja ibu tidak sadar membiarkan si kecil berbicara cadel. Maka ada latihan untuk mengatasi cadel yang bisa ibu coba terapkan.

  • Minum Dengan Sedotan

Cadel bisa disebabkan oleh lidah yang tidak begitu kuat sehingga tidak bisa mengucapkan huruf R dengan baik. Oleh sebab itu, cara yang paling tepat adalah dengan melatih kekuatan otot lidah.

Caranya dengan membiasakan si kecil minum dengan sedotan. Semakin sering si kecil menyedot minuman, maka lidahnya akan semakin kuat.

  • Jangan Biarkan Si Kecil Menghisap Jempol

Hampir semua anak pernah memiliki kebiasaan menghisap jempol. Jika usianya masih di bawah 1 tahun, seperti ini bukan masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika usianya sudah mencapai di atas 1 tahun.

Selain ini merupakan kebiasaan buruk, menghisap jempol juga ternyata berdampak negatif dan menyebabkan cadel lho. Untuk itu, jangan biarkan si kecil menghisap jempol jika ibu ingin menghentikan cadel yang dialami oleh si kecil.

Dua latihan tersebut akan sangat membantu jika diterapkan secara terus menerus. Lakukan terus menerus dan lihat apa perbedaannya.

Meskipun demikian, ibu juga perlu mengajarkan kepada si kecil bagaimana mengucapkan kalimat yang ada huruf R nya dengan benar. Jika salah, maka ibu harus coba mengulangi dan biarkan anak menirukan hingga benar.

Jangan sekali-kali ibu membiarkan kesalahan pengucapan R tersebut. Pasalnya, jika ibu biarkan, si kecil akan merasa itu sudah benar dan wajar.

Memang tidak mudah untuk mengatasi cadel pada anak ini. Apalagi jika usianya sudah 4 tahun. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada upaya yang bisa ibu lakukan, bukan?

Menerapkan latihan sederhana tersebut semoga bisa membuat anak tidak lagi cadel. Jika masih cadel, ada baiknya ibu konsultasi dengan pakar perkembangan anak di www.ibudanbalita.com. Dengan demikian, ibu bisa mendapatkan masukan yang lebih tepat dan lebih bisa membantu anak mengatasi cadel.

Atau ibu juga perlu memeriksakan sinus si kecil ke dokter. Hal ini menjadi sangat penting mengingat cadel bisa juga disebabkan oleh masalah sinus. Untuk yang satu ini, ibu harus datang ke dokter secara langsung agar sinus si kecil diperiksa.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *