Mengatasi Pilek Pada Bayi Tanpa Bantuan Dokter

cara atasi pilek pada bayi

www.ibudanbalita.com

Bayi sangat rentan terhadap penyakit, terutama pilek. Hal inilah yang menjadi sebuah kewajiban bagi setiap orang tua untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi pilek pada bayi.

Sekarang semuanya serba mudah. Fasilitas kesehatan bisa dengan mudah didapatkan. Namun, tentu ibu tidak ingin mengandalkan dokter saja, bukan? Kalau bisa diatasi sendiri, mengapa harus repot membawa si kecil ke dokter?

Dan sebenarnya, membawa ke dokter bukanlah solusi yang tepat. Biasanya, dokter akan menyarankan agar bayi mendapatkan ASI lebih banyak. Jangan berharap dokter memberikan obat karena mereka tahu sebisa mungkin bayi tidak mengkonsumsi obat-obatan kimia. Dan sebenarnya ASI adalah obat yang paling efektif untuk meredakan semua jenis penyakit, terutama untuk mengatasi pilek bayi.

Tentu saja bukan hanya memberikan ASI saja yang perlu ibu lakukan untuk meredakan pilek tersebut. Ingin tahu apa saja yang sebaiknya ibu lakukan saat si kecil pilek?

Penanganan Pilek Pada Bayi

  • Suhu Ruangan

Untuk ibu yang tinggal di daerah yang panas, pasti ibu mengandalkan AC untuk mendinginkan ruangan. Sayangnya, ini kurang bagus jika si kecil sedang pilek. Sebaiknya matikan saja AC karena udara yang dingin di dalam ruangan justru menghambat proses penyembuhan.

Akan lebih baik jika ibu memaksimalkan udara dari luar agar masuk ke dalam ruangan. Selain untuk membuat ruangan tidak pengap dan panas, udara yang masuk ke dalam ruangan akan mengusir virus yang menyebabkan pilek pada bayi.

Jika hal tersebut tidak memungkinkan, ibu pastikan sirkulasi udara ruangan bagus. Ibu bisa pasang kipas angin agar sirkulasi udara di dalam ruangan menjadi baik.

  • Membawa Bayi Keluar Rumah

Banyak orang tua yang khawatir membawa keluar bayi ketika sakit, terutama pilek. Padahal, justru dengan membuat bayi di dalam kamar, itu menghambat proses penyembuhan. Sebaiknya bayi terkena sinar matahari, terutama sinar matahari pagi. Ini juga cukup efektif untuk mengatasi pilek pada bayi.

Dengan membawa si kecil ke luar rumah, maka virus tidak menumpuk di udara yang ada di dalam rumah. Ini akan semakin bagus untuk proses penyembuhan dari pilek yang dialami oleh si kecil.

  • Baby Massage

Pernah dengar baby spa? Di tempat spa untuk bayi ini, si kecil akan dipijat oleh tenaga profesional. Pijatan seperti ini sangat dibutuhkan untuk membuat bayi rileks. Selain itu, ini juga akan meredakan pilek yang ia derita.

Biasanya, ada treatment khusus yang dilakukan saat baby spa seperti penguapan. Ini masih sangat aman dibandingkan dengan memberikan obat pilek untuk bayi.

  • Hangatkan Badan Bayi

Ini sangat perlu dilakukan, apalagi ketika udara sangat dingin di musim hujan. Ibu bisa menghangatkan badan si kecil dengan mengoleskan minyak telon setiap kali setelah mandi. Selain itu, pilihkan pakaian yang hangat. Jika usia bayi masih di bawah 1 bulan, ibu bisa membedong badan si kecil agar ia merasa benar-benar hangat. Dengan membuat tubuh bayi hangat, maka pilek yang ia alami bisa lebih mudah sembuh.

Hal Yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Pilek

Pilek sebenarnya bukan masalah kesehatan yang perlu terlalu dikhawatirkan. Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak boleh melakukan langkah antisipasi. Menurut para ahli kesehatan, bayi yang pilek membuat suhu tubuhnya naik. Dan jika suhu tubuhnya mencapai 39 derajat celsius, maka ibu perlu konsultasikan dengan dokter segera. Pasalnya, suhu tubuh yang tinggi bisa memicu hal lain yang berbahaya, terutama kejang-kejang.

Beberapa hal lain yang juga perlu ibu antisipasi adalah sebagai berikut:

  • Mata berair
  • Pilek disertai dengan batuk
  • Tidak mau minum ASI
  • Tidak bisa tidur nyenyak
  • Pilek hingga 1 minggu

Jika hal-hal tersebut terjadi, maka jalan terbaik adalah membawanya ke dokter anak. Atau ibu bisa konsultasi secara online dulu dengan dokter anak di www.ibudanbalita.com. Ini juga bisa menjadi cara yang bisa ditempuh agar ibu mendapatkan masukan apa yang seharusnya ibu lakukan.

Posisi Tidur Terbaik Saat Bayi Pilek

Ketika pilek, bayi sulit tidur. Kalaupun ia bisa tidur, tidurnya tidak begitu nyenyak. Sering bangun tengah malam dan menangis menjadi hal yang sangat lumrah terjadi. Itu disebabkan hidungnya tersumbat sehingga ia susah bernafas. Akibatnya, ia merasa kurang nyaman. Lama kelamaan, bayi ibu tidak lemas karena kurang tidur di malam hari. Maka dari itu, ibu harus tahu solusinya.

Sebaiknya ibu posisikan tidur bayi dengan posisi sedikit miring, entah ke kanan atau ke kiri. Atau ibu bisa menggendong dengan posisi kepala lebih tinggi daripada kaki. Ini juga membuat hidung mudah bernafas sehingga tidur si kecil menjadi lebih nyenyak.

Tentu ini bukan cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi.  Akan tetapi, setidaknya dengan memposisikan tidur dengan baik akan membuat bayi merasa nyaman dan nyenyak saat tidur. Dengan demikian, ia memiliki waktu beristirahat sehingga pilek yang ia alami bisa segera sembuh.

Setelah mengetahui informasi ini, setidaknya ibu tidak lagi panik ketika bayi ibu mengalami pilek. Yang pasti, bukan obat yang menjadi satu-satunya cara untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Harus diingat sebisa mungkin bayi tidak mengkonsumsi obat kimia. Gunakan cara lain jika masih memungkinan. Memberikan ASI lebih banyak jauh lebih baik daripada memberikan obat pilek yang katanya memang dibuat untuk meredakan pilek pada bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *