Mengenal Tanda-Tanda Tentang Kehamilan

tentang kehamilan

www.ibudanbalita.com

Munculnya ciri tentang kehamilan akan dialami oleh seorang wanita pada minggu-minggu pertama terjadinya kehamilan. Perubahan fisik pada awal kehamilan ini meskipun terjadi pada banyak bagian tubuh, tapi masih dalam skala kecil. Perubahan ini secara sekilas mungkin tidak akan terlihat, kecuali memang harus diperhatikan.

Wanita terkadang salah mengartikan tanda-tanda awal kehamilan, sering kali tanda-tanda ini hanya dilihat sekilas saja dan diartikan bukan sebagai pertanda hamil. Memang hal biasa ini terjadi karena sekilas perubahan fisik ini akan terlihat biasa saja.

Sulit untuk menyimpulkan suatu kehamilan jika hanya dengan mengamati satu-dua perbuahan fisik saja. Semakin banyak perubahan fisik yang Anda temukan, akan semakin mudah untuk menyimpulkan bahwa itu menunjukan adanya kehamilan. Sebagai seorang istri atau sebagai seorang wanita secara umumnya, sangat baik bagi Anda untuk mempelajari dan membekali diri dengan pengetahuan tentang kehamilan. Tujuannya tentu saja agar Anda bisa lebih memahami berbagai kondisi yang nantinya akan Anda rasakan ketika hamil, dan supaya tidak terlalu panik saat tiba-tiba merasakan kondisi yang ekstrim ketika mulai hamil.

Beberapa Ciri Fisik Awal Mengenai Kehamilan Yang Perlu Diketahui

Bagi semua pasangan suami istri, kehamilan adalah suatu anugerah yang luar biasa yang diberikan oleh Tuhan. Namun kadang terjadi seorang wanita hamil baru mengetahui bahwa dirinya hamil setelah usia kehamilan sudah berjalan beberapa minggu atau beberapa bulan, atau bahkan ia baru meyadari bahwa ia hamil saat ia mengalami keguguran. Hal itu tak jarang terjadi, karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang ciri fisik awal kehamilan.

Ciri atau pertanda fisik yang pertama akan Anda alami adalah rasa nyeri atau kesemutan yang Anda rasakan di sekitar dada Anda. Gejala tersebut juga menjadi salah satu gejala kehamilan yang sudah cukup umum. Pada awal proses kehamilan, dada seorang wanita akan lebih berisi karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Biasanya organ tersebut akan terasa lebih sensitif ketimbang biasanya. Akan tetapi, jika Anda sudah pernah menggunakan pil KB, gejala ini biasanya tidak akan Anda alami.

Gejala ilmiah yang selanjutnya adalah postur tubuh yang berubah. Mungkin jika beberapa minggu setelah berhubungan dengan pasangan, Anda merasakan atau mengalami perubahan bentuk fisik, seperti perut yang membesar, bokong membesar, serta bagian dada, lengan dan paha pun biasanya akan terlihat lebih besar dari biasanya. Maka dari itu tak jarang kondisi tersebut akan membuat seorang wanita hamil seperti mengalami pembengkakkan.

Ciri fisik awal kehamilan berikutnya yaitu seorang waita akan menjadi lebih sering buang air kecil dan mengalami konstipasi. Tetapi secara umum, kondisi ini ternyata disebabkan oleh hal lain. Pada wanita hamil, tubuh akan menghasilkan hormon hCG, pelepasan hormon terjadi sejak implantasi embrio di uterus. Hormon ini pulalah yang menjadi indikasi kehamilan pada alat test pack kehamilan. Ciri selanjutnya adalah wanita akan merasa lebih mudah lelah ketimbang sebelum hamil. Di awal kehamilan, biasanya wanita akan menunjukkan ciri fisik awal kehamilan dengan hasrat ingin bermalas-malasan di tempat tidur.

Secara teori hal ini dijelaskan terjadi karena di dalam tubuh sedang ada penyesuaian diri dengan adanya kehidupan baru, yaitu si janin. Selain itu rasa lelah yang sering dialami oleh wanita hamil muda juga biasanya disebabkan karena hormon progesteron yang semakin meningkat, kadar gula darah menurun, dan kadar tekanan darah menurun. Rasa mual dan ingin muntah mungkin menjadi ciri fisik yang sering terjadi dan paling banyak diketahui oleh masyarakat awam. Gejala yang juga dinamakan morning sickness ini terjadi karena adanya peningkatan jumlah hormon hCG. Dinamakan morning sickness karena biasanya rasa mual tersebut akan terjadi di pagi hari, tapi sebenarnya juga bisa terjadi sepanjang hari.

Pada trimester pertama, para wanita hamil biasanya akan merasakan mual yang diakibatkan karena meningkatnya hormon hCG akan mengakibatkan rasa pedih pada lapisan perut dalam. Akan tetapi, Anda tidak perlu takut dan khawatir, karena menurut beberapa penelitian morning sicknes ini diduga terjadi agar wanita hamil tidak makan secara sembarangan dan bisa melindungi janin dari makanan-makanan yang berbahaya. Telat datang bulan adalah ciri fisik awal kehamilan yang secara umum juga sudah diketahui oleh masyarakat luas. Ketika Anda merasa tidak datang bulan lagi padahal jadwal haid Anda sudah lewat beberapa hari atau beberapa minggu, pertanda tersebut bisa diartikan sebagai tanda-tanda kehamilan.

Tips untuk Menjaga Hal-Hal Penting Tentang Kehamilan Anda

Selain perlu mengetahui berbagai macam ciri fisik awal kehamilan yang biasanya dirasakan oleh para wanita hamil tadi, Anda juga sebaiknya tahu bagaimana cara merawat kesehatan janin Anda. Jangan sampai Anda pun masih sering bigung dan panik ketika merawat kehamilan.  Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah mengubah pola hidup dan pola makan Anda menjadi lebih sehat. Usahakan agar setiap hari tubuh Anda selalu mendapatkan asupan gizi yang cukup. Selain itu untuk tetap menjaga kebugaran, Anda mungkin juga bisa melakukan beberapa gerakan sederhana olahraga ibu hamil setiap harinya.

Masa kehamilan di minggu-minggu pertama sangat rentan dengan berbagai masalah kehamilan, termasuk keguguran. Bahkan keguguran biasanya lebih sering terjadi pada trimester pertama kehamilan.  Maka dari itu, jika Anda merasa bahwa Anda mengalami beberapa ciri tentang kehamilan tadi, lebih baik Anda periksakan diri Anda ke dokter kandungan untuk mengetahui apakah Anda benar-benar hamil atau tidak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *