Mengetahui Apa Saja Yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 5 Bulan

Perkembangan Bayi 5 bulan biasanya ditandai dengan si kecil yang sudah mulai mencoba duduk dari posisi tengkurap dengan menopang tubuhnya menggunakan kedua tangan sendiri. Walaupun begitu, sebaiknya tempatkan bantal di sisi kanan-kirinya dan terus dampingi karena posisi tubuhnya belum stabil. Bayi usia 5 bulan berjenis kelamin laki-laki biasanya mempunyai berat sektar 6,1 sampai 9,2 kilogram dengan panjang sekitar 61,9 sampai 69,9 cm. Sedangkan bayi perempuan memiliki berat sekitar  5,5 sampai 8,7 kilogram dengan panjang 59,9 sampai 68,2 cm. Anda tidak perlu khawatir bila di usianya si bayi belum mempunyai kemampuan yang bayi lain sudah bisa melakukannya.

Apabila bayi Anda lahir secara prematur, maka ia memerlukan waktu lebih lama untuk bisa melakukan hal yang bisa dilakukan oleh anak sebayanya. Bayi 5 bulan seharusnya sudah bisa mendeteksi benda bergerak dan benda kecil, serta mampu mengenali dan membedakan antara satu warna dengan warna yang lain. Konsultasikan ke dokter bila matanya tidak mengikuti pergerakan benda atau manusia. Berikan pengalaman baru pada bayi Anda, seperti mengajaknya bermain di taman sekitar rumah atau jalan-jalan ke supermarket. Ia akan senang memperhatikan berbagai macam benda baru berwarna dan tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjunginya.

Disamping itu bila bayi belum bisa duduk, Anda dapat terus memposisikannya tengkurap supaya ia terlatih untuk menegakkan kepala dan dada guna memperkuat otot lehernya. Hal ini menjadi dasar supaya ia bisa duduk dengan sendirinya. Gerakan lain untuk membantu memperkuat otot kakinya yaitu dengan cara membantu ia supaya bisa berdiri di atas paha Anda. Di usia 6 bulan nanti, bayi akan lebih aktif bergerak sehingga memerlukan ruang lebih luas dan perhatian lebih. Sudah saatnya Anda mulai membuat rumah lebih aman untuk balita dengan menyimpan benda tajam pada tempat tertutup, menutup colokan listrik, air panas, dan juga menyimpan cairan kimia, misalnya saja pembersih yang berisiko membahayakan bayi Anda.

Interaksi Saat Perkembangan Bayi 5 bulan

Bayi usia 5 bulan  menyadari bila Anda sedang memanggil namanya atau membicarakan dirinya kemudian ia akan menoleh ke arah Anda. Disamping itu,umumnya ia sudah bisa lebih berinteraksi dengan sekitarnya dan ditandai dengan perilaku berikut:

-Bayi Anda sudah mulai bisa memberikan ciuman dan pelukan.

-Ia sudah bisa mengangkat tangan sebagai tanda inginh digendong atau menangis saat Anda menjauh darinya.

-Selain tersenyum, tertawa, dan menangis, bayi usia 5 bulan sudah bisa menjerit, menirukan suara, dan bersuara dengan nada yang berbeda sesuai dengan tanggapan terhadap kondisi hatinya. Misalnya saja seperti saat merasa senang, puas, sedih, atau kecewa.

-Si kecil senang didengarkan, direspons, dan bisa diajak bicara.

-Ia juga akan tertawa saat melihat ekspresi atau sesuatu yang ia anggap lucu.

Bayi usia 5 bulan yang sudah bisa mengenali orang-orang diseksitarnya bisa jadi akan menangis bila berada di antteara beberapa orang atau lingkungan yang tidak ia kenali. Bukan hal yang harus dikhawatirkan sebab ini merupakan caranya untuk menunjukkan ekspresi cemas dan kurang aman. Walaupun begitu, bukan berarti Anda tidak perlu membawanya ke tempat yang banyak dengan orang-orang baru. Si bayi hanya membutuhkan kesabaran Anda untuk belajar mengenali lingkungan sekelilingnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Perkembangan Bayi 5 bulan

Bayi usia 5 bulan mungkin saja sudah tertarik pada makanan padat yang sedang dimakan orang dewasa di dekatnya.  Akan tetapi, sebaiknya tunggu sampai ia berusia 6 bulan sebelum memberikan makanan pendamping ASI. Anda juga dapat menanyakan kepada dokter kapan waktu yang tepat untuk bayi Anda dalam memulai makanan padat. Selain lebih berisiko terjadinya alergi, pada usia 5 bulan ini fungsi organ tubuh untuk mengunyah dan menelan belum sepenuhnya bisa bekerja dengan baik, begitu juga dengan sistem pencernaannya.

Setelah dapat duduk, Anda bisa mengajak si kecil dalam kegiatan makan keluarga di meja makan. Ia akan menikmati dalam memperhatikan orang-orang di sekitarnya saat  sedang makan. Si kecil juga bisa meraih dan memasukkan makanan sendiri, misalnya saja seperti buah yang dipotong-potong ke dalam mulutnya. Disamping itu, pada usia ini beberapa bayi umumnya sudah bisa tidur dengan pulas di sepanjang malam. Apabila memungkinkan, biasakan untuk meletakkannya di dalam tempat tidur bayi dalam keadaan mengantuk bukan ketika sudah tertidur pulas, hal ini supaya ia belajar menenangkan diri sendiri untuk tidur.

Bayi 5 bulan tentu masih butuh 2 kali tidur siang. Pada umumnya di pagi hari sebelum dan sesudah makan siang. Pada usia ini juga penglihatan bayi akan semakin tajam dan pengetahuannya tentang warna akan makgin berkembang. Ia bisa membedakan perbedaan gradasi dalam warna yang sama, misalnya saja merah muda dan merah tua. Walaupun begitu, ia masih lebih menyukai warna-warna utama, contohnya seperti merah, jingga, kuning, hijau, dan biru.

Di usia ini, bayi sudah bisa berguling dari telentang ke tengkurap, begitu pula sebaliknya bahkan biasanya sudah bisa duduk tanpa ditopang untuk beberapa saat.  Ia akan duduk dari posisi tengkurap dengan menopang tubuh menggunakan tangannya sendiri. Untuk membantu menstabilkan posisi duduknya, Anda bisa memposisikan kedua kakinya merentang seperti huruf V. Tempatkan mainan di dekatnya untuk dimainkan dan tempatkan juga bantal di sekitarnya. Perkembangan Bayi 5 bulan ini menandakan bayi akan bersiap untuk merangkak beberapa bulan ke depan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *