Mengetahui Lebih Jauh Tentang Proses Pembuatan Susu Balita

proses pembuatan susu

www.friso.co.id

Sebenarnya ibu tidak perlu lagi mengulik tentang proses pembuatan susu balita. Jika susu sudah beredar di pasaran, itu artinya susu tersebut sudah melewati pengawasan dan sudah dipastikan pasti streril. Susu tersebut aman dikonsumsi oleh balita.

Namun, ingatkah ibu ada susu yang terkontaminasi bakteri? Kasus ini pernah terjadi beberapa tahun yang lalu. Kasus ini tidak hanya terjadi pada susu yang beredar di Indonesia saja, tapi juga berbagai negara maju.

Dengan adanya kasus tersebut, sudah sepatutnya ibu harus waspada. Ibu harus tahu seperti apa proses membuat susu balita. Dan susu balita apa yang terbaik untuk sang buah hati.

3 Tahap Pembuatan Susu Bubuk

Salah satu susu balita terbaik adalah Friso. Ini merupakan susu yang dibuat oleh Royal FrieslandCampina N.V. Ini merupakan perusahaan yang memproduksi susu ternama di Belanda. Tepatnya di Amersfoort.

Jika ibu ingin tahu seberapa besar perusahaan ini, bayangkan saja produksi susu per tahun yang harus diproduksi oleh perusahaan ini. Setidaknya, dalam kurun waktu satu tahun perusahaan susu ini harus memproses 10.2 milyar ton susu.

Bagaimana proses pembuatan susu bubuk Friso ini? Secara umum, ada 3 tahap yang harus dilakukan.

  1. Proses Basah

Ini merupakan proses pertama yang harus dilakukan. Dinamakan proses basah karena bahan bakunya masih berbentuk liquid atau cair.

Dalam hal ini, susu Friso terbuat dari bahan susu sapi yang diambil langsung dari koperasi peternak sapi di Belanda. Jadi, sudah bisa dipastikan kualitas susu sangat baik. Sapi diternak dengan cara yang modern. Susunya pun diambil dengan mempertimbangkan kehigienisannya.

Sebenarnya proses ini melewati banyak sekali tahapan mulai dari balance tank, pendinginan, sampai sterilisasi.

  1. Proses Kering

Proses inilah yang menjadikan susu berbentuk bubuk. Dalam proses ini, yang paling penting adalah tahap evaporasi. Ini merupakan tahap di mana terjadi penguapan air sehingga susu menjadi pekat dan padat sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah itu, ada tahap lainnya yang akhirnya sampai pada tahap spray dryer. Ini merupakan tahap di mana susu kental dijadikan menjadi susu bubuk yang kering dan halus.

  1. Blending

Dari artinya saja, blending artinya pencampuran. Jadi, susu yang sudah berbentuk bubuk yang kering dicampurkan dengan beberapa komponen tambahan seperti whey powder, vitamin, gula, dan nutrisi lainnya yang dibutukan untuk perkembanngan balita.

Dalam proses membuat susu yang terakhir ini, pengawasan diperlukan. Hal ini sangat diperlukan agar semua gizi yang dibutuhkan sudah ada di dalam susu dan dalam kadar yang sesuai dengan ilmu kesehatan.

Itulah secara umum tahap yang harus dilalui untuk membuat susu bubuk.

Packaging Sangat Penting

Memang tahap membuat susu itu sama. Hanya saja, satu hal yang membedakan antara Friso dengan susu balita yang lainnya, yaitu packaging. Susu Friso disimpan di dalam kaleng khusus agar nutrisi di dalam susu tetap terjaga hingga ke tangan konsumen.

Selain itu, packaging ini membuat susu tidak terkontaminasi bakteri. Ada kasus di mana susu harus ditarik dari peredaran lantaran susu tersebut terkontaminasi bakteri. Ini bisa terjadi ketika bungkus atau wadah yang digunakan bukan wadah yang bagus seperti Friso.

Jadi, selain proses pembuatan, harus juga diperhatikan bagaimana packaging susu. Untuk memastikan susu masih sangat baik, mengandung semua nutrisi balita, dan tidak terkontaminasi bakteri, maka susu Friso pilihannya. Proses pembuatan susu hingga packagingnya sesuai dengan standar agar kualitas susu bisa terjaga hingga ke tangan konsumen.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *