Menu Makanan Bayi 1 Tahun Cocok Dibuat Oleh Working Mom

Menu Makanan Bayi

waspada.co.id

Ibu seorang working mom? Pasti merasakan sulitnya bukan untuk mengatur waktu antara pekerjaan kantor dengan pekerjaan rumah. Ada yang selalu ditinggalkan. Salah satunya mungkin membuatkan menu makanan bayi 1 tahun. Rasanya sulit sekali untuk menyediakan waktu untuk bisa membuatkan makanan untuk sang buah hati sendiri. Ujung-ujungnya, ibu membelikan makanan dari luar yang belum tentu sehat dan higienis. Atau ibu memesan catering makanan sehat yang harganya selangit. Demi menjamin kesehatan dan kehigienisan, katanya. Tapi, coba lihat lagi budget yang harus ibu keluarkan setiap bulan.

Akan sangat berbeda jika ibu bisa membuatkan menu makanan sendiri di rumah. Bukan masalah irit saja, tapi makanan tersebut jelas sehat dan higienis karena ibu sendiri yang melakukan proses memasak. Tidak itu saja. Ada sisi positif lagi lho. Anak cenderung lebih merindukan makanan buatan ibunya sendiri suatu hari nanti.

Tidak aneh jika ada anak sekarang ini yang tidak lagi merindukan masakan ibunya sendiri. Berbeda dengan anak-anak terdahulu yang ketika mereka kost di daerah lain, yang paling mereka rindukan adalah masakan sang ibu. Itu disebabkan mulai dari kecil hanya masakan ibu saja yang paling enak.

Pasti ibu ingin sang buah hati ketika dewasa nanti masih merindukan masakan ibu, bukan? Semoga ini menjadi penyemangat tersendiri agar ibu mau menyediakan waktu untuk membuat menu masakan untuk bayi 1 tahun.

Jangan Berikan Table Food

Ibu mungkin mengikuti forum ibu dan balita. Ibu tahu ada istilah table food. Ini merupakan istilah yang merujuk pada makanan yang biasanya dimakan oleh orang dewasa. Ada yang bilang ketika anak menginjak usia 1 tahun, pada saat itu ia sudah bisa diberikan table food atau masakan yang sama dengan makanan orang dewasa.

Benarkah demikian? Tidak sepenuhnya benar ya bu. Harus dipahami istilah table food ini berasal dari barat. Dan makanan di barat itu berbeda dengan makanan di Asia, terutama di Indonesia. Makanan untuk orang dewasa di barat ini cenderung hambar. Tidak terlalu asing dan pedas. Padahal, Indonesia terkenal dengan makanan asin dan pedas, bukan?

Jadi, apakah sama yang dimaksud dengan table food di barat dan di Indonesia? Jelas tidak sama.

Maka dari itu, jangan asal memberikan makanan yang sama ibu konsumsi kepada si kecil. Balita usia 1 tahun sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu asin, apalagi pedas.

Jadi, ibu tetap harus membuatkan menu makanan balita 1 tahun khusus. Jika masakan untuk ibu terlalu asin apalagi pedas, sebaiknya buatkan menu masakan sendiri untuk sang buah hati.

Sebelum Membuatkan Makanan Untuk Bayi 1 Tahun

Sebelum ibu mulai membuatkan menu makanan untuk sang buah hati, ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan.

  • Tekstur Lebih Keras

Jika ada yang tanya apa perbedaan antara makanan untuk balita dan makanan untuk bayi, letak perbedaan yang mendasar ada pada teksturnya. Makanan untuk balita memiliki tekstur yang lebih keras. Bisa saja ibu sudah bisa memberikan nasi, bukan bubur. Akan tetapi, sebaiknya sayur yang dicampurkan dimasak hingga lunak sehingga mudah dikunyah oleh si kecil.

Yang pasti, makanan sebaiknya sedikit lebih keras. Ini bagus untuk membantu menstimulus pertumbuhan gigi. Selain itu, makanan seperti ini juga sebagai cara untuk membuat sistem pencernaan menjadi lebih siap untuk mengkonsumsi makanan yang dimakan oleh orang dewasa.

  • Lebih Variatif

Pernah merasa kesulitan untuk mencarikan menu MPASI? Semoga saja ibu tidak merasakan hal tersebut. Seharusnya ibu harus lebih variatif dalam memberikan menu makanan, khususnya makanan untuk bayi usia 1 tahun. Sudah saatnya sang buah hati merasakan berbagai jenis makanan.

Karena makanan yang ibu sajikan variatif, si kecil tidak akan bosan. Jika ia bosan karena mengkonsumsi makanan yang sama setiap hari, bisa saja suatu saat nanti ia mogok makan. Selain itu, si kecil juga bisa mendapatkan semua nutrisi yang terkandung di dalam makanan yang berbeda tersebut.

  • Semakin Kompleks

Ibu mungkin masih ingat menu MPASI paling awal itu tidak boleh terbuat dari berbagai bahan makanan. Ini diperlukan agar sistem pencernaan lebih mudah dalam mencerna makanan tersebut.

Akan tetapi, lain hal ketika usianya sudah menginjak lebih dari 7 bulan. Menu makanan tidak hanya variatif atpi juga kompleks. Dan ketika balita, makanan harus semakin kompleks. Ibu bisa sajikan nasi, sayur, dan lauk seperti tempe, daging, telur, dan lain sebagainya.

Menu Makanan Yang Mudah Dibuat

Sebagai working mom, pasti ibu lelah dan sibuk dengan urusan pekerjaan. Namun, hal tersebut seharusnya tidak menjadikan alasan ibu tidak bisa membuatkan menu makanan untuk balita 1 tahun, bukan?

Berikut ini tips yang bisa ibu terapkan.

  • Membeli Berbagai Jenis Sayuran

Ibu bisa membeli bermacam-macam sayuran dalam jumlah yang banyak. Ibu bisa perkirakan sayuran tersebut bisa digunakan selama 1 minggu. Simpan di dalam lemari es.

  • Beli Lauk

Ada banyak jenis lauk yang bisa dengan mudah dibuat seperti tahu, tempe, telur, daging, dan ikan. Simpan di dalam lemari es.

  • Siapkan Resep Makanan

Jika diperlukan, print out resep makanan yang bisa ibu buat setiap hari. Pastikan resep tersebut berbeda-beda setiap hari.

Semoga tips tersebut bisa membuat ibu bisa membuatkan menu makanan bayi 1 tahun. Masih ingin anak merindukan masakan ibu ketika ia sudah dewasa, bukan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *