Menu Sehat Ibu Hamil Muda yang Lezat dan Bergizi

nutrisi untuk ibu hamil muda

www.ibudanbalita.com

Menu sehat ibu hamil memang selalu menjadi perhatian khusus untuk siapa saja yang ingin memiliki janin dan bayi yang sehat. Sebab jika tidak, akan beresiko tidak baik bagi janin yang di kandungnya. Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran. Selain itu gangguan yang seringkali terjadi pada ibu hamil di trimester pertama adalah mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan.

Padahal pada usia kehamilan trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral sehingga dapat berkembang dengan baik. Seringkali pada usia kehamilan yang masih muda anda menebak-nebak pantangan dan keharusan mengkonsumsi jenis makanan. ibu hamil muda bukan berarti harus mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak akan tetapi memperhatikan kualitas dari makanan yang anda konsumsi.

Menu Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Pengaturan makanan yang anda konsumsi harus tepat sasaran yaitu disesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan, kebutuhan dan perkembangan janin.Terlebih bagi awal kehamilan dimana perubahan hormonal dapat meningkatkan sensitivitas yang mempengaruhi ibu hamil muda. 1 bulan termasuk dalam trimerter pertama atau 3 bulan pertama. Fase ini sangat penting diperhatikan karena awal-awal pertumbuhan awal janin dan pembentukan organ.

Makanan perlu diperhatikan pada fase ini karena wanita juga terkadang terkena mual-muntah atau morning sickness yang membuatnya sulit untuk makan dengan benar. Makanan yang perlu dihindari pada fase ini adalah junk food misalnya gorengan dipinggir jalan sebab biasanya minyaknya sudah banyak dipakai, makanan olahan yang instan, makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih dan makanan yang bisa merangsang perncernaan berlebih seperti terlalu pedas, banyak lemak dan lain-lain.

Makanan yang dianjurkan adalah makanan yang mengandung protein, buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, susu serta lemak sehat. Nutrisi yang penting adalah asam folat untuk perkembangan otak janin di trimester pertama. Bisa didapat dari sayuran hijau, biji-bijian atau dari suplemen. Sumber lainnya menyebutkan, adapun contoh panduan makanan yang dapat anda gunakan pada kehamilan trimester pertama adalah untuk sarapan Anda bisa mengonsumsi Jus Buah, Nasi Goreng, Telur mata sapi dan Susu , bisa dengan susu khusus kehamilan.

Sedangkan untuk makan siang, Anda bisa mengonsumsi nasi, Sayur Bening, Ikan bumbu kuning, Tempe goreng dan Buah Jeruk. Untuk makan malam , Anda bisa mengonsumsi nasi, Bistik, Bakwan Jagung, Selada Buah dan Susu  ketika akan tidur.

Menu Sehat Ibu Hamil 4 Bulan

Buah sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. karena buah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Akan tetapi, tidak semua jenis buah-buahan baik dikonsumsi ibu oleh hamil. Ada beberapa jenis buah-buahan yang jutsru harus dihindari. Sebagian besar wanita khawatir untuk mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya dan nanas karena dianggap berbahaya bagi kehamilan.

Buah alpukat atau avocado, merupakan buah yang berasal dari Amerika tengah dan Meksiko. Selain enak, buah ini juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Di bidang kecantikan, buah ini biasa digunakan untuk memutihkan kulit. Karena dalam buah tersebut terkandung vitamin A yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan asam amino glutamin yang dapat melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar matahari.

Buah alpukat kaya akan asam folat yang dibutuhkan selama perkembangan janin pada masa kehamilan. Asam folat sendiri berperan dalam membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin. Pada masa awal kehamilan, Anda membutuhkan asam folat dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, mengkonsumsi buah alpukat merupakan salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam buah tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi mual muntah pada saat hamil.

Buah mangga termasuk buah yang baik dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selain itu, buah mangga dapat dapat meperlancar penceranaan. Kandungan Vitamin A dan C dalam buah tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah mangga juga dapat mencegah dan mengatasi gejala morning sickness, dan kesulitan BAB yang biasa dialami wanita hamil.

Mungkin Anda termasuk ibu hamil yang lebih memilih untuk tidak mengkonsumsi buah anggur selama masa kehamilan. Padahal, anggur kaya akan Vitamin A yang dapat membantu menstabilkan tingkat metabolisme. Selain itu, buah anggur juga memiliki folat, kalium, fosfor, magnesium dan sodium yang baik selama kehamilan. Tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi buah ini selama masa kehamilan.

Manfaat buah jeruk untuk kehamilan hampir sama dengan buah mangga diantaranya yaitu dapat mengurangi mual, morning sickness dan masalah kesehatan yang biasa dialami selama kehamilan. Buah jeruk yang sarat dengan antioksidan yang baik untuk bayi. Lemon adalah salah satu jenis buah jeruk yag juga bermanfaat bagi kehamilan. Bagi beberapa orang, buah ini biasa digunakan untuk program diet. Sedangkan bagi ibu hamil, lemon sering digunakan oleh perempuan untuk membantu pencernaan, menyingkirkan mual dan sakit pagi selama kehamilan. Selain itu, lemon dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Wanita hamil biasanya akan mengalami sembelit. Karena sembelit merupakan salah satu penyakit yang umum dialami saat kehamilan. Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda dapat mengkonsumsi buah pisang. Buah Berri seperti bluberry, blackberry, rasberry, strawberri adalah buah super yang kaya antioksidan dan dianggap. Untuk menu sehat ibu hamil dianjurkan untuk menambahkan buah ini dalam daftar menu Anda. Walaupun mungkin buah ini cukup untuk didapat.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *