Merangsang Kecerdasan Anak Melalui Musik

merangsang kecerdasan anak dengan musik

www.ibudanbalita.com

Ada banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk merangsang kecerdasan anak. Namun, kecerdasan apa dulu yang ibu ingin kembangkan? Ada banyak sekali jenis kecerdasan yang menjadi potensi anak, seperti kecerdasan linguistik, spasial, logika-matematika, interpersonal, dan kinestetik.

Bagi ibu yang melihat bawasannya sang buah hati memiliki bakat di bidang musik, ada baiknya ibu mengarahkan agar anak ibu lebih fokus di bidang musik tersebut. Ini dinamakan kecerdasan musikal. Namun, apabila ibu belum yakin jika anak ibu berbakat di dalam musik, ibu harus melakukan observasi kecil-kecilan untuk memastikan bawasannya anak ibu memang berbakat di bidang musik.

Tanda-Tanda Anak Berbakat Dalam Bidang Musik

Sebelumnya, ibu harus tahu kapan anak terlihat bawasannya ia memiliki suatu bakat, terutama bakat musik. Menurut pakar perkembangan anak, balita usia 3 tahun sudah terlihat bakatnya. Bahkan, pada usia tersebut, sangat disarankan agar anak dibawa ke psikolog anak agar dilakukan pemetaan bakat anak.

Dalam hal ini, ibu sebagai orang tua yang lebih intens bersama sang buah hati juga bisa melakukan pemetaan bakat tersebut. Pada intinya, pemetaan bakat anak itu dilakukan melalui observasi untuk mengetahui apa yang paling membuat anak bahagia dan kecederung apa yang membuat anak suka melakukannya. Di sanalah bakat sang buah hati ibu. Jadi, pemetaan ini perlu dilakukan sebelum ibu melakukan hal untuk merangsang kecerdasan otak anak.

Lalu, pertanyaanya sekarang adalah apakah anak ibu benar-benar memiliki bakat di bidang musik? Jika ternyata anak ibu sudah berusia 3 tahun, maka tepat sekali jika ibu melakukan observasi kecil-kecilan berikut ini:

  • Apakah Anak Ibu Senang Bernyanyi

Tidak semua anak suka bernyanyi. Ada anak yang cenderung diam dan pemalu. Lain hal jika anak yang memang punya bakat menyanyi. Ia tidak hanya berani bernyanyi di depan ibu saja, tapi juga di depan orang lain. Jadi, jika kelihatannya anak ibu sama sekali tidak malu untuk bernyanyi di depan khalayak ramai, ada besar kemungkinan anak ibu berbakat dalam bidang musik. Dan itu artinya ibu harus fokus mengembangkan dan merangsang kecerdasan musikal anak.

  • Apakah Anak Mudah Menghafal Lagu?

Anak yang berbakat sangat peka terhadap suatu hal yang berkaitan dengan bakat tersebut. Seperti contoh, anak yang berbakat di bidang musik, ia mudah sekali menghafal lagu. Tidak hanya itu. Ia juga mampu menirukan dengan nada dan melodi yang sama persis seperti lagu aslinya.

  • Apakah Anak Ibu Suka Memainkan Alat Musik?

Tidak semua anak yang suka menyanyi atau berbakat dalam bidang bernyanyi itu bisa memainkan musik dengan baik. Akan tetapi, setidaknya anak yang suka bernyanyi mampu memainkan alat musik tertentu. Hal ini disebabkan adanya kaitan antara lagu, nada, dan alat musik. Meskipun pada perkembangannya nanti, anak akan cenderung fokus untuk mendalami satu bidang saja, apakah menyanyi atau memainkan alat musik tertentu.

Beberapa poin tersebut di atas bisa ibu jadikan dasar untuk menilai apakah anak ibu memiliki bakat dalam bidang musik atau tidak. Tentu saja tetap sangat disarankan agar ibu berkonsultasi dengan psikolog atau pakar perkembangan anak agar dilakukan observasi lebih lanjut. Ibu bisa melakukan tanya jawab atau konsultasi dengan pakar perkembangan anak di situs Ibu dan Balita. Di sana, ada fasilitas konsultasi dengan pakar yang dilakukan secara online.

Cara Tepat Merangsang Bakat Musik Anak

Taruhlah ibu sudah yakin jika anak ibu memang berbakat dalam bidang musik. Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

  • Sering Mendegarkan Lagu

Walaupun ibu belum yakin apakah anak ibu berbakat dalam bidang menyanyi atau hanya memainkan alat musik, sering mendengarkan lagu akan merasang kecerdasan anak khususnya dalam hal musik. Pasalnya, lagu tidak hanya berhubungan dengan menyanyi saja, melainkan nada, melodi, dan lain sebagainya. Diharapkan, dengan sering mendengarkan lagu, kemampuan anak dalam menangkat dan memahami nada akan semakin baik.

  • Membelikan Alat Musik

Tidak menjadi masalah jika anak ibu berbakat dalam bidang menyanyi namun ibu membelikan alat musik. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, anak yang berbakat di bidang bernyanyi misalnya, biasanya juga mampu memainkan alat musik. Dan bahkan, membelikan alat musik sangat disarankan karena hal inilah yang akan merangsang anak agar semakin cinta dengan musik.

  • Mengikuti Program Les

Tidak salah jika ibu memasukkan sang buah hati ke tempat les musik. Dengan cara ini, maka instruktur musik tahu persis bagaimana agar perkembangan bermusik anak semakin terasah dengan lebih efektif. Ini jauh lebih baik daripada ibu memasukkan anak ke tempat les yang pada intinya anak tidak berbakat dalam bidang tersebut. Jadi, masukkan si kecil ke tempat les di mana ia memiliki bakat dalam bidang itu.

Tentu saja banyak sekali hal lain yang bisa ibu lakukan untuk merangsang kecerdasan musikal anak. Ibu bisa ikut seminar parenting atau mengikuti forum diskusi orang tua agar pengetahuan ibu mengenai bagaimana memaksimalkan tumbuh kembang anak semakin banyak.

Situs www.ibudanbalita.com juga bisa ibu jadikan referensi yang bisa dipercaya. Banyak sekali artikel tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak yang bisa ibu baca. Artikel tersebut ditulis langsung oleh pakarnya sehingga ibu tidak perlu khawatir jika ingin menerapkan tips atau saran sesuai yang pad artikel tersebut. Temukan juga artikel tentang bagaimana cara merangsang kecerdasan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *