Nutrisi Ibu Hamil Muda Paling Penting Selain Asam Folat

pantangan ibu hamil

www.ragamalami.com

Kebanyakan orang akan mengatakan nutrisi ibu hamil muda yang paling penting adalah asam folat. Mereka pasti sudah membaca artikel atau buku kesehatan ibu hamil yang ditulis langsung oleh pakar kesehatan ibu hamil. Jadi, mereka tahu betapa pentingnya nutrisi yang satu ini.

Memang asam folat ini sangat berperan penting untuk mencegah keguguran saat hamil muda. Kandungan nutrisi yang satu ini bisa memastikan bagaimana tumbuh kembang janin di dalam kandungan, terutama ketika usianya masih dalam hitungan hari.

Namun, harus dipahami juga keguguran saat hamil muda itu tidak hanya disebabkan oleh kekurangan asam folat lho. Faktor eksternal seperti guncangan karena jatuh atau karena melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan juga tak kalah sering menjadi penyebab keguguran.

Selain itu, bukan hanya keguguran saja yang menjadi persoalan ketika sedang hamil muda. Maka dari itu, ada beberapa nutrisi untuk ibu hamil muda selain asam folat yang harus dipenuhi.

Zat Besi

Jika ibu tahu apa saja keluhan kesehatan yang sering dialami saat sedang hamil muda, maka ibu akan tahu apa fungsi dari zat besi. Nutrisi yang satu ini sangat penting untuk mengatasi lemah dan lesu. Ini keluhan kesehatan yang tidak boleh ibu anggap enteng.

Banyak ibu hamil muda yang merasakan produktivitas mereka turun. Hal tersebut lantaran tubuhnya merasa kurang bertenaga. Bukan tidak mungkin itu disebabkan tubuh kekurangan zat besi. Tubuh terasa lesu dan akhirnya ia mereka mengalami anemia.

Solusinya adalah mengkonsumsi makanan yang kandungan nutrisi berupa zat besinya tinggi. Contohnya saja daging sapi, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Ibu bisa membuat menu makanan dengan bahan-bahan tersebut agar ibu tetap bertenaga dan bersemangat meskipun sedang dalam kehamilan muda.

Protein

Setiap orang membutuhkan protein. Namun, ibu hamil membutuhkan lebih banyak protein. Kandungan nutrisi ini dibutuhkan untuk memastikan perkembangan janin normal. Asal ibu tahu saja, dokter kandungan akan menyarankan ibu agar mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi ketika ditemukan berat badan bayi di dalam kandungan di bawah normal. Artinya, protein memang sangat penting untuk menjaga pertumbuhan janin baik.

Akan tetapi, hati-hati memilih makanan. Tidak semua makanan yang mengandung protein itu bagus untuk ibu hamil lho. Jika ibu suka mengkonsumsi daging sapi karena memang kandungan proteinnya tinggi, pastikan daging tersebut bersih dari bakteri.

Lebih aman jika ibu memilih untuk mengkonsumsi kacang-kacangan. Pasalnya, kandungan proteinnya juga tak kalah tinggi dibandingkan dengan daging sapi. Lebih dari itu, kacang-kacangan jauh lebih sehat karena tidak mengandung bakteri seperti yang ada pada daging sapi.

Sekarang ibu tahu kan mengapa gizi ibu hamil muda yang satu ini penting sekali?

Kalsium

Osteoporosis tidak hanya dialami oleh wanita yang sudah berusia tua lho. Ada juga wanita muda yang mengalami hal ini. Dan risiko terkena osteoporosis ini semakin tinggi ketika ibu sedang hamil. Ibu tahu kenapa?

Saat ibu hamil, kebutuhan kalsium sangat banyak. Tubuh ibu membutuhkan. Begitu juga dengan janin di dalam kandungan. Maka dari itu, ketika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi, maka kalsium yang ada pada tulang diambil. Janin pula mengambil kalsium dari tulang tersebut. Akhirnya, terjadilah osteoporosis. Ibu merasa linu pada bagian tulang, merasa mudah lelah, dan tidak bertenaga.

Maka dari itu, mulai ketika hami muda, ibu disarankan mengkonsumsi susu Frisian Flag Mama. Ini merupakan susu ibu hamil yang mengandung semua nutrisi yang ibu butuhkan, terutama kalsium.

Ketika rutin mengkonsumsi susu ibu hamil, bukan berarti ibu tidak perlu lagi mencari sumber kalsium lainnya. Ibu juga perlu lho mengkonsumsi makanan seperti keju, tahu, tempe, dan lain sebagainya. Jika ibu ingin merasakan minuman lainnya selain susu, ibu bisa minum yogurt yang juga kaya kalsium.

Serat

Kandungan nutrisi yang satu ini sering disepelekan. Lihat saja banyak ibu hamil yang lupa mengkonsumsi sayur. Padahal, sayur merupakan makanan yang kandungan seratnya sangat tinggi.

Ketika ibu tidak rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, maka jangan kaget jika ibu mengalami masalah seperti wasir dan konstipasi. Ini memang keluhan kesehatan yang paling sering dialami saat hamil tua. Akan tetapi, bukan berarti saat hamil muda pun ibu mengalaminya. Maka dari itu, pastikan ibu selalu mengkonsumsi sayuran hijau agar kebutuhan nutrisi untuk kehamilan muda berupa serat tercukupi.

Tentu tidak hanya sayuran saja yang mengandung serat. Buah-buahan segar, roti, sereal, serta nasi merah juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung tinggi serat.

Jadi, pemenuhan semua nutrisi tersebut tidak hanya untuk mencegah keguguran. Lebih dari itu, nutrisi-nutrisi tersebut bagus untuk mencegah munculnya keluhan kesehatan. Dengan demikian, ibu tetap bisa beraktivitas seperti ketika ibu sedang tidak hamil.

Maka dari itu, aneh jika ada seorang ibu hamil yang akhirnya resign lantaran hamil. Kehamilan tidak seharusnya dijadikan alasan resign. Karir tetap bisa berlanjut meskipun ibu sedang mengandung. Bahkan, seharusnya kehamilan menjadi pemacu sehingga ibu semakin semangat. Toh sudah ada tips menjaga kesehatan ibu hamil yang bisa ibu terapkan. Ikuti saja forum ibu hamil di www.ibudanbalita.com. Di sana, ibu akan mendapatkan insight baru tentang bagaimana menjalani masa kehamilan dengan lebih mudah. Ibu pasti tidak akan merasa kehamilan sebagai masa yang membebani. Semua berjalan dengan sangat baik jika ibu tahu bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *