Nutrisi Ibu Hamil Trimester 2 Yang Paling Penting Untuk Ditambah

Nutrisi Ibu Hamil

friso.co.id

Tidak ada yang beda dengan nutrisi ibu hamil trimester 2. Hanya saja kadarnya harus ditambah. Janin sudah berkembang sehingga kebutuhan nutrisi pun harus lebih banyak. Apalagi dengan kondisi ibu hamil. Tentu saja ibu membutuhkan lebih banyak asupan gizi untuk bisa menjalani masa kehamilan yang jauh lebih berat.

Hanya saja, tidak semua nutrisi untuk kehamilan trimester kedua harus ditambah. Hanya ada beberapa nutrisi yang sangat penting untuk ibu perhatikan. Dengan mengetahui informasi ini, diharapkan ibu bisa lebih bijak dalam memilih makanan yang menjadi sumber utama nutrisi tersebut.

3 Nutrisi Paling Dibutuhkan Ibu Hamil Trimester Kedua

Sebenarnya dengan hanya mengkonsumsi susu Frisomum Gold, ibu sudah bisa mencukupi semua kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Akan tetapi, susu bukan sumber nutrisi ibu hamil utama ya bu. Ini yang harus dipahami. Susu itu suplemen yang memastikan semua nutrisi bisa didapatkan secara seimbang. Dengan demikian, perkembangan janin dan juga kesehatan ibu hamil selalu terjaga.

Sumber utama nutrisi ibu hamil tetap berasal dari makanan. Untuk itu, pertanyaanya sekarang adalah makanan apa yang mengandung nutrisi untuk ibu hamil trimester 2?

Setidaknya 3 nutrisi berikut ini harus ditambah ketika masa kehamilan mencapai usia minggu ke 13 atau trimester kedua.

  1. Karbohidrat

Paling mudah mendapatkan karbohidrat. Apalagi nasi menjadi makanan pokok orang Indonesia. Akan tetapi, ibu tidak disarankan mengkonsumsi nasi terlalu banyak.

“lho katanya diminta untuk menambah karbohidrat tapi kok tidak boleh banyak makan nasi?”

Sebenarnya bukan karbo pada nasi yang dimasahkan tapi kadar gulanya. Di dalam nasi, terkandung kadar gula yang cukup tinggi. Banyak mengkonsumsi nasi berarti beresiko menaikkan gula dalam tubuh. Dan ibu tahu apa yang terjadi, bukan?

Karbohidrat bukan hanya nutrisi kehamilan trimester kedua yang hanya bisa didapatkan dari nasi lho. Bahkan, akan lebih baik jika ibu mengkonsumsi kentang. Pasalnya, di dalam kentang, terdapat kandungan berupa karbohidrat komplek yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Dengan demikian, ibu akan mendapatkan tenaga yang lebih banyak. Ibu bisa beraktivitas lebih lama. Inilah yang membedakan antara karbohidrat sederhana pada nasi dan karbohirat kompleks pada kentang.

  1. Serat

Nutrisi kehamilan lainnya yang harus ditambah adalah serat. Ini sangat dibutuhkan untuk mencegah keluahan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil trimester kedua seperti sembelit. Sangat mudah menemukan sumber makanan yang mengandung serat. Ibu bisa memilih sayuran dan buah-buahan. Yang pasti, ibu harus tahu buah apa yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil seperti buah durian.

  1. Asam Lemak Omega-3

Sebenarnya gizi ibu hamil trimester 2 sudah ada di dalam susu ibu hamil. Hanya saja, tidak ada salahnya jika ibu juga mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Ibu bisa memasak berbagai macam seafood terutama ikan salmon. Yang perlu diperhatikan adalah cara memasaknya. Pastikan ibu memasak ikan tersebut benar-benar matang agar kandungan merkurinya hilang. Akan lebih baik juga jika ibu memilih ikan yang tidak terlalu besar. Pasalnya, semakin besar ikan maka kandungan merkurinya semakin tinggi.

Jadi, apakah ibu siap untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil trimester 2?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *