Nutrisi penting demi pertumbuhan gigi pada bayi

Kala pertama gigi pertama muncul tentu menjadi momen berarti bagi bayi maupun orang tua dimanapun. Bahkan beberapa orang tua bertindak jauh hingga mengambil puluhan jepretan dari berbagai sisi tanpa peduli pose objek foto berubah atau tidak saking gembiranya. Merayakan boleh, tapi jangan sampai lengah. Adanya satu gigi yang muncul di gusi bayi bukan akhir dari perjuangan melainkan hanya bagian dari perjalanan. Pertumbuhan gigi masih berlanjut dan sebaiknya orang tua jangan buru buru melepas nafas lega seolah bayi sudah dalam posisi pertumbuhan aman. Kemunculan gigi pertama hanyalah check point sebelum berlanjut ke pertumbuhan gigi pada bayi lanjutan.

Anda mungkin akan berkata, ah, saya sudah siap, peralatan gigi mulai dari sikat gigi dengan bulu lembut dan pasta gigi beragam macam rasa sampai alat flossing pun sudah siap ! tidak perlu cemas !

Ya, bagus memang jika anda sudah bersiap sejauh itu. Tapi anda tidak boleh lengah, nutrisi untuk pertumbuhan gigi pada bayi jauh lebih penting dari peralatan perawatan gigi yang telah anda siapkan untuk malaikat kecil anda. Faktor kelancaran pertumbuhan gigi pada bayi malah bergantung pada makanan yang bayi anda konsumsi. Dan tidak, permen rasa buah buahan dengan klaim kaya akan vitamin bukan termasuk dari rentetan konsumsi makanan yang diperlukan bayi.

Bahkan beberapa orang tua bertindak ekstrim dengan persiapan yang lebih matang dan lebih jauh yaitu dengan mengkonsumsi makanan makanan yang bisa membuat gigi bayi menjadi lebih kokoh nantinya selama masa kehamilan, beberapa mulai melakukannya di awal kehamilan ketika janin saja masih belum terlalu terbentuk.

Jikalau anda baru mulai mencari apa saja daftar nutrisi pertumbuhan gigi pada bayi yang bunda harus persiapkan ? tidak perlu merasa sedih, terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali. Mari simak rekomendasi nutrisi yang diperlukan berikut ini :

  1. Kalsium
    Bukan rahasia lagi jika kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang, bahkan produk produk di pasaran banyak menayangkan iklan betapa berharganya kalsium bagi tulang. Asal anda tahu, gigi sebenarnya masuk ke dalam keluarga tulang. Bahkan tidak sampai disitu saja, kalsium bisa membantu gigi membangun enamel yang tebal dan kuat.

Sumber kalsium pun ada banyak mulai dari sayur sayuran, sampai susu yang banyak dijual dan diperuntukkan untuk bayi yang sedang dalam pertumbuhan gigi (4 bulan keatas).

  1. Protein

Sama halnya dengan kalsium, protein sebetulnya lebih terkenal di kalangan atlet atau orang orang yang gemar berolah raga dengan otot besar. Protein sebetulnya juga sangat diperlukan oleh gigi untuk pengembangan saraf, dan daya tahan tubuh. Satu nada dengan kalsium, protein juga komponen penting dalam pembentukan struktur gigi.

Anda bisa memberi asupan protein untuk si kecil dengan banyak cara. Memberikan sayur mayur dengan kandungan protein, telur rebus, atau cara termudah cek kandungan gizi bubur bayi yang anda pilih untuk si kecil, apakah sudah termasuk protein di dalamnya ?

  1. Vitamin A

Doktrin bahwa vitamin A hanya untuk mata adalah kebohongan besar. Vitamin A tidak hanya berhenti pada perannya dalam membantu meningkatkan kualitas pengelihatan, namun juga membantu pertumbuhan gigi. Vitamin A membantu pembentukan saraf saraf di dalam gigi beserta daya tahan tubuh. Wortel, jambu merah, wortel putih adalah contoh yang baik untuk mendapatkan asupan vitamin A yang diperlukan. Meski ayah dan bunda harus tetap hati hati karena gusi bayi bisa bermasalah jika terlalu banyak mendapat vitamin A.

  1. Vitamin C

Vitamin C tidak hanya membantu vitamin A membangun gabungan saraf, tapi juga membantu tubuh mengembangkan periodontal ligament. Apa itu periodontal ligament ? Bagian gigi satu ini bertindak layaknya sandaran pada gigi, sehingga semakin kokoh periodontal ligament maka semakin kuat gigi bayi di masa depan, logis sekali bukan ? gigi sudah ditopang dengan baik sehingga tidak gampang goyah tentu akan sangat membantu ketika semua gigi sudah berubah menjadi gigi dewasa.

Karena fungsi lain vitamin C sebagai penguat pertahanan tubuh, anda akan banyak menemukan vitamin C di pasaran baik dalam bentuk produk jadi atau produk mentah seperti buah buahan sampai dengan sayur mayur.

  1. Vitamin D

Sama hal dengan kalsium, Vitamin D sangat identic dengan pertumbuhan dan penguatan tulang. Hal ini karena vitamin D memudahkan tubuh dalam menyerap kalsium sebanyak banyaknya. Karenanya, meski seolah olah vitamin D hanya pembantu saja, sejatinya fungsi vitamin D tidak hanya berhenti sebagai sahabat pendamping kalsium tapi juga berperan penting dalam pertumbuhan gigi. Vitamin D mampu membantu proses pembentukan saraf gigi, ketahanan gigi termasuk membuat enamel (lapisan terluar pelindung gigi) menjadi lebih kokoh sehingga mampu melawan bakteri dari pengikisan.

Sekarang anda sudah lebih tahu apa apa saja yang harus anda berikan pada malaikat kecil tersayang anda agar senyum anak di masa depan terlihat menawan dengan deretan gigi yang rapih dan bersinar. Mulai sediakan makanan baik olahan sendiri maupun membeli produk di pasaran jika anda tidak cukup yakin,  terus tanamkan dalam pikiran anda bahwa meski masih gigi susu sekalipun, bukan berarti gigi tersebut tidak penting. Gigi susu merupakan cikal bakal gigi dewasa kedepannya. Maka dari itu, mari mulai persiapan pertumbuhan gigi pada bayi sejak dini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *