Ortu, Inilah Cara Membuat Anak Pintar

Cara Membuat Anak Pintar

Untuk para orangtua, mempunyai anak pintar dan cerdas adalah suatu dambaan yang harus terwujud. Oleh sebab itu, tidak heran bila banyak orangtua yang berusaha melakukan berbagai cara membuat anak pintar untuk mewujudkan impian tersebut. Mulai dari memberikan susu dengan merk ternama, suplemen vitamin mahal, sampai memperdengarkan musik klasik dilakukan dengan tujuan supaya anak pintar.

Kali ini kami akan memberikan ulasan yang lebih masuk akal agar  orangtua lebih bijak saat berusaha mempunyai anak yang pintar. Jangan sampai Anda melakukan usaha yang berlebihan, apalagi bila sampai cara yang tidak wajar.

Cara Membuat Anak Cerdas Berdasarkan Kepercayaan Masyarakat

Ada banyak mitos yang beredar di sekeliling kita dan kebanyakan tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Berikut ini beberapa mitos yang salah akan tetapi masih banyak yang mempercayainya :

  • Susu formula bisa menjadikan anak lebih pintar

Sekarang ini, para produsen sangat giat mempromosikan produk susu formula unggulannya. Mulai dari memasang model iklan yang unik dan menarik sampai mengklaim bahwa produknya bisa  membuat anak menjadi lebih pintar dan berprestasi. Gambaran anak ideal  ditawarkan kepada para orangtua sehingga orangtua merasa belum memberikan yang terbaik bila belum memberikan susu bermerk dan harganya mahal pada anaknya. Orangtua biasanya lebih khawatir bila anaknya tidak mau minum susu dibanding bila anaknya tidak mau makan, sebab mereka menganggap bahwa susu formula merupakan minuman  yang bisa mencukupi semua kebutuhan nutrisi si kecil. Lebih gawatnya lagi, adanya susu formula ini lama kelamaan sudah menggantikan posisi ASI yang merupakan hak untuk seorang bayi.

  • Suplemen vitamin bisa mencerdaskan anak

Vitamin memang diperlukan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Akan tetapi, tubuh juga memerlukan zat gizi yang lain, misalnya saja protein, karbohidrat, dan lemak.  Hanya mengandalkan pemberian vitamin saja merupakan tindakan yang kurang tepat. Bahkan, ahli gizi lebih menganjurkan pemenuhan vitamin dan mineral dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya seperti berbagai macam sayur dan buah. Pemberian suplemen yang berlebihan malah akan berdampak tidak baik sebab menyebabkan orangtua cenderung mengandalkan suplemen dan tidak akan memperhatikan menu makanan yang baik untuk  anak-anaknya.

  • Musik klasik bisa membuat anak lebih  jenius

Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan kepercayaan masyarakat  yang satu ini. Untuk sejumlah  orang, musik klasik memperoleh tempat yang istimewa dibanding musik lain. Sebab dianggap musik yang lebih baik dan mempunyai banyak manfaat mulai dari menenangkan, mencerdaskan, sampai  digunakana untuk terapi berbagai macam penyakit. Berbagai penelitian dilakukan untuk lebih memantapkan fakta bahwa musik klasik bisamencerdaskan anak. Tidak heran bila para ibu melakukan cara untuk memperdengarkan musik klasik sejak bayi masih dalam rahim.

Langkah Membuat Anak Pintar Secara Alami

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan supaya anak menjadi pintar :

  • Berdoa Kepada Tuhan

Semua agama tentu memberi tuntunan untuk pemeluknya selalu berdoa kepada Tuhan. Bahkan doa adalah ibadah yang sangat baik, sebab di dalamnya terdapat penghambaan kepada Tuhan. Selain itu juga menunjukkan bahwa seorang hamba selalu memerlukan pertolonganNya. Setiap orangtua tentu mengharapkan kebaikan untuk anak anaknya. Oleh sebab itu sudah semestinya para orangtua senantiasa mengiringi dengan doa. Alangkah baiknya orangtua tetap bersyukur dengan kondisi anak yang mungkin belum  pintar secara akademik, sebab  setiap anak pasti mempunyai kelebihan dan potensi yang berbeda dari yang lain. Walaupun mempunyai anak pintar bukanlah suatu hal yang dilarang, akan tetapi setidaknya jangan dilupakan untuk mendoakan anak agar menjadi anak yang baik dan pintar.

  • Melakukan Stimulus Untuk Anak

Stimulasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan guna merangsang kemampuan dasar anak supaya anak bisa tumbuh dan berkembang secara baik. Stimulasi tumbuh kembang anak bisa dilakukan oleh setiap orang yang berinteraksi dengan anak. Misalnya saja  ibu, ayah, kakak, nenek, kakek, anggota keluarga yang lain dan kelompok masyarakat di lingkungan sekitar. Setiap anak harus mendapatkan  stimulasi sejak dini dan berlangsung terus menerus pada setiap kesempatan.

Kurangnya stimulasi bisa menyebabkan penyimpangan tumbuh kembang anak bahkan gangguan yang akan menganggu pertumbuhan anak. Kemampuan inti anak yang dirangsang dengan stimulasi tepat meliputi semua aspek perkembangan, yakni kemampuan bicara dan bahasa,  kemampuan motorik gerak kasar, kemampuan motorik gerak halus, serta kemampuan sosialisasi dan kemandirian.

  • Memberikan nutrisi yang cukup dan bergizi

Upaya dalam memberikan
dapat dimulai sejak dalam rahim, yakni  seorang ibu yang hamil harus selalu mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Setelah anak lahir, maka Anda harus segera memberikan ASI sebab di dalam ASI yang pertama kali keluar terdapat adanya kolostrum. Kolostrum merupakan susu pertama yang diproduksi setelah melahirkan dan mengandung banyak rantai antimicrobial,  immunoglobulin, serta molekul bioaktif yang lain termasuk dalam faktor pertumbuhan. Bebeberapa ciri kolostrum yaitu berbentuk, misalnya saja  susu yang kental dan berwarna sedikit  kuning.

Pada umumnya kolostrum telah diproduksi pada tahap akhir kehamilan sehingga sudah ada saat  setelah melahirkan hingga hari ke 7 kelahiran. Kolostrum juga mengandung berbagai zat dalam jumlah yang tinggi, misalnya saja kolesterol natrium, dan kalium. Kombinasi zat ini terbukti bisa untuk membantu perkembangan jantung, otak dan juga sistem saraf pusat bayi. ASI kaya akan DHA atau asam lemak pembangun otak yang berperan dalam meningkatkan kecerdasan anak paling tidak hingga usia 10 tahun keatas. Cara membuat anak pintar yang satu ini memang sangat dianjurkan oleh para dokter.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *