Panduan Ibu Hamil Yang Beberapa Kali Mengalami Keguguran

Stres Ibu Hamil

solusisehatku.com

Bagi ibu yang pernah mengalami keguguran sebelumnya, panduan ibu hamil berikut ini perlu untuk dipertimbangkan untuk dilakukan. Apalagi jika ibu pernah mengalami keguguran beberapa kali. Panduan berikut ini bisa ibu digunakan sebagai patokan agar di kehamilan kali ini keguguran tidak terjadi lagi.

Apa saja yang penting untuk ibu lakukan?

Menata Mental

Tidak bisa dipungkuri psikologi seorang ibu hamil yang pernah mengalami keguguran akan terganggu. Mereka merasa kekhawatiran yang berlebihan. Pasalnya, mereka takut kehilangan bayinya lagi.

Sayangnya, hal tersebut membuat seorang ibu hamil over protected. Ia akan benar-benar mengurangi kegiatan, terlalu memilih makanan, dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut sangat baik karena bertujuan untuk menjaga kehamilan. Akan tetapi, psikologi yang terganggu membuat nutrisi yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi tidak bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Stress juga bukan tidak mungkin bisa terjadi lho.

Itulah mengapa salah satu panduan kehamilan yang penting untuk diketahui adalah bagaimana ibu bisa menata mental. Tentu antisipasi harus dilakukan namun tidak perlu berlebihan. Jalani saja masa kehamilan seperti biasa. Makan makanan yang bergizi. Tambahkan suplemen untuk memperkuat rahim dan untuk membantu janin berkembang dengan baik. Ibu bisa konsumsi susu Frisomum Gold setiap hari untuk memastikan nutrisi harian ibu hamil terpenuhi.

Memeriksakan Kondisi Kehamilan Secara Rutin

Sebenarnya ini tidak hanya panduan untuk ibu hamil yang sering mengalami keguguran, tapi untuk semua ibu hamil. Hanya saja, ada satu yang berbeda. Bagi ibu yang pernah mengalami keguguran, konsultasi kehamilan dengan dokter tidak hanya untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan, tapi juga untuk mengetahui apakah faktor penyebab keguguran pada kehamilan sebelumnya muncul kembali atau tidak. Ini yang perlu ibu tanyakan kepada dokter kandungan.

Ada banyak sekali faktor penyebab keguguran seperti munculnya kanker serviks, pengentalan darah, rahim terlalu subur, dan lain sebagainya. Setiap faktor resiko memelukan penanganan yang berbeda-beda. Dokter yang akan memberikan saran apa langkah yang sebaiknya dilakukan.

Melakukan Pengobatan Herbal

Bukan tidak mungkin ibu akan mengalami masalah kesahatan ketika sedang hamil. Pada saat sakit, ada baiknya ibu mengkonsumsi obat herbal saja. Pasalnya, obat herbal jauh lebih aman untuk ibu konsumsi. Obat ini juga hampir tidak memiliki efek samping yang membahayakan ibu hamil dan juga janin di dalam kandungan.

Menghindari Kafein

Sebenarnya tidak hanya kafein saja, namun minuman lainnya yang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan janin di dalam kandungan. Contohnya saja seperti minuman beralkohol, minuman bersoda, dan lain sebagainya.

Hanya saja, yang perlu ditekankan adalah minuman yang berkafein. Hal ini disebabkan banyak orang yang beranggapan minuman ini tidak berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil. Tentu saja ada benarnya. Hanya saja, karena ibu rentan sekali mengalami keguguran seperti pada kehamilan sebelumnya, maka sebaiknya minuman yang mengandung kafein perlu dihindari.

Panduan untuk ibu hamil tersebut di atas diharapkan bisa membuat ibu benar-benar terhindar dari keguguran seperti pada kehamilan sebelumnya. Yang pasti, ibu harus pastikan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Konsumsi makanan yang sehat.

Namun, yang tak kalah penting lagi adalah bagaimana ibu menjaga kebugaran. Hal ini bisa dilakukan dengan cara olahraga ringan setiap hari seperti jalan santai di pagi hari, ikut program senam ibu hamil, atau yoga ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *