Pantangan Ibu Hamil Yang Kelihatannya Tidak Masuk Akal

pantangan ibu hamil

www.ragamalami.com

Forum Ibu & Balita adalah tempat ibu berbagi informasi dan diskusi seputar kehamilan, tips menyusui, kesehatan dan tumbuh kembang anak balita. Semua informasi terupdate bisa ibu dapatkan di forum tersebut, tak terkecuali info mengenai pantangan ibu hamil.

Pasti ibu tahu apa saja yang harus ibu hindari seperti merokok, mengkonsumsi minuman bersoda atau mengandung kafein, dan hal-hal umum lainnya. Namun, apakah ibu yakin sudah tahu pantangan yang akan dijelaskan berikut ini?

Beberapa pantangan berikut ini terdengar tidak masuk akal. Mungkin ibu menganggap pantangan berikut ini hanya mitos belaka sehingga ibu tidak perlu mempercayainya. Namun, patangan untuk ibu hamil tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah lho. Penasaran pantangan apa saja yang dimaksud?

Tidur Di Pagi Hari

Pernah dengar orang tua ibu atau teman ibu melarang ibu tidur di pagi hari? Bahkan, seorang ibu yang baru melahirkan juga tidak boleh tidur di pagi hari lho. Itu kata orang tua terdahulu yang mungkin mereka tidak tahu alasan ilmiahnya.

Ternyata, hal ini ada tinjauan ilmiahnya lho. Menurut para pemerhati kesehatan ibu hamil, ada tiga hal bisa terjadi jika ibu terbiasa tidur di pagi hari. Yang pertama, ibu berisiko terkena sakit kepala yang tak tertahankan. Tentu saja ini ada landasan ilmiahnya. Ternyata, tidur terlalu sering di pagi hari bisa menyebabkan adanya penumpukan cairan serebrospinal di area otak. Akibatnya, ibu akan merasakan sakit kepala yang begitu hebat.

Bahkan, ada juga yang mengatakan hal seperti ini bisa menyebabkan bayi yang ibu lahirkan nanti berisiko mengalami kondisi hydrocephalus lho. Meskipun hal ini bukan faktor utamanya, sebaiknya ibu menghindari tidur di pagi hari ya. Kalaupun ibu sangat ngantuk, ibu bisa sesekali tidur pagi. Namun, sebaiknya ibu lawan dengan melakukan kegiatan lainnya.

Yang kedua, tidur di pagi hari membuat ibu berisiko mengalami kelebihan air ketuban. Dokter kandungan selalu menyarankan ibu hamil untuk bergerak, entah itu jalan santai, senam ibu hamil, atau melakukan kegiatan apa saja di pagi hari. Ternyata, hal ini perlu dilakukan untuk memastikan jumlah air ketuban normal, tidak berlebihan. Berbeda jika ibu tidur di pagi hari. Hal ini akan menyebabkan kuantitas air ketuban semakin banyak dan ini jelas membayakan janin di dalam kandungan.

Yang terakhir adalah kebiasaan tidur di pagi akan membuat ibu mudah lemas dan tidak bertenaga. Mungkin ini efek negatif yang langsung bisa ibu rasakan. Untuk itu, tidur di pagi merupakan salah satu dari berbagai pantangan saat hamil.

Berendam Di Air Hangat

Paling menyenangkan itu berendam di air hangat. Setelah pulang kerja di sore hari, rasanya enak sekali jika ibu rileks sambil berendam di air hangat. Apalagi air hangat akan membuat otot tidak tegang sehingga rasa lelah bisa hilang.

Namun, di satu sisi, ada hal buruk yang bisa terjadi jika ibu berendam di air hangat. Berendam di dalam air yang hangat bisa menyebabkan perubahan suhu badan signifikan. Dan inilah yang bisa menyebabkan keguguran. Seharusnya bayi di dalam rahim berada dalam keadaan atau suhu tertentu. Akan tetapi, jika ternyata ibu berendam di dalam air hangat, bukan tidak mungkin suhu akan meningkat dan ini berakibat kurang baik untuk janin.

Menurut penelitian kesehatan ibu hamil, berendam di dalam air hangat akan membuat risiko keguguran dua kali lipat bisa terjadi. Dan tentunya ini hal yang tidak boleh ibu lakukan. Dari berbagai pantangan bagi ibu hamil yang ada, sebaiknya ibu tidak melakukan hal yang satu ini.

Melakukan Perawatan

Meskipun ibu sedang hamil, tentu saja ibu tetap ingin tampil cantik dan menarik, bukan? Akan tetapi, agar tampil cantik, bukan berarti ibu harus melakukan perawatan, apalagi perawatan yang menggunakan bahan kimia. Dalam hal ini, ibu harus tahu apapun yang ibu dapatkan, entah itu dari makanan atau kosmetik yang ibu kenakan bisa berpengaruh terhadap janin di dalam rahim.

Itulah yang menjadi alasan mengapa sebaiknya ibu tidak melakukan perawatan. Sekalipun perawatan tersebut menggunakan herbal, sebaiknya tidak ibu lakukan. Jika tujuannya adalah agar ibu tetap tampil cantik, ibu bisa gunakan cara lain, seperti memakai pakaian kerja ibu hamil jika ibu seorang pekerja. Ibu bisa beli gaun dan juga kaos yang didesain khusus untuk ibu hanmi. Banyak sekali jenis pakaian tersebut yang bisa membuat ibu tampil cantik dan menarik tanpa harus melakukan perawatan dengan bahan kimia.

Bahkan, dokter kandungan juga menyarankan agar ibu hamil tidak menggunakan kosmetik yang biasanya digunakan sebelum hamil seperti body lotion yang mengandung asam salisilat dan tabir surya yang kandungan kimianya berupa avobenzone. Pasalnya, jika kandungan tersebut masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori dan akhirnya menuju ke rahim, dampak terburuknya bagi janin adalah terjadinya catat secara fisik.

Mengenai ilmu kesehatan, tentu saja selalu ada hal yang baru. Itulah mengapa sebaiknya ibu ikut ke dalam forum ibu dan balita. Di sana, akan ibu dapatkan update informasi mengenai kesehatan ibu hamil. Semua anggota forum tersebut selalu berbagi ilmu mengenai kesehatan kehamilan. Ibu akan tahu bagaimana cara yang tepat menjaga kandungan sesuai dengan usia kehamilan. Dan yang pasti, ibu tidak melakukan suatu hal yang justru menjadi pantangan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *