Pengertian Sopan Santun Yang Bisa Ditanamkan Kepada Anak

pengertian sopan santun

parentinganak.com

Pengertian sopan santun yaitu  suatu tingkah laku yang sangat nyata dan nilai yang natural. Sopan santun sebagai sebuah konsep nilai namun bukan dipahami. Sopan santun merupakan sebuah ideologi yang membutuhkan konseptualisasi. sopan santun merupakan  sikap seseorang terhadap apa yang ia lihat, ia rasakan, dan dalam situasi, kondisi apapun. Sikap santun yakni baik, hormat, tersenyum, dan taat kepada sebuah peraturan. Sikap sopan santun yang benar adalah  lebih menunjukkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja.

Dari tutur bicara pun orang dapat  melihat kesopanan kita. Dan mungkin semua orang sudah mengerti tentang apa itu sopan santun, sebab  sifat ini sudah ditanamkan sejak kecil pada diri individu tersebut. Terkadang sopan santun itu hilang pada diri kita, saat  kita sedang berhadapan dengan orang lain yang menyebalkan.   Sopan santun bisa  dipengaruhi oleh apapun dan hal apa saja. Misalnya sopan santun yang buruk disebabkan oleh lingkungan yang tidak ada tata tertibnya, individu yang tidak pernah mengenal pentingnya kepribadian, kurangnya pengenal sopan santun yang diajarkan oleh orang tua sejak kecil, dan juga pembawaan diri individu itu sendiri.

Kemudian sopan santun yang baik bisa dipengaruhi oleh latar belakang individu itu sendiri. Pendidikan yang cukup, pembawaan diri yang baik terhadap situasi apa saja, tutur kata yang dijaga, terkadang faktor gen juga bisa mempengaruhi individu tersebut. Dengan menunjukan sikap yang memperhatikan, mendengarkan dengan baik, dan bila bertanya pun harus dengan yang baik, kekurangan individu seseorang secara fisik, akan tertutup rapi dan tidak terlihat jika di bungkus dengan sikap dan kepribadian yang ada.

Mungkin sifatnya yang begitu berhati baik  yang bisa  menutupi kekurangannya. Kemudian dalam perjamuan makan di meja makan semua nasi harus bersih dari apapun. Tidak boleh bunyi, dan harus menggunakan sendok dan garpu, setelah selesai makan sendok dan garpu diletakan secara silang dengan posisi sendok diatas dan garpu dibawah. Masih banyak lagi dengan pengertian sopan santun yang lebih spesifik dan mudah dimengerti, ini hanya bagian penglihatan saja secara kasat mata. Dalam belajar sopan santun sejak dini karna tentu dapat membawa Anda ketempat yang benar dan baik.

Definisi Sopan Santun Beserta Contohnya

Kehidupan yang seimbang baik didalam satu keluarga ataupun prilaku manusia dan orang-orang yaitu kehidupan yang di dalamnya dihiasi dengan tata karma atau sopan santun dan menjaga etika. Setiap  orang mungkin saja sudah tidak asing lagi jika di tanya tentang apa itu sopan santun di sekolah maupun dalam pergaulan juga menurut agama misalnya. Baik diakui atau tanpa ada diakui pada intinya semua orang kadang-kadang sudah mengamalkan serta menghiraukan makna dari sopan santun terutama etika dalam orang-orang.

Sopan santun merupakan sikap ramah yang diperlihatkan pada beberapa orang di hadapannya dengan maksud untuk menghormati serta menghormati orang lain, sampai membuat kondisi yang nyaman serta penuh keharmionisan. Sikap sopan santun juga merupakan suatu kewajiban yang perlu  dikerjakan oleh tiap-tiap kelompok mulai dari anak-anak sampai orangtua tanpa ada kecuali.

Setiap kehidupan yang ditempuh tanpa ada diimbangi sopan santun tentu akan membuat ketidakharmonisan bahkan juga keributan. Negara kita adalah satu diantara negara yang di kenal dunia dengan sikap sopan santunnya serta satu diantaranya ada didaerah Sunda. Daerah inisangat  kental dengan tata kramanya. Mereka memiliki sikap sopan santun yang khas terlebih waktu terima kehadiran tamu. Sikap ini seolah menjadi warisan dari nenek moyang yang harus tetap dilestarikan serta tidak dapat hilang ditelan jaman atau terkontaminasi oleh budaya negatif dari luar.

Tiap-tiap orang mungkin saja mempunyai persepsi sendiri tentang pengertian sopan santun serta misalnya. Apa pun pengertiannya, yang terutama yaitu bagaimana langkahnya supaya sikap sopan santun ini bisa diimplementasikan oleh tiap-tiap orang manfaat membuat negara Indonesia yang ramah tamah. Kesadaran sendiri bakal utamanya sikap sopan santun ini adalah modal basic supaya sikap ini tetaplah lestari.

Pengertian Sopan Santun Menurut Para Ahli

Sopan santun merupakan suatu hal bagaimana hal paling utama filsafat tentang nilai atau kualitas standar moral serta penilaian. Norma meliputi analisa dan aplikasi rencana seperti benar, salah, baik, buruk, serta tanggung jawab. Norma diawali ketika orang merenungkan unsur pendapat yang logis. Kebutuhan untuk refleksi akan sangat terasa, beberapa lantaran kita pendapat  seringkali tidak sama dengan pendapat orang lain. Hal semacam ini dibutuhkan untuk norma, yaitu  untuk mencari tahu apa yang harus  dikerjakan oleh manusia.

Norma memerlukankan sikap kritis, metodis serta sistematis dalam melakukan refleksi. Itu Sebagai pengetahuan, objek norma adalah  tingkah laku manusia. Namun, tidak seperti beberapa pengetahuan lain juga mempelajari tingkah laku manusia, norma memiliki sudut pandang normatif. Sudut pandang norma dalam manusia yang baik dan buruk Sopan santun menurut para ahli adalah sebagai berikut ini ;

-Sopan santun adalah pembelajaran mengenai prinsip-prinsip moralitas.

-Sopan santun merupakan nilai-nila dan norma-norma moral, yang menjadi pedoman untuk seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur perilaku.

-Sopan santun merupakan pengetahuan mengenai perilaku yang benar dalam profesi.

-Sopan santun merupakan ilmu yang menyelidiki, yang baik dan yang buruk untuk mengamati tindakan manusia sejauh dapat diketahui oleh pikiran.

Pengertian sopan santun adalah ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan arah dan tuntunan dalam tindakan manusia.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *