Penyakit Kuku Bisa Dialami Oleh Si Kecil

Menjaga kesehatan balita merupakan tanggungjawab ibu sebagai orang tua. Dan itu artinya ibu harus mencurahkan perhatian untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil.

Tahukah ibu bagian tubuh mana yang sangat mempengaruhi kesehatan anak? Betul sekali. Organ tubuh itu adalah tangan. Lebih spesifiknya kuku. Apalagi jika balita ibu sudah mulai bermain tanah, suka bermain di luar rumah, dan bermain dengan beberapa mainanan yang berbeda. Itu artinya tangan mudah sekali terkena kuman. Dan kuman biasanya bersembunyi di kuku.

Itulah mengapa jika ibu ingin menjaga kesehatan balita, ibu harus menjaga kesehatan kuku. Namun, bukan kotoran atau kuman pada kuku yang harus diantisipasi. Lebih dari itu, ibu harus tahu tentang penyakit kuku.

Apa Itu Penyakit Kuku

Umumnya, kuku tumbuh lurus ke atas. Akan tetapi, tidak jarang kuku tumbuh tidak normal. Kuku tumbuh sedikit menyamping sehingga menekan dan merobek kulit jari. Akibatnya, kuku mengalami masalah yang sering disebut dengan catengan.

Dalam dunia medis, cantengan disebut dengan ingrown toenails. Ini merupakan pertumbuhan kuku tidak normal sehingga menjadikan rasa perih pada bagian jari.

Jika ini terjadi pada si kecil, maka ia akan merasa kesakitan. Oleh sebab itu, ibu harus waspada jangan sampai hal ini terjadi pada si kecil.

Mengantisipasi Penyakit Kuku

Tidak ada cara lain yang lebih tepat untuk mengantisipasi penyakit kuku ini selain memotong kuku anak secara rutin. Memotong kuku bisa juga menjadi cara untuk menjaga kesehatan anak. Pasalnya, kuku tidak mudah dijadikan tempat persembunyian kuman. Selain itu, kotoran juga mudah dibersihkan sehingga makanan yang ia konsumsi tidak mengandung kotoran yang bisa mengganggu kesehatan balita.

Ibu hanya perlu tahu tips bagaimana cara aman memotong kuku anak. Beberapa hal yang perlu ibu perhatikan adalah sebagai berikut:

  • Gunakan Gunting Kecil

Ibu akan kesulitan memotong kuku balita jika menggunakan gunting yang digunakan untuk memotong kuku orang dewasa. Hal ini disebabkan kuku anak masih sangat mungil Sebaiknya ibu membeli pemotong kuku khusus untuk si kecil.

  • Memotong Kuku Di Tempat Yang Terang

Yang paling dikhawatirkan adalah ada bagian kulit si kecil yang terluka ketika ibu kurang hati-hati ketika memotong kuku si kecil. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu sangat hati-hati. Bawa anak ke tempat yang terang.

  • Saat Anak Tidur

Ada baiknya ibu memotong kuku anak ketika ia terlelap. Jadi, ia tidak bergerak sehingga ibu bisa dengan mudah memotong kuku si kecil.

Akan tetapi, hal ini tidak dianjurkan dilakukan terus menerus. Ibu juga harus menjelaskan kepada anak mengapa kuku harus dipotong. Sedini mungkin, anak harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan dengan memotong kuku secara rutin. Jadi, suatu saat nanti, ibu juga harus bisa memotong kuku anak ketika ia bangun sehingga anak memiliki pengetahuan serta kesadaran pentingnya menjaga kesehatan dengan cara memotong kuku.

Yang paling harus diantisipasi adalah cantengan. Namun, yang tak boleh disepelekan adalah sakit perut yang sering disebabkan oleh masuknya kuman ke dalam perut. Mungkin ibu sudah memberikan makanan yang sehat dan bersih. Tapi ibu lupa kebersihkan kuku anak. Akibatnya, anak ibu akhirnya sakit.

Untuk itu, ibu harus secara rutin memotong kuku. Kuku balita tumbuh sangat cepat. Bisa saja ibu harus memotong kuku si kecil dua kali dalam satu minggu. Yang pasti, memotong kuku menjadi cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *