Penyebab Bau Mulut & Bahayanya bagi Kesehatan

Penyebab bau mulut

www.listerine.co.id

Bau mulut tentu menjadi sebuah momok menakutkan yang akan menggangu aktifitas sehari-hari kalian, karena mulut yang beraroma tidak sedap akan menyebabkan kalian merasa tidak percaya diri  jika harus berbicara kepada orang lain bahkan teman dekat kalian sendiri. Mulut yang bau menandakan bahwa kalian kurang menjaga kesehatan mulut dan hal tersebut merupakan penyebab bau mulut terjadi.

Perlu kalian ketahui, mulut berperan besar terhadap kesehatan kita secara keseluruhan, mulut yang bau disebabkan oleh jumlah bakteri yang terdapat di mulut kita sudah terlalu banyak, bakteri-bakteri tersebut ternyata juga dapat memberikan dampak bagi kesehatan kita bukan hanya dibagian mulut saja karena bakteri tersebut dapat menggangu sistem kekebalan tubuh kita. Mulut merupakan jalan langsung menuju ke purut, bayangkan jika bakteri-bakteri yang berada di mulut tersebut kemudian turun kebagian perut kalian. Padahal kita tahu sendiri bahwa bakteri jahat akan berdampak buruk bagi tubuh dan menyebabkan penyakit.

Tak dapat dipungkiri bahwa banyak diantara kita yang kurang memperhatikan kesehatan mulut, banyak yang merasa dengan menggosok gigi saja sudah dapat menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan dan menjadikan hal tersebut sebagai solusi penyebab bau mulut terjadi, faktanya menggosok gigi saja tidak mampu untuk menjamah seluruh bagian mulut kalian. Sebagai informasi, gigi hanya merupakan 25 persen dari bagian rongga mulut kita, sementara sikat gigi tidak dapat menjangkau seluruh area rongga mulut, terutama area rentan pembentukan plak seperti selasela gigi dan gusi. Jadi, walaupun sudah menyikat gigi dengan sangat baik bahkan teratur, kita tidak akan bisa membersihkan semua bakteri di dalam mulut karena 75 persen bagian rongga mulut kita belum terjamah.

Lalu, bagaimana cara kita menjamah 75 persen bagian rongga mulut tersebut? Jawabannya adalah dengan penggunaan obat kumur setelah membersihkan gigi. Obat kumur dapat membersihkan bagian mulut kita secara menyeluruh karena bentuknya yang bersifat cair, dengan begitu bakteri penyebab bau mulut serta bakteri penyebab penyakit dapat terangkat. Selain dengan penggunaan obat kumur, hal lain yang mulai harus kalian lakukan adalah mulai mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat menghilangkan bau mulut serta menjaga kesehatan kita, seperti :

Air putih

Selain membantu menjaga kesehatan kita, air putih ternyata juga dapat menjadi solusi ampuh menghilangkan bau mulut. Air putih dapat membersihkan bakteri di dalam mulut serta memicu naiknya produksi air liur di dalam mulut yang bekerja sebagai salah satu zat pembersih alami di dalam mulut.

Rempah-rempah

Beberapa jenis rempah-rempah terbukti baik bagi kesehatan mulut serta menjaga kalian terhindar dari bau mulut, contohnya adalah peterseli, spearmint, tarragon, kayu putih dan rosemary. Kalian dapat mengkonsumsi dengan langsung mengunyahnya atau dengan cara diseduh dan diminum dengan teh atau bahkan dimasukan dan dijus dengan buah-buahan favorite kalian. Selain membantu untuk mengatasi bau mulut & menjadikan mulut lebih segar, rempah-rempah tersebut juga terbukti dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Yoghurt

Selain memperbaiki sistem pencernaan, yoghurt juga bermanfaat untuk mengurangi bau mulut. Yoghurt juga bisa menambah bakteri baik di dalam mulut serta membantu mengurangi jumlah plak & membantu mengurangi karang gigi, namun perlu diperhatikan agar yoghurt yang dikonsumsi sebaiknya yang tidak mengandung gula yaa

Buah & Sayur

Manfaat buah-buahan dan sayur bagi kesehatan tentu sudah kita ketahui karena memang keduanya memiliki banyak sekali kandungan vitamin, nutrisi serta gizi yang baik bagi kesehatan.  Buah dan sayuran seperti apel wortel dan seledri mengandung serat tinggi untuk membantu mencegah bau mulut yang diakibatkan oleh karang gigi.

Jadi, mulailah perhatikan kesehatan mulut kalian dengan rajin membersihkan bagian mulut dan mulai menggunakan obat kumur sebagai penunjang kebersihan mulut serta jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang baik bagi kesehatan mulut serta kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *