Permainan Anak Yang Mendidik Untuk Mengasah Memori Si Kecil

permainan anak yang mendidik

www.friso.co.id

Sebagai orang tua, tentu saja ibu tidak mau gegabah dalam mendidik anak. Ibu harus selektif dalam semua hal, terutama dalam memilih permainan anak yang mendidik. Memang banyak sekali pilihan permainan yang bisa ibu berikan untuk si kecil. Namun, ibu harus yakin jika permainan tersebut berdampak baik untuk perkembangan anak.

Dan satu hal lagi yang harus ibu lakukan. Ibu harus memilihkan permainan edukatif yang sesuai dengan usia anak. Ini sangat penting karena memang permainan didesain untuk meningkatkan kemampuan anak seusai dengan usia tertentu.

Daripada sibuk keluar masuk toko yang menjual permainan, ada baiknya ibu ketahui beberapa ide berikut ini.

Ide Kreatif Membuat Permainan Edukatif Sendiri

Sebenarnya tidak sulit lho membuat game anak yang mendidik. Ibu tidak perlu membelikan game dari toko. Yang perlu ibu lakukan hanya menentukan tujuan. Jika tujuannya untuk mengasah memori anak, maka banyak game edukatif yang bisa ibu berikan untuk si kecil

Salah satunya adalah dengan membuatkan game miniature jalan raya. Game ini akan mengasah kemampuan memori atau ingatan anak. Selain itu, game ini juga sangat bagus untuk membuat anak memahami jalan yang ada di sekitar rumah.

Ibu bisa memanfaatkan software paint di komputer ibu. Di sana ibu bisa membuat peta misalkan peta dari rumah menuju ke rumah saudara, kakek, sekolah, dan tempat-tempat yang biasanya dikunjungi oleh si kecil.

Untuk ide kreatif permainan anak edukatif lainnya, ibu bisa kunjungi situs Friso. Di sana banyak sekali ide menarik tentang bagaimana mengopitmalkan kemampuan otak anak. Meningkatkan memori anak bisa dilakukan dengan cara bermain, tidak hanya dengan belajar. Dan justru dengan permainan, anak tidak merasa lelah dan tidak sadar jika kegiatan tersebut mengasah kemampuan memori otaknya.

Game Di Gadget

Memang game di gadget tidak begitu disarankan. Alasannya, kebanyakan game online membuat anak kecanduan dan cenderung menjadi pribadi yang pasif dan egois. Namun, efek negatif tersebut bisa dihindari jika ibu membatasi anak dalam bermain game online.

Pada dasarnya, tidak hanya game di gadget saja lho yang bisa memberikan akibat buruk. Pada intinya, jika tidak ada aturan tegas dari ibu selaku orang tua tentang kapan harus bermain dan kapan harus istirahat, maka efek buruk akan terjadi.

Sebaiknya ibu memanfaatkan game di gadget. Ada banyak sekali game online yang sangat mendidik. Yang ibu perlukan adalah memilihkan game apa yang boleh dimainkan oleh si kecil. Ibu mendownloadkan game yang menurut ibu sesuai untuk dimainkan oleh si kecil. Kemudian, ibu bisa memutus sambung internet sehingga hanya game yang sudah ibu download saja yang bisa dimainkan oleh si kecil.

Permainan anak yang mendidik sebenarnya tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan memori anak lho. Ibu juga harus pertimbangkan untuk mengembangkan sisi lainnya seperti sosial, komunikasi, moralitas, spiritual, dan lain sebagainya. Sehingga, ibu tidak hanya akan memiliki anak yang cerdas tapi juga memiliki kepribadian yang baik.

Ibu bisa konsultasikan tentang tumbuh kembang anak ini dengan ahlinya. Kunjungi saja situs Friso agar ibu bisa konsultasi online dengan pakar perkembangan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *