Permainan Bebas Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Batita

Perkembangan bayi 11 bulan

www.awalsehat.nestle.co.id

Mungkin ibu belum mengerti apa itu game bebas dan bagaimana permainan tersebut bisa membuat perkembangan batita lebih optimal. Kali ini, ibu akan lebih mengerti apa permainan yang bagus untuk si kecil yang usianya di bawah 3 tahun. Ibu tidak lagi bingung memilihkan permainan untuk sang buah hati.

Tentu saja setiap orang tua pasti ingin memberikan permainan yang bagus. Sayangnya, tidak sedikit batita yang tidak suka dengan permainan tersebut. Atau, batita cepat bosan dan akhirnya tidak mau memainkan permainan tersebut. Hal tersebut tidak akan terjadi jika ibu tahu apa itu game bebas dan bagaimana permainan yang satu ini bisa mengoptimalkan tumbuh kembang batita.

Apa Itu Game Bebas

Hal pertama yang harus ibu ketahui adalah apa itu game bebas. Dengan mengetahu istilah ini, ibu akan memiliki banyak sekali pilihan game yang bisa ibu berikan untuk si kecil.

Game bebas merupakan permainan yang tidak ada aturannya. Ini semacam game yang bisa dimainkan oleh balita tanpa harus mengikuti aturan. Berbeda dengan permainan ular tangga, catur, atau game lainnya yang memiliki aturan main. Dan tentu saja ibu bisa dengan mudah menemukan game bebas ini seperti main blok, bermain boneka untuk balita perempuan, bermain bola, dan lain sebagainya. Yang pasti, tidak ada peraturan yang harus dipatuhi oleh balita.

Bagaimana Game Bebas Ini Bisa Optimalkan Perkembangan Batita?

Tentu pertanyaan selanjutnya yang ada di benak ibu adalah bagaimana bisa game semacam ini bisa membuat perkembangan si kecil lebih optimal. Bukannya game yang ada aturannya yang membuat batita mengerti apa yang harus dan tidak boleh dilakukan?

Justru dengan game bebas ini, si kecil akan terpacu untuk bereksplorasi. Sisi kreatifnya akan dipaksa untuk terus berkembang. Contohnya saja bermain blok. Ibu bisa siapkan blok dengan berbagai bentuk, berbeda warna, dan ukuran. Maka, batita akan menggunakan imajinasi dan membuat sebuah karya yang sesuai dengan apa yang ada di pikirannya. Ini bisa dijadikan cara untuk mengasah kreativitas batita, bukan?

Tentu saja tidak hanya blok saja yang bisa ibu berikan. Berbagai permainan bebas lainnya juga ibu berikan. Yang pasti, permainan tersebut membuat si kecil bebas untuk berimajinasi dan bereksplorasi.

Masa Emas Batita

Ibu tahu golden period? Ini adalah masa keemasan anak, masa di mana anak bisa berkembang sangat kuat. Ini bukan terjadi ketika anak beranjak dewasa namun ketika ia berusia di bawah 3 tahun. Pada saat itu, ada milyaran sel otak yang berpotensi untuk berkembang. Dan yang dibutuhkan adalah stimuls agar sel otak potential tersebut benar-benar berkembang.

Itulah mengapa pada tahap perkembangan batita sebaiknya ibu memberikan permainan yang mengasah kreativitas anak. Dan memberikan permainan bebas jelas sangat diperlukan. Permaianan semacam ini benar-benar akan mampu mengembangkan sel otak tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, tentu saja si kecil memerlukan nutrisi yang cukup. Pastikan nutrisi untuk tumbuh kembang anak tercukup dengan memberikan susu Friso Gold 3 yang merupakan susu batita terbaik. Dapatkan susu terbaik untuk batita tersebut di toko online Friso untuk memastikan perkembangan batita lebih optimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *