Permainan Tradisional Yang Tak Kalah Seru Untuk Dimainkan Di Zaman Modern

permainan anak tradisional

www.friso.co.id

Anak ibu kecanduan bermain game online? Mungkin sudah saatnya ibu memberikan alternatif lainnya, yaitu permainan tradisional.

Banyak anak yang mengalami kecanduan terhadap permainan game online. Tidak itu saja. Ada juga efek buruk lainnya seperti anak menjadi sulit bergaul dengan orang lain, suka berdiam diri sendiri, kurang berkomunikasi bahkan dengan ibu sendiri, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, ibu tidak boleh hanya melarang si kecil bermain game online. Percuma. Ibu juga harus tawarkan permainan yang lebih menarik lagi. Dan berikut ini beberapa permainan tradisional untuk anak yang bisa ibu berikan kepada si kecil.

  1. Bermain ABC

Setidaknya ada tiga manfaat jika anak ibu memainkan permainan ini. Yang pertama, permainan ini akan merekatkan antara ibu dan si kecil. Pasalnya, permainan ini tidak bisa dimainkan satu orang, melainkan minimal dua orang.

Manfaat yang kedua, permainan kuno akan mengasah ketajaman kognisi anak. Bukankah itu sangat baik? Dan yang ketiga, permainan ini akan membuat anak mampu mengucapkan berbagai macam huruf.

Permainan ABC ini hanya membutuhkan lima jari saja. Ibu dan si kecil bisa menujukkan berapa jari yang terbuka. Namun, sebelumnya, harus ditentukan dulu temanya, apakah nama hewan, anggota tubuh, atau yang lainnya.

Setelah ibu dan anak ibu membuka jari, mulailah berhitung dengan menggunakan huruf alphabet. Jika temanya tentang hewan dan huruf yang terakhir keluar adalah J, maka ibu atau anak ibu harus mencari naman hewan yang berawalan huruf J. Mudah dan menarik, bukan?

  1. Permainan Egrang

Permainan kuno yang satu ini lebih sering dimainkan oleh anak laki-laki. Ini pun bukan permainan yang bisa dilakukan oleh anak kecil di bawah 3 tahun. Mungkin jika anak ibu sudah berusia 4-5 tahun, anak ibu sudah bisa memainkan permainan ini.

Permainan yang satu ini sangat menarik karena anak merasa tertantang. Mereka merasa percaya diri jika bisa menaiki egrang.

Ini merupakan alat atau permainan yang terbuat dari kayu atau bambu. Tinggi bambu bisa disesuaikan. Semakin tinggi maka semakin sulit untuk dimainkan. Ada pijakan yang dibuat di mana anak ibu bisa menaiki egrang tersebut.

Permainan tradisional ini akan melatih anak agar bisa mengatur keseimbangan. Sering kali egrang ini dijadikan sebagai permainan yang dilombakan di acara 17 an.

  1. Permainan Engklek

Ini permainan yang bisa dilakukan oleh anak laki-laki dan juga anak perempuan. Permainan ini lebih menekankan pada bagaimana anak ibu bisa melewati rintangan.

Ada bentuk kotak-kotak di mana anak ibu harus melangkah dan juga meloncat tapi tidak boleh menginjak garis kotak tersebut.

Yang menjadikan permainan anak tradisional ini seru adalah ada kompetisinya. Jadi, permainan ini dimainkan oleh banyak orang. Ibu juga bisa menemani si kecil memainkan permainan engklek ini lho.

Dan masih banyak ide permainan lainnya yang bisa ibu dapatkan di www.friso.co.id. Ada banyak permainan yang bagus untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi anak.

Sebenarnya game online juga bagus. Hanya saja, kebanyakan akan mengalami kecanduan. Bahkan, tidak jarang anak yang menjadi sulit bersosialisasi dengan orang lain. Pasalnya, game online cenderung membuat anak passive, egois, dan asocial.

Tentunya ibu tidak menginginkan hal tersebut, bukan? Boleh saja anak bermain game online namun harus ada jadwalnya. Dan sesekali ibu bisa menawarkan permainan tradisional untuk anak yang jelas bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *