Pilihan Fitness Bagus Untuk Tumbuh Kembang Balita 4 Tahun

tumbuh kembang balita

www.ibudanbalita.com

Apakah balita boleh diajak fitness? Sebenarnya tidak hanya boleh. Kegiatan tersebut justru sangat baik untuk tumbuh kembang balita. Khusus bagi ibu yang memiliki balita usia 4 tahun, sebaiknya fitness diajarkan kepada si kecil.

Lalu, jenis fitness apa yang bagus untuk balita usia 4 tahun?  Silakan ibu memilihkan sendiri. Yang penting, ibu hanya perlu apa yang mendasari ibu memilihkan fitness tertentu untuk si kecil.

Balita Harus Bahagia

Memang ada peringatan yang harus orang tua ketahui. Ini peringatan dari pakar perkembangan balita. Terlalu dini mengajak anak melakukan fitness atau olahraga tertentu, maka ia akan frustasi. Dan ini akan sangat mengganggu perkembangannya. Bahkan, bisa saja ketika dewasa nanti, ia justru tidak suka dengan olahraga apapun.

Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk ini, ibu harus pastikan bawasannya anak ibu tidak merasa terpaksa melakukan olahraga. Ibu harus mampu membuat anak dengan senang hati melakukan olahraga.

Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan.

  1. Mengajak Balita Ke Sport Center

Jika tempat tinggal ibu tidak jauh dari sport center, ibu bisa mengajak balita untuk datang ke sana. Diharapkan, dengan melihat banyak orang berolahraga, maka balita ibu akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

  1. Memilihkan Fitness Dasar

Pada dasarnya, melakukan fitness itu bergerak. Hanya saja, ada yang gerakannya teratur ada yang tidak.

Coba ibu pikirkan gerakan apa yang paling dasar dalam fitness? Gerakan seperti berlari, menendang, dan melempar merupakan gerakan dasar. Dan dari sinilah ibu bisa memilihkan fitness yang paling tepat untuk tumbuh kembang anak usia 4 bulan.

  1. Memasukkan Ke Tempat Latihan Olahraga

Jika ibu sudah merasa yakin bawasannya anak ibu suka dengan jenis olahraga atau fitness tertentu, tidak salah jika ibu memasukkannya ke tempat kursus olahraga. Ini akan lebih memotivasi anak lantaran banyak anak-anak sebaya yang melakukan olahraga yang sama.

Fitness atau Olahraga Sambil Bermain Di Rumah

Pada intinya, ibu tidak boleh memaksa. Jika ibu memaksa, maka balita tidak akan mau dan akhirnya anak mungkin tidak akan suka dengan olahraga.

Agar balita suka, ada baiknya ibu memilihkan fitness yang sekaligus ajang untuk bermain di rumah. Seperti contoh, ibu bisa membuatkan  halang rintang di dalam rumah. Balita akan sangat senang sekali untuk berlari, merangkak, dan melakukan gerakan lainnya.

Bermain lompat tali juga bisa menjadi alternatif lainnya. Jika anak ibu suka bermain bola, ibu bisa belikan gawang kecil agar bisa dipasang di dalam rumah. Tidak salah juga jika ibu membelikan video fitness. Jadi, anak bisa dengan mudah mempratekkan gerakan-gerakan fitness seperti yang ada di video.

Secara alami, balita melakukan gerakan aktif yang tidak teratur. Ia berjalan dan berlari merupakan gerakan yang bagus untuk perkembangan anak usia di bawah 5 tahun. Namun, bukankah lebih baik jika ibu mengajarkan gerakan-gerakan fitness yang beraturan? Selain membuat anak bergerak, ia juga akan lebih senang. Dan yang pasti, kegiatan ini akan berpengaruh terhadap perkembangannya terutama perkembangan otak. Pasalnya, ia harus menghafal gerakan-gerakan tertentu.

Tentu saja hal tersebut tergantung dengan jenis fitness atau olahraga yang ibu pilihkan. Jika ibu tidak yakin dengan pilihan ibu, silakan melakukan konsultasi online dengan pakar tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *