Pilihan Game Edukasi Anak Yang Boleh Ada Di Smartphone

merangsang kecerdasan anak dengan musik

www.ibudanbalita.com

Sebenarnya, game edukasi anak yang paling bagus adalah permainan yang menuntut si kecil untuk bergerak secara fisik. Makanya, banyak sekali pilihan game seperti ini yang ditawarkan di www.friso.co.id. Ibu bisa kunjungi situs tersebut dan temukan game edukatif seperti apa yang cocok untuk dimainkan sang buah hati.

Akan tetapi, ada suatu ketika di mana si kecil juga bisa bermain game edukatif di mana ia tidak harus bergerak bebas. Contohnya ketika sedang hujan. Tentu tidak mungkin ibu biarkan si kecil bermain hujan-hujanan terus menerus, bukan? Maka alternatif lainnya adalah permainan edukatif anak yang ada di smartphone.

Memang game semacam ini bisa menyebabkan candu dan anak cenderung pasif. Sebenarnya, efek negatif ini hanya bisa terjadi ketika tidak ada kontrol dari orang tua. Maka dari itu, ada baiknya ibu memperkenalkan game di gadget namun tetap ada dalam batasan. Artinya, ibu bisa mengontrol kapan anak boleh bermain dan kapan ia harus berhenti bermain.

Berikut ini ulasan beberapa game smartphone yang tepat untuk dimainkan oleh si kecil.

Game ABC

Si kecil sudah berusia 3 tahun atau hampir 3 tahun? Sudah saatnya ia mengenal alphabet. Ada banyak cara untuk mengenalkan ABC ini. Dan cara yang menarik adalah mengenalkan ABC ini melalui game Kids Trace The ABC Alphabet. Ini merupakan sebuah aplikasi game edukatif yang membuat anak belajar mengenal ABC dan juga menulis ABC. Jadi, ada pola yang harus diikuti oleh si kecil agar terbentuk menjadi sebuah huruf.

Cara memainkan game ini sangatlah mudah. Hanya perlu menggunakan jari yang disentuhkan pada layar smartphone saja. Dalam hal ini, game ini dimainkan menggunakan smartphone yang layarnya besar. Dengan demikian, si kecil lebih mudah membuat pola membentuk huruf.

Ada banyak sekali game edukatif seperti ini yang bisa diunduh secara gratis. Jadi, ibu bisa download game yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Game Puzzle

Sebenarnya ada banyak sekali gama board puzzle. Hanya saja, ibu harus membelikan banyak sekali puzzle jika ibu ingin anak memainkan puzzle yang berbeda.

Untuk menghemat uang, ibu bisa download puzzle di smartphone ibu. Ada banyak sekali jenis puzzle yang bisa dimainkan oleh si kecil.

Puzzle ini termasuk ke dalam game yang sangat mendidik lantaran game ini menuntut anak untuk mengingat tempat di mana setiap kepingan puzzle. Selain itu, game ini juga membuat anak terpacu untuk menyelesaikan. Para ahli psikologi anak mengatakan game ini semacam latihan dasar agar anak terbiasa memecahkan masalah. Dengan demikian, ketika dewasa nanti, ia juga sudah terbiasa dengan masalah dan ia berani menghadap masalah tersebut sehingga akhirnya masalah tersebut bisa terpecahkan.

Fun With Animals Matching Game

Game ini akan benar-benar mengembangkan kemampuan otak dan kognitif anak. Pada dasarnya, game ini membuat anak mampu mencocokkan hewan atau bagian tubuh hewan. Game ini akan membuat anak belajar konsetrasi, teliti, serta memicu kemampuan memorinya. Lebih dari itu, game edukatif anak ini juga bagus untuk mengenalkan berbagai jenis hewan pada anak.

Game Belajar Berhitung

Sebenarnya, game ini tidak boleh dimainkan oleh balita yang masih usia 3 tahun. Karena pada usia tersebut, ia seharusnya lebih banyak bermain daripada belajar, apalagi belajar berhitung.  Game belajar menghitung ini bisa dimainkan oleh anak yang sudah duduk di bangku SD. Game ini memicu anak agar suka dengan berhitung.

Apa yang menarik dari game yang satu ini? Yang pertama, karena ini berbentuk game dan dibuat khusus untuk anak, maka tampilannya sangat bagus. Anak pasti tertarik untuk memainkannnya. Selain itu, sisi menarik lainnya lagi adalah metode belajarnya. Jangan membayangkan akan ada banyak soal menghitung. Metodenya menarik, Ada beberapa hewan atau benda lainnya yang digunakan sebagai obyek yang harus dihitung oleh si kecil.

Itulah beberapa game yang boleh ada di smartphone ibu. Game tersebut bisa dimainkan oleh si kecil untuk menunjang perkembangannya.

Akan tetapi, tentu ada hal yang perlu ibu perhatikan.

  1. Batasi Waktu Bermain Game

Seperti yang sudah disiunggung sebelumnya, anak akan cenderung addictive terhadap game smartphone jika tidak dibatasi. Maka syarat utama ketika ibu membiarkan anak bermain gama di gadget adalah batasan waktu.

  1. Jangan Berikan Smartphone Sendiri

Sekalipun anak ibu suka sekali bermain game, ada perkembangannya, dan bisa dibatasi waktu bermainnya, jangan sekali-kali membelikan smartphone sendiri. Pasalnya, dengan menggunakan smartphone sendiri, ibu akan lebih sulit untuk mengendalikan penggunaan smartphone tersebut.

  1. Ada Porsi Bermain Secara Fisik

Terkadang, anak yang sudah terlanjut suka game edukasi online, ia sudah tidak mau lagi bermain mainan biasa yang menuntutnya untuk bergerak.

Untuk meghindari hal tersebut, maka dari awal harus ada batasan. Kenalkan satu jenis game online saja. Lalu, ibu harus lebih banyak mengajak anak bermain yang menuntutnya bergerak secara fisik. Ada banyak sekali game kreatif dan edukatif yang bisa ibu lihat di website Friso.

Kecerdasan anak itu tidak hanya disebabkan oleh kebutuhan nutrisi yang sudah tercukupi dari makanan dan minuman yang bergizi. Kecerdasan juga harus ada stimulusnya. Dan stimulus yang tepat adalah melalui game edukasi anak. Kini, giliran ibu yang menentukan mana permainan edukatif yang cocok untuk dimainkan si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *