Pilihan Makanan Untuk Ibu Menyusui yang Dianjurkan Dokter

Mengonsumsi makanan untuk ibu menyusui yang tepat dan bergizi tinggi memang menjadi kewajiban untuk para ibu yang sedang dalam masa menyusui. Manfaatnya yaitu menjaga kondisi ASI Anda agar tetap sehat dan aman untuk si kecil. Anda bisa memilih makanan yang terbaik untuk menyusui buah hati Anda.

Terbaik tidak berarti harus yang harganya mahal, namun yang paling penting yaitu harus bergizi  tinggi dan sesuai untuk perkembangan bayi pada masa awal usia si kecil. ASI merupakan makanan terbaik yang diterima oleh bayi setelah ia lahir.

ASI kaya akan berbagai gizi penting untuk perkembangan bayi yang beberapa jenis gizi ini sulit diperoleh selain dari ASI. Perkembangan bayi pada masa awal ini merupakan hal dasar untuk perkembangan berikutnya oleh si kecil. Disamping itu, ASI juga sangat menyehatkan untuk bayi, sangat baik dalam meningkatkan imunitas bayi terhadap berbagai masalah kesehatan. Sedangkan untuk ibu yang menyusui sendiri, memberikan ASI juga mempunyai dampak baik yakni dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk ibu menyusui;

-Ikan

Makanan yang pertama yaitu berbagai macam ikan. Ikan yang dipilih tidak boleh sembarangan dan harus berbagai macam ikan yang rendah akan merkuri.  Tuna, hiu, king mackarel, lobster, dan ikan yang berasal dari tempat adanya kontaminasi  merkuri harus Anda hindari. Sedangkan ikan yang rendah merkuri , misalnya saja salmon, sarden, dan lele. Ikan yang mengandung DHA, gizi  ini sangat penting bagi perkembangan syaraf bayi dan bisa membantu perkembangan kecerdasan bayi. Sedangkan untuk ibu, DHA bisa mencegah baby blues atau stress yang terjadi pasca melahirkan.

-Produk olahan sapi

Makanan ini  sangat disarankan bagi ibu menyusui. Produk olahan ini merupakan daging tanpa lemak dan juga produk dari olahan susu rendah lemak, yakni keju, susu, dan yogurt. Jenis makanan ini mengandung banyak protein dan kalsium yang penting bagi perkembangan bayi. Disamping itu juga kaya akan vitamin B. Sedangkan pada daging sapi juga kaya akan zat besi. Jumlah konsumsi susu dapat diatur, sehari dua kali atau tiga kali, akan tetapi bila alergi susu maka hanya perlu mengonsumsinya dalam jumlah sedikit atau tidak sama sekali.

-Berbagai macam buah dan sayur

Sayur dan buah-buahan merupakan komponen makanan ibu menyusui yang tidak bisa ditinggalkan. Berbagai macam sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin, gizi ini secara lengkap hanya dapat dipenuhi oleh sayuran dan buah.

Sayuran yang disarankan yaitu yang berwarna hijau, misalnya saja selada,bayam, asparagus, brokoli, dan bayam. Sedangkan buah-buahan, hampir semua buah diperbolehkan untuk dimakan ibu menyusui namun yang paling disarankan yakni jeruk. Selanjutnya adalah dari jenis beri, yakni strawberry, blackberry, dan lain sebagainya.

– kacang-kacangan

Berbagai macam kacang yakni kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau, kacang hitam, dan lain sebagainya. Kacang-kacangan ini mengandung banyak zat besi dan protein, disamping itu juga kaya dengan vitamin B. Anda dapat dengan mudah memperolehnya, termasuk yang sudah diolah menjadi tempe, tahu, dan susu kedelai. Keuntungan yang lain dari mengonsumsi kacang-kacangan ini  yaitu pencernaan akan lebih baik.

Makanan untuk ibu Menyusui Agar Produksi ASI Lancar

Sangat disarankan untuk seorang ibu agar memberikan ASI untuk bayinya, akan tetapi terkadang ASI tidak keluar dengan lancar, jumlahnya sangat sedikit. Terkadang bahkan hanya mau keluar untuk beberapa waktu saja dan berhenti dalam memproduksi ASI, sehingga si kecil terpaksa meminum susu formula. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa makanan agar ASI lebih produktif bagi ibu menyusui;

-Bawang putih

Dalam meningkatkan jumlah ASI mungkin Anda dapat mengonsumsi bawang putih. Bawang putih dianggap menjadi salah satu makanan untuk memperbanyak ASI yang sangat baik. Oleh sebab itu ketika memasak makanan, tidak ada salahnya bila Anda memperbanyak bawang putih pada masakan Anda. Disamping itu, sayur bayam juga dapat membantu Anda meningkatkan jumlah ASI. Sebenarnya bukan hanya bayam saja, akan tetapi berbagai sayuran berdaun hijau.

-Daun katuk

Daun katuk merupakan makanan yang paling baik dalam memperlancar ASI. Daun katuk memang sejak dulu sudah dianggap menjadi salah satu makanan dalam memperbanyak ASI yang terbukti efektif. Hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan steroid dan polifenol yang dapat membantu dalam meningkatkan jumlah ASI. Agar dapat memperoleh manfaat yang maksimal, Anda perlu mengolah daun katuk dengan baik. Namun jika Anda memasaknya terlalu matang, nutrisi penting yang terkandung dalam daun katuk justru dapat hilang.

Makanan Bagi Ibu Menyusui Supaya Bayi Pintar

Berbagai makanan yang dikonsumsi oleh ibu tentu saja akan berdampak pula bagi si kecil, sebab bayi masih sangat bergantung pada ASI yang berasal dari ibunya. Selain berbagai makanan sehat yang sudah disampaikan tadi, ada juga beberapa makanan bagi ibu saat menyusui yang secara khusus bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini karena  tingginya DHA dan asam lemak Omega 3. DHA sangat penting dalam membantu perkembangan sistem syaraf, dan otak sebagai pusat syaraf. Begitu pula Omega 3 yang penting bagi  perkembangan otak si kecil.

Sumber utama kedua gizi ini yaitu ikan. Akan tetpi selama masa menyusui Anda harus tetap teliti dalam memilih ikan yang tidak terkontaminasi merkuri. Ikan tuna walaupun mengandung DHA dan Omega 3 dalam jumlah tinggi, namun tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui sebab tingginya kandungan merkuri. Sumber DHA dan Omega 3 yang lain yakni sayuran hijau. Sayuran ini memang sangat banyak kandungan nutrisinya, Anda harus memperbanyak  dalam mengonsumsi sayuran selama masa menyusui. Berikutnya yaitu biji-bijian, termasuk berbagai macam kacang-kacangan yang sudah  dijelaskan sebelumnya. Disamping itu juga biji kanola dan walnut, yang merupakan makanan untuk ibu menyusui terbaik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *