Pro Kontra Imunisasi Pada Bayi

Imunisasi pada bayi

www.ibudanbalita.com

Sebenarnya imuniasi pada bayi ini sudah sejak lama menimbulkan pro dan kotrak. Hanya saja, terjadinya perselisihan pendapat ini tidak lantas membuat program imunisasi ini terhenti. Bahkan, justru jumlah orang tua yang membawa bayi mereka  untuk mendapatkan imunisasi atau vaksinasi ini semakin banyak.

Lebih dari itu, para orang tua juga tidak ragu untuk memberikan suntik imunisasi tambahan anak. Ada beberapa suntik imunisasi tambahan yang bisa diberikan kepada anak seperti imunisasi Hib, PCV, Tifoid, dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya, ibu kunjungi www.ibudanbalita.com agar ibu lebih tahu apa saja jenis imunisasi tambahan dan apa saja manfaatnya untuk anak.

Lalu, bagaimana yang menganggap bawasannya imunisasi untuk bayi itu tidak boleh?

Sudut Padang Pihak Yang Kontra Terhadap Imunisasi

Isunya, penolakan terhadap imunisasi ini lebih bersifat agamis. Artinya, ada aturan agama Islam yang digunakan di mana aturan tersebut merujuk pada pelarangan imunisasi. Akan tetapi, ada juga isu lainnya yang sama sekali tidak terkait dengan agama islam.

  • Imunisasi Berasal Dari Ginjal Babi

Pada dasarnya, imunisasi merupakan proses memasukkan antibodi ke dalam tubuh bayi. Yang dipermasalahkan oleh pihak yang kontra imuniasi pada bayi adalah bawasannya antibodi tersebut diambil dari daging yang haram menurut islam. Salah satunya adalah babi.

Ini merupakan alasan yang dikemukakan dari sudut pandang agama.

  • Bayi Tidak Perlu Antibodi

Pihak yang kontra juga mengatakan bayi sebenarnya sudah memiliki antibodi. Semakin dewasa, maka antibodi di dalam tubuh semakin kuat dengan sendirinya. Jadi, menurut mereka, tidak perlu lagi bayi mendapatkan imunisasi.

  • Konspirasi

Meskipun imunisasi bayi ini tidak dipungut biaya, tetap saja negara sebenarnya sudah membayarkan semua vaksin dan juga biaya penyuntikan di mana dananya di ambil dari kas negara. Negara membayarkan pada negara yang memproduksi vaksin tersebut.

Menurut piha yang kontra, ini merupakan konspirasi atau akal-akalan negara maju produsen vaksin.

Ada baiknya jika ibu melihat dari sudut pandang pihak yang pro dengan imunisasi. Dengan demikian, ibu bisa melihat permasalahan ini secara lebih obyektif.

Imunisasi Dari Sudut Pandang Pihak Yang Pro

Kebanyakan orang tua setuju atau pro terhadap suntik imunisasi pada bayi. Hal ini disebabkan mereka tahu kekebalan tubuh bayi harus dijaga agar ia tidak mudah sakit. Mereka mengerti betapa kesehatan bayi itu harus benar-benar dijaga.

Memang mereka hanya mengikuti apa yang pemerintah anjurkan. Toh sekarang imunisasi sudah ditanggung oleh pemerintah alias mereka tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun jika mereka imunisasi di posyandu.

Namun, tidak sedikit juga orang tua yang sudah mengerti betapa pentingnya imunisasi untuk bayi. Mereka membaca banyak literature seputar kesehatan bayi atau mengikuti forum Ibu dan Balita sehingga pengetahuan tentang kesehatan bayi semakin bertambah.

Apalagi ada juga kasus di mana bayi tiba-tiba mengalami masalah kesehatan. Padahal, orang tuanya sudah memberikan makanan yang sehat. Ternyata, menjaga kesehatan bayi dengan memberikan makanan dan minuman yang bergizi tidaklah cukup. Serangan bakteri atau virus harus ditanggulangi. Dan ini bisa dilakukan jika bayi mendapatkan imunisasi yang dicanangkan oleh pemerintah.

Jadi, bagaimana dengan ibu? Apakah ibu bagian dari yang pro atau kontra terhadap imunisasi untuk bayi? Terlepas dari hal tersebut, Anda harus mengerti betapa pentingnya menjaga kesehatan bayi, entah bagaimana pun cara yang ibu lakukan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *