Ragu Jika Konsultasi Kehamilan Dengan Bidan?

Konsultasi Kehamilan

AbiUmmi.com

Ada beberapa ibu hamil yang ragu jika melakukan konsultasi kehamilan dengan bidan. Ragu karena bidan hanya memiliki tingkat pendidikan yang rendah, jauh lebih rendah daripada dokter kandungan.

Namun anggapan tersebut seharusnya sudah tidak ada. Jika ibu masih beranggapan seperti itu, mungkin informasi berikut akan mengubah pikiran ibu tentang seorang bidan.

Bidan Seorang Pekerja Profesional

Tidak seperti jurusan yang lain, pelayanan seperti konsultasi kehamilan atau proses melahirkan harus dibantu oleh bidan. Lain hal dengan jual yang lain. Tidak sedikit lulusan pendidikan yang bekerja menjadi marketing. Banyak lulusan jurusan tertentu yang bekerja tidak pada bidangnya. Akan tetapi, untuk masalah yang terkait dengan kesehatan ibu hamil, bidan yang boleh melakukan pemeriksaan dan tindakan.

Bidan Mempelajari Tentang Kesehatan Ibu Hamil

Jika ditanya jurusan apa yang fokus pembelajarannya sangat jelas, jawabannya adalah bidan. Seorang mahasiswa yang belajar di jurusan kebidanan tidak lain hanya mempelajari hal-hal yang terkait dengan ibu hamil. Tentu saja bidang yang lain seperti ilmu kesehatan secara umum juga mereka pelajari.  Hanya saja, ilmu kesehatan tersebut juga terkait dengan kehamilan.

Jadi, aneh jika ada seorang ibu hamil yang kurang percaya ketika berkonsultasi kehamilan dengan seorang bidan. Padahal, seluruh waktu pada masa belajar digunakan untuk mempelajari hal seputar kehamilan saja.

Bidan Boleh Menggunakan Alat USG

Sekarang tidak hanya dokter kandungan saja yang boleh mengoperasikan alat USG. Sudah banyak bidan yang membuka praktek dengan menggunakan USG. Jadi, ibu bisa periksa kondisi janin, mulai dari berat badan janin, tinggi janin, HPL, dan lain sebagainya.

Memang tidak semua bidan diperbolehkan menggunakan alat USG. Hanya bidan yang sudah mendapatkan sertifikasi. Bidan yang sudah mendapatkan pelatihan tertentu baru boleh memeriksa ibu hamil dengan menggunakan alat USG.

Lebih Puas Berkonsultasi Dengan Bidan

Puas atau tidak puas tentu saja hal yang sangat relatif. Dan kepuasan dalam konsultasi tergantung dokter. Ada juga dokter kandungan yang memberikan penjelasan secara mendalam dan lengkap ketika ibu konsultasi kehamilan. Hanya saja, lebih banyak dokter yang hanya memberikan jawaban seadanya mengingat banyak sekali pasien yang harus ditangani.

Berbeda jika ibu berkonsultasi dengan seorang bidan. Hampir di setiap desa memiliki bidan. Bahkan, tidak jarang bidan desa sebanyak lebih dari 2. Ini merupakan program pemerintah yang bertujuan agar ibu hamil terlayani dan angka kematian ibu dan bayi menurun.

Karena setiap desa ada bidan, maka ibu tidak perlu terburu-buru untuk konsultasi. Selalu ada waktu yang longgar untuk melakukan tanya jawab dengan bidan. Demikian pula bidan. Mereka memiliki banyak waktu karena memang tugas mereka melayani pada ibu hamil yang ada di sekitar desa di mana mereka tinggal.

Berhubungan Dengan Proses Persalinan

Sekarang ini, ada kebijakan pemerintah di mana persalinan seharusnya dilakukan dengan bantuan bidan setempat. Tentu hal ini akan lebih baik jika selama masa kehamilan ibu konsultasi dengan bidan setempat. Jadi, bidan mengerti betul riwayat kehamilan ibu. Dengan demikian, bidan tahu apa yang harus dilakukan serta resiko apa saja yang mungkin terjadi ketika proses persalinan.

Lain hal jika ibu konsultasi kehamilan dengan dokter sementara ibu harus melahirkan dengan bantuan bidan. Bidan tidak mengeri riwayat kesehatan selama ibu menjalani masa kehamilan.

Biaya Konsultasi Lebih Murah

Yang sangat membedakan antara konsultasi dengan bidan dengan konsultasi dengan dokter kandungan adalah biaya. Tentu saja harganya lebih mahal melakukan konsultasi dengan dokter. Padahal, secara umum, konsultasi yang dilakukan tidak ada yang beda. Jadi, masih tetap bersikukuh harus konsultasi dengan dokter kandungan?

Meskipun demikian, terkadang bidan menyarankan agar ibu sesekali konsultasi dengan dokter kandungan, terutama ketika kehamilan sudah memasuki usia trimester kedua. Jadi, dari awal hingga akhir, ibu bisa melakukan konsultasi dengan bidan. Sesekali ibu bisa konsultasi dengan dokter.

Tentu saja pada akhirnya keputusan ada di tangan ibu. Apakah mau konsultasi dengan dokter atau dengan bidan. Yang pasti, tidak tepat jika ibu meragukan kapasitas seorang bidan dalam menangani masalah kehamilan. Toh sebenarnya nanti pada proses persalinan, ibu akan mendapatkan bantuan seorang bidan walaupun ibu melakukan persalinan di rumah sakit.

Sebagai alternatif lain, sekarang ini ada konsultasi kehamilan online. Ini adalah pelayanan konsultasi ibu hamil yang dilakukan secara online.

Konsultasi online tidak akan menggeser pentingnya konsultasi secara langsung dengan bidan atau dengan dokter kandungan. Ini hanya menjadi alternatif ketika ibu sedang mengalami keluhan kesehatan atau ada pertanyaan yang ingin ibu ketahui jawabannya secara langsung. Jadi, ibu tidak perlu datang ke bidan atau dokter kandungan. Cukup buka handphone dan kunjungi situs konsultasi online tersebut. Silakan ibu ajukan pertanyaan apapun dan ahli kesehatan ibu hamil akan segera merespon.

Konsultasi ini hanya bersifat permulaan saja. Untuk masalah yang membutuhkan diagnosa secara langsung, tentu tidak bisa dilakukan dengan cara online. Biasanya, ibu hamil bertanya tentang hal-hal yang simpel seperti bagaimana mengatasi rasa kembung saat hamil, bagaimana mengatasi morning sickness, dan lain sebagainya.

Di situs tersebut, banyak informasi yang bisa ibu dapatkan mengenai kesehatan ibu hamil. Jadi, situs tersebut bisa ibu jadikan referensi yang bisa dipercaya selain sebagai tempat untuk melakukan konsultasi kehamilan secara online.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *