Rasa Tidak Nyaman Saat Awal Kehamilan Mudah Diatasi

program hamil

www.tokopedia.com

Hanya sedikit yang tidak merasakan keluhan ini. Kebanyakan wanita merasa tidak nyaman di awal kehamilan mereka. Apakah ibu juga merasakan hal yang sama?

Ini hal yang wajar. Sama seperti ketika seseorang tinggal di rumah yang baru. Semua aneh dan namun ia harus segera menyesuikan. Dalam proses penyesuaian diri inilah yang membuatnya merasa kurang nyaman. Pasti ada hal yang berbeda dengan rumah atau tempat tinggal yang lama.

Begitu juga saat ibu hamil muda. Pada saat itu, ada hal yang beda. Ibu mengandung janin yang usianya masih beberapa hari.

Namun, apa yang membuat ibu tidak nyaman?

Penyebab Rasa Tidak Nyaman Di Awal Kehamilan

Semuanya ada penyebabnya. Begitu juga dengan rasa tidak nyaman saat hamil muda. Setidaknya tiga hal berikut ini yang menjadi faktor penyebab ketidaknyamanan yang ibu alami

  1. Mood Swing

Ini istilah yang digunakan di dalam medis untuk menggambarkan bagaimana seorang ibu hamil muda mudah sekali marah. Mood swing sebenarnya artinya perasaan yang sering berubah-ubah. Ini lebih menunjukkan perasaan yang tidak stabil.

Itulah mengapa terkadang ibu hamil muda itu mudah tersinggung dan temperamental. Hal ini pula yang menyebabkan seorang wanita hamil muda merasa kurang nyaman. Rasa tidak nyaman ini bisa menjadi sebab dan juga akibat dari mood swing ini.

Pertanyaanya sekarang adalah mengapa wanita hamil muda mengalami mood swing? Para peneliti kesehatan menjelaskan bahwasannya hal ini disebabkan oleh perubahan hormon. Ibu harus tahu terjadi peningkatan produksi hormon di saat ada janin di dalam kandungan. Peningkatan produksi hormon inilah yang menyebabkan ibu mengalami mood swing.

Efek dari meningkatnya produksi hormon tidak hanya itu saja. Ada keluhan lain seperti sering mual dan muntah atau yang sering disebut dengan morning sickness, pusing, lesu, dan lain sebagainya.

  1. Flek

Flek ini berupa bercak darah yang menempel pada celana dalam. Bercak darah tersebut keluar karena dinding rahim mengalami pengelupasan ketika janin mulai menempal pada dinding rahim tersebut.

Ini hal yang biasa. Menjadi berbahaya jika flek terjadi dalam kurun waktu yang lama dan frekuensinya sering. Ibu tidak perlu khawatid dengan bercak darah ini ketika terjadi di minggu awal kehamilan saja. Dan bercak tersebut tidak secara terus menerus keluar.

Bagaimana pun juga, bercak yang keluar dari awal-awal kehamilan membuat ibu tidak nyaman. Sama ketika ibu sedang haid atau menstruasi. Ibu pasti merasa kurang nyaman karena saat beraktivitas keluar bercak darah.

  1. Perut Terasa Perih

Rasa perih pada bagian perut ini juga disebabkan oleh pengelupasan dinding rahin ketika janin mulai ada di dalam rahim. Ini yang disebut dengan endometrium. Prosesnya bisa lama tergantung kondisi rahim ibu. Jadi, ibu akan merasakan kram dan perih saat proses tersebut terjadi.

Apakah faktor penyebab munculnya rasa kurang nyaman bisa dihilangkan? Tenang saja. Ibu akan tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Menghilangkan Rasa Tidak Nyaman Saat Hamil Muda

Sebenarnya, tidak ada cara yang pasti yang 100% bisa menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut. Hanya saja, hal tersebut bisa dikurangi intensitasnya sehingga ibu tidak begitu merasa kurang nyaman. Apa saja yang perlu ibu lakukan?

  • Hindari Pemicunya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa faktor penyebab munculnya rasa tidak nyaman. Salah satunya perubahan hormonal yang menyebabkan mood swing. Perbuahan hormonal ini bisa ibu lewati dengan cara terus menjadi stamina dan kesehatan serta jangan lupa mengkonsumsi makanan yang bergizi. Ini membuat tubuh lebih cepat melakukan penyesuaian diri.

Untuk menghindari flek berkepanjangan, ibu bisa mengurangi aktivitas fisik yang berlebihan. Sayangnya, tidak ada yang bisa ibu lakukan untuk menghilangkan rasa perih karena proses peluruhan.

  • Minum Banyak Air Putih

Menurut ahli kesehatan ibu hamil, salah satu penyebab morning sickness adalah kurang minum air putih. Sementara itu, morning sickness sering menyebabkan seorang wanita merasa kurang nyaman ketika hamil muda. Jadi, mengkonsumsi banyak air putih tidak hanya membuat ibu terhindar dari morning sickenss, tapi juga menghilangkan rasa tidak nyaman.

  • Beraktifitas Fisik Ringan

Berolahraga saat hamil muda itu tidak larang asalkan olahraga tersebut ringan. Bahkan, olahraga seperti jalan sehat setiap pagi sangat dianjurkan untuk mengurangi rasa pegal-pegal yang muncul pada saat kehamilan. Ini pula yang menyebabkan seorang wanita hamil muda merasa tidak nyaman menjalani kegiatan setiap hari karena punggung terasa pegal-pegal. Ini juga pengaruh janin yang mulai tumbuh di dalam rahim.

  • Perhatikan Makanan

Boleh saja ibu makan apa saja asalkan sehat dan baik untuk ibu hamil. Namun, perhatikan porsinya ya. Sebaiknya jangan terlalu banyak makan karena ini yang membuat perut mual dan akhirnya ibu akan merasa kurang nyaman.

Memang ibu hamil memerlukan banyak nutrisi. Namun, pemenuhannya tidak dengan cara makan dengan porsi banyak, melainkan porsi kecil dengan frekuensi lebih banyak. Ibu bisa mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil lebih dari 3 kali setiap hari.

Semoga informasi singkat ini membuat ibu bisa menjalani masa awal kehamilan dengan mudah dan lancar. Jangan sampai rasa kurang nyaman membuat ibu merasa terbebani. Seharusnya ibu bahagia dengan ada janin di dalam kandungan, bukan? Untuk informasi lebih lengkap lagi seputar kehamilan, ibu bisa tanya dan konsultasi secara online dengan dokter kandungan di www.ibudanbalita.com.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *