Rekomendasi Makanan Bayi 4 Bulan Semua Orang Tua Wajib Tahu

makanan bayi 8 bulan

magazine.orami.co.id

Umur sepertiga tahun sebetulnya tak terbilang banyak. Hanya saja, beberapa bayi memang lebih cepat dewasa dibanding “teman” sebayanya. Inilah yang menyebabkan kenapa ada bayi yang minta hidangan di luar air susu ibu alias minta makanan bayi 4 bulan. Padahal, sebagian besar memilih makanan padat di usia minimal 6 bulan.

Standard tidak selalu berlaku pada semua anak. Beberapa orang memang terlahir sesuai jalurnya sendiri. Orang tua tidak seharusnya memaksa anak untuk selalu ikut rata-rata bila memang kemampuan makan si kecil melebihi sebagian besar bayi lainnya. Tenang, bukan berarti anak tidak normal, ada penjelasan dibalik keinginan makan lebih cepat dibanding bayi-bayi pada umumnya.

Adil tidak selalu berarti sama rata. Kerap kali adil berarti semua orang mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan walaupun sekilas terlihat berbeda. Sama halnya dengan kapasitas perut bayi. Tinggi dan berat badan setiap buah hati ayah bunda tentu variatif, jelas, asupan energi yang dibutuhkan akan berbeda satu sama lain.

Nasi

Menu makanan bayi sangat tabu meninggalkan nasi. Salah satu bahan makanan yang masuk anggota 4 sehat 5 sempurna ini telah menemani hidup penduduk Indonesia sejak jaman kerajaan. Apalagi, resep bubur tim seolah tak pernah bosan tersedia untuk memuaskan rasa lapar buah hati ayah bunda. Jangan salah sangka, karbohidrat dibalik nasi tidak selalu berdampak negatif.

Kinerja otak didorong oleh gula. Sedangkan, karbohidrat secara otomatis memberikan gula yang mampu bangkitkan sistem pikiran. Pada masa pertumbuhan, kenaikan berat badan seharusnya tidak masalah selama si kecil tersenyum sehat. Yang paling penting, energi si kecil tidak mampu imbangi aktivitas, karena dengan semangat membara, rasa capek kerap lamban disadari dan bisa berujung sakit.

Buah-buahan

Panas terik tanah air Indonesia bukan lagi sesuatu yang bisa diatasi dengan hanya komplain. Lambat laun siapapun penduduk negara tropis akan berusa menyesuaikan diri dengan suhu yang cukup tinggi sejak lahir. Namun, tuhan tidak sekejam itu, ciptaanNya berupa buah-buahan sengaja tersedia untuk meringankan beban ‘kepanasan’.

Kadar air dalam buah tergolong kaya dibanding jenis makanan lain. Tapi, kelebihan buah tidak hanya pada rasa segar di tenggorokan dan rasa manis yang memanjakan lidah. Justru, alasan kenapa buah wajib disediakan untuk si kecil adalah fakta bahwa kandungan dalam buah sangat beragam dengan fungsi yang beragam pula.

Vitamin penting penyusun tubuh seperti A, B, C, atau E banyak dicari guna pastikan perkembangan bayi selalu dalam kondisi optimal. Bangsa buah dikenal baik sebagai penyedia vitamin yang berguna untuk tubuh terutama di usia belia. Selalu pastikan di rumah tak pernah kosong buah walaupun sekedar apel sekalipun. Ingat, an apple per day keeps the doctor away (1 apel sehari menjauhkan dokter dari jangkauan).

Sayur mayur

Hijau, ungu gelap, kuning suram, dan warna-warna tak menarik perhatian lainnya biasa ditemukan pada sayur. Berbeda dengan buah yang kerap menunjukkan pesona ceria, sayur justru mengeluarkan aura terbalik. Rasa sayur yang super pahit dan pekat makin buat si kecil tak berselera. Jangan heran kalau orang dewasa saja ogah memakai sayur sebagai bahan utama hidangan.

Jangan menilai sesuatu dari luarnya. Ya, memang sayur mayur tak menggairahkan namun bukan berarti wajib dimusuhi. Kandungan dalam sayur sejatinya jauh lebih berguna dibanding buah-buahan. Bahkan beberapa sayur berhasil menunjukkan pesona nutrisi seperti magnesium, zat besi, fosfor, dan sebagainya jauh lebih baik dibanding buah.

High on sugar” merupakan kondisi dimana seorang anak terlalu bersemangat karena terlalu banyak makan gula.  Alasan kedua untuk makan sayur adalah tingginya kandungan nutrisi namun tidak disertai kadar manis (gula) yang menganggu. Bisa dibilang, kalau sukses membiasakan anak untuk makan sayur sejak dini, di masa mendatang tubuh sehat bukan lagi sekedar impian.

Protein

Komunitas olahragawan atau penggemar senam kebugaran kemungkinan menyenangi protein. Pasalnya, dengan protein yang cukup, akan lebih mudah untuk dapatkan otot dambaan. Minuman penuh protein laku keras di pasaran dengan harapan durasi olah tubuh jauh lebih lama sehingga target lebih mudah tercapai. Dibalik fenomena tersebut tersembunyi fungsi protein lain yang bisa tingkatkan kualitas perkembangan si kecil.

Tanggung jawab protein sebetulnya terletak pada pembentukan sel dan pembaharuan. Mengingat tubuh manusia ibarat teknik dotting pada lukisan, tentu tiap sel sangat berguna. Jangan sampai, hanya karena ayah bunda lengah, organ tubuh tak berfungsi dengan baik atau beragam kondisi tak diinginkan muncul.

Mitos muncul bisul kalau kebanyakan makan telur sepertinya perlu dikoreksi. Tidak ada yang mengatakan bisul muncul kala protein terlalu melimpah di tubuh itu salah, melainkan jumlah telur yang perlu ditinjau ulang. Telur pada dasarnya mudah buat perut kenyang, seandainya tubuh memilih makan telur hingga batas maksimal, paling hanya sampai beberapa butir saja. Sedangkan, penelitian menunjukkan untuk peroleh bisul, seseorang harus makan minimal dua puluh butir telur sehari.

Susu

Gizi dalam susu sapi umumnya hanya vitamin D dan kalsium. Padahal, di tengah tumbuh kembang bayi, daya tahan tubuh kadang jauh lebih penting dibanding pertumbuhan tulang. Inilah kenapa, air susu ibu masih belum bisa tergantikan. Keajaiban air susu bunda sebaiknya tak diberhentikan hingga usia minimal 6 bulan. Tetap puasakan dahaga buah hati melalui kegiatan menyusui, walaupun disertai pemberian makanan bayi 4 bulan yang telah direncanakan. (HN)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *