Rekomendasi Menu MPASI Bayi 6 Bulan Homemade Mudah Dan Bergizi

makanan pertama untuk bayi

Source: Kidspot

Menu MPASI bayi 6 bulan harus disajikan dengan cara yang tepat. Selain yang mengandung gizi tinggi, ketepatan menu ini juga diperlukan supaya bayi tidak kaget dengan MPASI yang Anda berikan.

Tujuan utama diberikannya MPASI adalah untuk mengenalkan jenis makanan lain selain ASI kepada si kecil. Hal ini dimaksudkan agar supaya si kecil akan terbiasa dengan menu makanan lain selain ASI.

Setelah sekian lama hanya ASI maupun susu formula sebagai sumber makanan utamanya, bayi perlu dikenalkan juga dengan jenis makanan lainnya. Pertanyaannya adalah seperti apa menu MPASI untuk bayi 6 bulan yang bisa mendukung tumbuh kembang bayi itu sendiri.

Resep Menu MPASI 6 Bulan Unik

Pada dasarnya, pengenalan rasa yang lebih bervareasi bisa menjadikan Bunda lebih paham makanan apa yang si kecil sukai maupun tidak. Selain itu, pengenalan berbagai rasa ini juga dimaksudkan supaya bayi tidak memilih-milih makanan lantaran sudah terbiasa dengan rasa yang itu-itu saja.

Contohnya saja pada saat mengenalkan sayur bisa Bunda akali juga dengan penambahan sedikit rasa asam dari lemon. Jadi vareasi rasa yang berbeda seperti ini sangat bagus untuk mempercepat bayi beradaptasi dengan berbagai jenis rasa makanan yang ada.

Misalnya saja dengan membuat menu MPASI bayi umur 6 bulan berbahan brokoli, buncis, dan lemon. Apalagi cara membuatnya juga terbilang sangat mudah. Dan dijamin Bunda pasti bisa membuatnya.

Bunda hanya perlu menghaluskan 3 kuntum brokoli tanpa batang dan juga 3 buah buncis dengan menggunakan blender. Kemudian saring lalu tuangkan ke dalam mangkuk. Jangan lupa tambahkan ½ sdt lemon atau secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata lalu sajikan.

Resep Menu MPASI Bayi 6 Bulan Mudah dan Simpel

Sebenarnya banyak sekali jenis menu MPASI bayi usia 6 bulan yang mudah dan simpel. Tentunya menu MPASI ini sangat cocok bagi Bunda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkannya.

Apalagi bahan santan yang dipakai untuk membuat menu MPASI ini sangat cocok untuk bayi yang memang sedang dalam proses menaikkan berat badan. Memangnya bagaimana cara membuatnya? Dan bahan apa saja yang dibutuhkan?

Kukus 1 buah apel yang sebelumnya sudah dikupas dan dipotong berbentuk dadu. Setelah itu hancurkan apel yang sebelumnya sudah ditambahkan 50 ml santan kental dengan menggunakan blender sampai lembut lalu sajikan.

Resep Menu MPASI 6 Bulan dari Mangga dan Pisang

Untuk menu MPASI untuk bayi umur 6 bulan sebaiknya dimulai dengan aneka jenis buah-buahan yang dihaluskan. Hal seperti ini dulakukan supaya bayi mengenal rasa buah asli tanpa tambahan rasa lain seperti halnya garam maupun gula.

Selain itu, umumnya bayi lebih suka dengan rasa manis, sehingga penggunaan buah untuk MPASI ini dirasa sangat tepat. Untuk kombinasinya, Bunda bisa memilih ASI maupun susu formula.

Untuk membuatnya, mulailah dengan menghaluskan 50 gram daging mangga manis dan 50 gram pisang dengan blender lalu saring dan tuangkan ke dalam mangkuk. Setelah itu Bunda bisa menambahkan 100 ml ASI maupun susu formula secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata lalu sajikan.

Resep Menu MPASI 6 Bulan Kombinasi Buah dan Sayur

Menu MPASI untuk bayi usia 6 bulan selain yang terbuat dari buah-buahan, Bunda sebaiknya juga mengenalkannya dengan sayur-sayuran sehat sehingga akan terbiasa ketika dewasa nanti.

Untuk jenis sayuran pertama, Bunda bisa mengenalkannya dengan wortel dikarenakan memiliki rasa yang manis. Apalagi wortel ini kaya akan kandungan vitamin A di dalamnya.

Wortel ini bisa Bunda kombinasikan dengan kabocha, yaitu sejenis labu berasal dari Jepang. Rasa dari kabocha yang manis dan juga lembut tentunya akan sanga cocok dikombinasikan dengan wortel guna menghilangkan rasa getirnya.

Untuk membuatnya, Bunda bisa mengawalinya dengan mengambil daging kabocha terlebih dahulu sebanyak 50 gram. Dan sediakan juga wortel yang sebelumnya sudah dikerok sebanyak 75 gram.

Setelah itu kukus selama kurang lebih 10 menit lalu haluskan dengan menggunakan blender. Kemudian tambahkan kurang lebih 20 ml air hangat atau secukupnya sesuai dengan selera dan sajikan.

Resep MPASI Bayi 6 Bulan Sehat dan Praktis

Ingin membuat MPASI bayi 6 bulan yang sehat dan praktis, Bunda bisa memanfaatkan labu kuning. Apalagi secara kandungan gizi, labu kuning ini dikenal sangat kaya akan kandungan karbohidrat, vitamin, serta mineral penting guna mendukung tumbuh kembang bayi.

Cara membuatnya Bunda bisa mengawalinya dengan mengupas labu kuning terlebih dahulu. Setelah itu buang bijinya lalu ambil dagingnya sebanyak 40 gram kemudian potong menyerupai dadu.

Kemudian kupas kentang dan ambil dagingnya sebanyak kurang lebih 10 gram dan potong menyerupai dadu.

Lanjutkan dengan mengkukus labu kining, kentang, dan jagung yang sebelumnya sudah dibuang kulit arinya selama kurang lebih 15 menit atau sampai bahan-bahan tersebut matang.

Kemudian sisihkan labu dan kentang. Ambil jagung sebanyak kurang lebih 75 gram, haluskan dengan menggunakan blender lalu saring dan ambil airnya. Lanjutkan dengan menghancurkan labu dan kentang tadi sampai lembut kemudian tambahkan santan jagung dan aduk sampai rata.

Supaya rasanya lebih nikmat, tambahkan ASI atau susu formula sampai mencapai kekentalan yang diinginkan. Kemudian MPASI bayi usia 6 bulan yang satu ini sudah siap disajikan.

Demikianlah beberapa rekomendasi resep MPASI sehat dan bergizi yang bisa Bunda pilih. Sebenarnya membuat menu MPASI bayi 6 bulan ini sangat mudah dan tidak sulit dilakukan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *