Resep Bubur Bayi 6 bulan Sederhana

bubur bayi 6 bulan

Source: 365Barrington

Menyiapkan bubur bayi 6 bulan dengan rempong tentu bukan hal baru lagi. Nah, ditambah lagi masalahnya, terkadang makanan bayi seolah menuntut kocek yang dalam. Keinginan adanya makanan murah dan mudah dimasak pasti pernah muncul di kepala ayah dan bunda. Sebenarnya bukan tidak mungkin, lho, menemukan makanan yang mudah masak nan murah. 2 bahan lokal yakni kentang dan pisang bisa saja diolah menjadi bubur kesenangan bayi.

Tidak perlu memenangkan master chef untuk menyiapkan bubur bayi 6 bulan super mudah berikut ini :

  1. Bubur kentang tumbuk

    Kentang, seolah bukan anggota bahan masakan baru lagi. Tekstur kentang yang fleksibel membuat sayuran satu ini semakin diminati banyak koki. Dunia kuliner seolah menjadikan kentang sebagai bahan yang cukup populer, baik sebagai bintang utama atau sebagai fondasi saja. Harganya yang murah tentu mencukupi kantong keluarga tanpa ada rasa memberatkan. Orang dewasa saja banyak yang menggilai kentang, bayi juga bisa lebih mudah menyukai sayuran bulat berwarna coklat satu ini. Ditambah lagi, kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada kentang tentu sangat membantu pertumbuhan malaikat kecil ayah bunda. Sekarang, bagaimana cara pintar mengolah kentang.

    Bubur kentang tumbuk sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kentang yang tidak tumbuk hanya versi yang lebih halus. Kentang pada dasarnya memiliki tekstur sedikit creamy dan dengan memasak dengan tepat, hidangan satu ini bisa membuat si kecil semakin cinta mengunyah dan melahap makanan buatan bunda atau ayah. Bahan yang dibutuhkan tidak susah dicari yakni 2 kentang matang. Jangan lupa membersihkan mata kentang karena bagian satu itu kurang favorit pada lidah. Cuci sampai bersih kedua kentang yang akan diolah lalu potong kecil kecil. Alat utama yang akan digunakan tentu saja pemanggang, jadi panaskan panggangan hingga mencapai suhu 180 derajat.

    Meski kentang terlihat lembek, sebenarnya, bagian dalam sayuran satu ini tidak selemah yang dikira. Bagian dalam lebih lama matang dibanding bagian luar, sehingga memasak kentang sedikit butuh kesabaran. Lubangi area sekeliling kentang dengan menusukkan garpu. Tentu saja jangan terlalu lebar, cukup lubang tipis saja namun tersebar dibanding satu lubang besar namun hanya di satu tempat. Kurang lebih empat puluh lima menit, kentang harus dimasak dalam oven, anda bisa melihat kentang akan mengkerut jelek dengan warna yang makin kusam. Tanda kentang sudah benar – benar matang adalah, anda bisa menusukkan garpu ke dalamnya tanpa perlu tenaga berlebih.

    Tentu saja, tidak disarankan menghidangkan kentang mentah – mentah pada bayi. Gigi bayi dan tangannya yang kecil belum mampu melahap kentang bulat – bulat. Langkah selanjutnya adalah memastikan kentang dalam kondisi kulit yang sudah diiris bersih. Tidak perlu mengupas kulit kentang dalam keadaan panas, tunggu saja sampai kentang cukup dingin baru singkirkan kulitnya. Masukkan kentang yang sudah ‘telanjang’ tanpa kulit ke dalam blender dan giring sampai halus. Bunda dan ayah tentu lebih hapal dengan selera si kecil, jika dirasa bubur kentang sudah cukup halus, anda bisa langsung menghidangkan pada si kecil. Kehebatan lain dari bubur ini dari segi memasak adalah jika memang panggangan terlalu mahal dan lama, microwave bisa dimanfaatkan sebagai pengganti.
  2. Pisang bubur si jagoan
    Tidak lengkap rasanya kalau koleksi buah – buahan tidak memasukkan pisang sebagai salah satu bahan. Ya, memang pisang telah menjadi salah satu buah yang cukup populer, terutama pada kalangan orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebelum menjadi trend pisang sendiri telah banyak dikonsumsi warga Indonesia karena selain mudah didapat dengan harga murah meriah, rasanya juga cukup ‘ajib’. Tektur pisang terbilang unik, padat namun seolah meleleh di dalam mulut. Pisang yang tahan banting bisa dicampurkan dalam berbagai adonan. Mulai dari campuran untuk roti, kue, sampai dengan gorengan, pisang mampu menghadapinya. Lantas apa resep bubur bayi 6 bulan menggunakan pisang ?

    Diam – diam, pisang ternyata memiliki potensi menjadi sahabat bayi, bahkan dengan mengolah lebih lanjut, cita rasa pisang semakin meningkat. Diantara semua bubur, pisang sebenarnya paling gampang diolah dan berkemungkinan disukai cukup besar. Jenis pisang yang digunakan juga tergantung pada selera, tidak ada pisang khusus yang digunakan selama dalam kondisi matang. Pisang yang keras umumnya masih pahit sehingga tidak disukai bayi. Sedangkan alat kedua yang dibutuhkan berupa sendok atau garpu. Beberapa orang menggunakan pengocok telur, manapun itu tidak masalah. Langkah pertama tentu saja, mengupas kulit pisang, lalu hancurkan daging pisang tersebut. Pastikan pisang telah berubah menjadi tekstur yang tidak perlu lagi dikunyah. Barulah kemudian bunda bisa menambahkan susu formula atau air susu ibu untuk membuat bayi merasa tidak asing dengan bubur pisang. Jika bayi menyukai pisang apa adanya, maka air susu ibu atau susu formula tidak lagi diperlukan.

Bagaimana? Kedua resep diatas sepertinya masuk akal untuk dipraktekkan. Bunda dan ayah bisa langsung menyesuaikan bahan seperti apa dan seberapa banyak porsi untuk malaikat kecil. Merubah takaran yang sudah tertera juga sebenarnya tidak masalah. Toh, masing – masing anak memiliki selera makan yang berbeda – beda pula. Kalau seandainya bunda maupun ayah kesulitan menemukan waktu untuk memasak manual jangan khawatir. Di pasaran sudah banyak tersedia bubur bayi 6 bulan yang mampu melengkapi gizi anak dengan mudah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *