resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi bermodal apel

Apel, bahan yang tidak asing di telinga dengan beragam gizi yang bermanfaat bagi malaikat kecil anda. resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi kali ini menggunakan apel sebagai bintang resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi nan mudah. Seperti apakah resepnya ?

  1. Apel panggang

Bahan yang anda butuhkan hanya apel dan mentega. Jumlah apel yang anda gunakan pun sesuai selera dan kebutuhan anda sedangkan untuk mentega setidaknya sediakan maksimal 1 sendok makan, karena bayi masih belum membutuhkan banyak mentega dalam daftar menunya.

Pertama tama potong dulu tangkai apel, dan biji bijian apel namun jangan hilangkan kulit apel, karena apabila apel sudah masuk panggangan, justru kulit apel yang melindungi cita rasa apel. Tanpa kulit apel, nanti hasil akhir masakan ini bukan apel panggang tapi apel lembek.

Kemudian oleskan sedikit mentega pada apel, pastikan pula anda pernah memberi mentega pada bayi dan bayi tidak mengalami masalah seperti diare baru taruh apel di alas pemanggang  yang sudah diisi oleh air sekitar satu sampai 2 inci dalamnya, untuk menjaga kesegaran apel sehingga tidak terasa terlalu kering.

Panggang di suhu 400 derajat selama 30 menit atau sampai anda merasa apel cukup empuk. Selama proses pemanggangan terus cek kadar air. Tanpa air tersebut rasa apel akan sangat kering dan bukannya membagiakan si kecil malah bisa jadi kita menyiksa si kecil dengan rasa apel yang tidak enak. Anda bisa memilih untuk menghilangkan kulitnya atau memotong apel yang sudah matang menjadi potongan kecil yang bisa langsung dinikmati bayi, atau anda bisa menghancurkan apel tersebut dengan cara ditumbuk dan diblender.

  1. Bubur apel

Bubur apel adalah salah satu cara paling mudah, cepat, dan nikmat untuk dikonsumsi malaikat kecil anda. Tentu saja yang anda butuhkan sebagai bahan dasar adalah apel dan hanya apel sebagai dasar.

Pertama, untuk menghaluskan atau membuat apel menjadi empuk. Anda harus memotong, menghilangkan biji apel, dan kulitnya sehingga apel berubah menjadi kotak kotak kecil yang muat dimasukkan dalam panci beserta air, tentu saja memasukkan buah apel langsung hanya membuat proses pengempukan menjadi lama. Jika sudah siap di dalam panci, rebus apel tersebut dengan air, tidak perlu air mengenang hingga ke permukaan panci yang penting semua potongan apel terkena air meski hanya sedikit. Tunggu hingga mendidih sambil mengaduk aduk apel. Dengan diaduk aduk anda sebenarnya telah membantu mempercepat proses pertama.

Jika apel sudah matang, jangan buru buru membuang air rebusan. Karena air rebusan sudah cukup ‘tertular’ rasa apel, maka air inilah yang akan kita gunakan untuk membuat bubur apel. Anda bisa menggunakan blender atau tumbuk agar apel berubah tekstur menjadi bubur. Cara mana saja yang anda gunakan adalah hak anda pribadi, asalkan anda merasa nyaman. Air rebusan tadi digunakan untuk membuat struktur hidangan menjadi lebih lembut. Apabila anda terlalu banyak memberi air hingga apel tidak lagi seperti bubur namun malah seperti jus, anda bisa menambahkan sereal untuk memperbaiki struktur tersebut. Kayu manis sebagai penambah rasa bukan ide yang buruk tapi anda harus tetap berkonsultasi ke dokter karena beberapa bayi mengalami alergi dari kayu manis.

  1. Saus apel

Saus apel harusnya resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi termudah namun sering kali tidak hanya bayi yang suka dengan saus apel namun orang dewasa juga bisa jadi menggilai saus apel karena memang selain mudah dikonsumsi, enak dipadukan dengan apa saja, dan mengenyangkan. Jadi, resep satu ini sebenarnya bisa digunakan tidak hanya untuk bayi 6 bulan saja.

Bahan yang anda perlukan pun cukup mudah, anda butuh ½ cangkir air, dan 5 apel berukuran sedang. Alangkah lezatnya jika anda bisa memadu padankan apel untuk resep satu ini. Seperti yang anda tahu ada beragam jenis apel dengan rasa yang bermacam macam, mulai dari manis hingga asam. Saus apel yang lezat sebenarnya terdiri dari gabungan beragam rasa jenis apel. Tapi kalaupun anda tidak bisa pun tidak apa apa.

Pertama tama, anda perlu menghilangkan kulit apel, beserta biji biji apel dan tangkai apel. Kemudian letakkan apel apel tersebut diatas papan pemotongan untuk dipotong menjadi bagian bagian kecil. Jika si kecil memang tidak alergi kayu manis atau vanilla anda bisa menambahkan keduanya pada potongan apel sebelum proses memasak. Agar rasa saus apel nantinya lebih oke.

Jika sudah, masukkan potongan potongan apel tadi ke dalam panci atau panci saus jika anda punya, dengan ditambah air tentunya agar apel tidak kering. Rebus apel layaknya saat anda membuat selai buah. Karena nyaris sama dengan selai anda jangan buru buru merebus apel namun pelan pelan saja. Perlahan tingkatkan panas dan apabila sudah mendidih turunkan sedikit panasnya.

Aduk aduk hingga apel terlihat ‘lembek’ tapi belum selembek saus. Anda harus bisa membedakan karena jika sudah bertekstur seperti saus saat direbus, sebenarnya saus apel anda sudah gosong alias anda gagal. Tumbuk lembut apel hingga benar benar hancur sambil diaduk aduk dalam air sehingga terlihat seperti saus.

Ketiga resep diatas kembali lagi pada selera bunda dan bayi. Selamat mencoba resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi berbahan apel !

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *