Resiko Berbahaya Akibat Kelebihan Nutrisi Pada Bayi

Masalah Akibat Kelebihan Nutrisi Pada Bayi

Source: kidspot.com.au

Setelah mengetahui informasi pentingnya memberikan gizi seimbang pada balita ini, diharapkan ibu benar-benar selektif dalam memberikan menu makanan untuk si kecil. Apalagi jika ibu ingin sekali melihat tumbuh kembang balita optimal. Tentunya ia harus selalu sehat. Ia tidak boleh mudah sakit.

Setiap orang tua harus memahami betul bagaimana cara menjaga kesehatan balita. Ini tidak hanya bisa dilakukan dengan cara memberikan makanan yang sehat dan menjamin bawasannya lingkungan tempat tinggal bersih. Yang tak kalah penting lagi adalah memastikan kebutuhan gizi balita seimbang. Hal ini disebabkan keluhan kesehatan yang dialami oleh balita ternyata tidak hanya dikarenakan bakteri, virus, atau kuman. Lebih dari itu, keluhan kesehatan juga bisa disebabkan oleh kelebihan gizi tertentu.

Berikut ini beberapa penjelasan sebagai contoh.

Kelebihan Protein

Ibu pasti tahu protein sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang balita. Protein juga sangat berperan untuk perkembangan otak anak. Namun, siapa sangka jika ternyata protein juga bisa mengakibatkan malapetaka. Kelebihan protein bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada balita seperti berat badan di atas angka normal, kolesterol tinggi, dan resiko hati dan otak rusak. Belum lagi masalah yang lebih parah lainnya lagi seperti dehidrasi dan juga rusaknya ginjal. Jadi, ibu tahu kan pentingnya menjaga nutrisi seimbang pada balita?

Kelebihan Kalsium

Setiap orang tua pasti ingin sekali melihat balita tumbu tinggi. Dan ini bisa didapatkan jika si kecil mendapatkan asupan gizi berupa kalsium. Inilah yang berperan dalam pertumbuhan tulang.

Namun, memberikan makanan dengan asupan kalsium yang terlalu banyak juga bukan cara yang tepat agar balita tumbuh tinggi. Justru kalsium yang berlebihan akan membuat anak mengalami masalah kesehatan seperti susah buang air besar, batu ginjal, serta kanker prostat. Ibu tidak mau si kecil mengalami hal tersebut, bukan?

Kelebihan Vitamin A

Seperti halnya protein dan juga kalsium, vitamin A merupakan nutrisi untuk balita yang sangat penting. Vitamin A akan menjaga kesehatan mata. Akan tetapi, kelebihan vitamin A akan membuat balita mengalami sakit kepala, mulas, dan iritasi. Bahkan, kelebihan vitamin A justru akan mengakibatkan masalah penglihatan.

Menurut ahli kesehatan, ada beberapa masalah kronis lainnya yang disebabkan oleh kelebihan vitamin A di antaranya mulut kering, anoreksia, serta nyeri pada bagian tulang. Agar anak ibu tidak mengalami hal buruk tersebut, sebaiknya ibu harus pastikan balita mendapatkan asupan vitamin A tidak berlebihan.

Itu hanya dilihat dari tiga macam nutrisi balita saja. Belum nutrisi lainnya. Yang pasti, memberikan nutrisi seimbang akan membuat balita terhindar dari penyakit sehingga tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal. Lalu, bagaimana cara agar memastikan agar balita mendapatkan gizi yang seimbang? Pertama-tama, ibu harus memberikan menu makanan yang variatif. Dengan demikian, balita tidak hanya mendapatkan gizi yang sama dari makanan yang sama. Selain itu, ibu perlu memberikan susu Frisian Flag. Ini adalah susu balita terbaik yang akan memastikan kebutuhan nutrisi harian balita terpenuhi dalam kadar yang seimbang. Dengan demikian, ibu tidak perlu lagi mengkhawatirkan balita ibu kekurangan salah satu gizi untuk tumbuh kembangnya.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu lebih tahu bagaimana cara menjaga kesehatan balita. Yang pasti, kesehatan balita tidak hanya terganggu jika badan diserang bakteri, virus, atau kuman. Menjaga kesehatan harus juga dilakukan dengan cara memastikan gizi seimbang pada balita, tidak boleh lebih ataupun kurang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *