Sebentar Lagi Musim Hujan, Begini Cara Menjaga Kesehatan Anak Yang Tepat

perkembangan bayi 3 bulan

www.ibudanbalita.com

Ibu masih ingat betapa kasihannya si kecil saat sakit. Ini paling sering terjadi saat musim hujan tiba. Pasti ibu tidak ingin hal tersebut terjadi lagi, bukan? Maka dari itu, ibu harus tahu cara menjaga kesehatan anak yang paling efektif lagi. Jangan sampai musim hujan sudah tiba dan si kecil sakit-sakitan. Apalagi jika ia sudah mulai sekolah. Perlindungan harus lebih ekstra sehingga ibu tidak perlu khawatir jika suatu saat anak kehujanan saat pulang dari sekolah.

Lalu, apa yang perlu ibu lakukan? Banyak tips yang bisa ibu terapkan untuk menjaga kesehatan anak. Akan tetapi, diperlukan cara yang efektif, bukan? Berikut ini tips yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan anak.

3 Hal Yang Sering Terlupakan

Ibu pasti sudah tahu banyak bagaimana cara menjaga kesehatan sang buah hati ketika musim hujan tiba. Saat musim hujan, ibu mulai mengambil jas hujan yang selama ini disimpan di gudang. Jas hujan harus ada di tas sekolah anak. Begitu dengan baju-baju hangat. Bagi ibu yang tinggal di daerah yang panas, baju hangat hanya dipakai saat musim hujan saja. Dan banyak lagi hal lain pasti ibu persiapkan agar mencegah anak terkena flu, demam, atau pilek saat musim hujan tiba.

Sayangnya, ada 3 hal yang banyak orang tua lupa. Mungkin, ibu juga lupa dengan 3 hal berikut ini.

  1. Minum Air Putih

Lho kok bisa? Ya bisa saja. Ternyata, seseorang mudah sekali dehidrasi saat musim hujan. Terdengar tidak masuk akal, bukan?

Memang dehidrasi itu sering dialami ketika orang kepanasan. Namun, dehidrasi juga bisa terjadi ketika musim hujan lho. Apalagi anak-anak. Mereka cenderung tidak merasa haus ketika beraktivitas di musim hujan. Mulut memang tidak merasa haus namun tubuh membutuhkan cairan. Maka dari itu, banyak orang yang terkena penyakit lantaran tubuhnya dehidrasi tapi mereka tidak merasakan bahwasannya mereka mengalami dehidrasi.

Oleh sebab itu, ibu harus menjelaskan hal ini kepada sang buah hati. Bawakan air minum yang banyak. Ini sebagai cara untuk menjaga kesehatan anak saat musim hujan tiba.

Jika masalahnya adalah dehidrasi, sebenarnya hal ini bisa dicegah dengan banyak cara. Bukan hanya minum air putih saja. Ibu bisa bawakan buah-buahan, memasak sauyuran, dan makanan yang mengandung air. Namun, tetap saja mengkonsumsi air putih menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.

  1. Hati-Hati Dengan Gigitan Nyamuk

Seperti yang ibu ketahui, saat musim hujan tiba, nyamuk mudah berkembang biak. Hal ini disebabkan banyaknya tempat yang tergenang air. Inilah yang membuat para ahli kesehatan menyarankan agar tidak ada banyak tempat yang tergenang air hujan di sekitar rumah. Pasalnya, di tempat itulah, jentik nyamuk bertempat tinggal kemudian menjadi nyamuk yang bisa menggigit anak. Akhirnya, anak akan sakit.

Selain pencegahan, ada juga hal lain yang perlu ibu perhatikan. Bagaimana jika anak sudah terlanjur digigit nyamuk? Jangan anggap sepele. Bukan tidak mungkin nyamuk tersebut adalah nyamuk Aedes Aegypti. Maka dari itu, ketika muncul bekas gigitan nyamuk, segera oleskan minyak kayu putih pada bagian tersebut.

  1. Booster

Apa itu booster? Dalam dunia kesehatan, ini disebut juga dengan produk yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini sangat menentukan bagaimana kesehatan anak terjaga. Maka dari itu, ibu tidak boleh lupa untuk menerapkan tips menjaga kesehatan anak yang satu ini.

Dalam hal ini, banyak sekali produk yang bertujuan sebagai booster untuk meningkatkan sistem imun anak. Ada yang berbentuk sirup. Namun, yang paling enak adalah produk berupa susu. Susu Friso Gold 3 bisa ibu jadikan sebagai booster yang pasti disukai oleh anak. Pasalnya, susu ini rasanya sangat enak. Nilai gizinya tidak perlu diragukan lagi. Inilah yang membuat tubuh anak tetap sehat meskipun cuaca tidak begitu bagus.

Mana yang ibu sering lupa lakukan? Beruntung sekali jika ibu sudah melakukan tiga hal tersebut. Ibu hanya perlu ingat lagi. Musim hujan hampir tiba. Maka ibu harus melakukan persiapan.

Bermain Hujan-Hujanan Tidak Membuat Anak Sakit

Cukup disayangkan ketika banyak orang tua yang masih menganggap bermain hujan-hujanan itu bisa membuat anak sakit. Apakah ibu juga memiliki anggapan yang sama?

Coba ibu ingat kembali waktu ibu masih kecil. Justru banyak anak-anak yang bermain hujan. Ada yang pulang sekolah kehujanan. Apakah mereka mudah sakit? Ternyata tidak semua sakit. Justru itu hal yang menyenangkan untuk dilakukan oleh anak-anak.

Lalu, apakah itu artinya ibu biarkan saja anak bermain hujan-hujanan? Tentu saja tidak demikian. Yang pasti, harus diluruskan dulu anggapan yang salah tentang bermain hujan itu penyebab sakit. Sebenarnya, ibu tidak perlu khawatir ketika anak suka hujan-hujanan. Yang perlu ibu lakukan hanya mengawasi. Jangan sampai anak bermain hujan-hujanan di tempat yang kotor dan penuh dengan bakteri. Inilah yang sebenarnya menyebabkan penyakit.

Selain itu, batasi juga waktu bermain hujan-hujanan. Jika ibu merasa anak sudah terlalu lama bermain hujan, mintalah untuk segera berhenti. Lalu, siapkan hidangan makanan yang hangat dan baju hangat. Akan lebih baik juga jika ibu siapkan segelas susu hangat.

Sekarang ibu sudah tahu kan apa yang perlu dan tidak perlu ibu lakukan untuk menjaga kesehatan anak? Yang terpenting, ibu harus tahu kapan ketika kondisi kesehatan anak mulai menurun sehingga ibu perlu melakukan antisipasi agar ia tidak sakit.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *