Senam Kegel Tidak Hanya Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

senam ibu hamil 9 bulan

Image Source: Women Fitness

Sering kali senam kegel itu dihubungkan dengan kesehatan ibu hamil. Seolah-olah ini merupakan senam yang hanya dilakukan saat hamil saja.

Padalah tidak demikian. Senam kegel ini juga bagus dilakukan ketika seorang wanita tidak sedang hamil. Bahkan, ibu yang baru saja melahirkan disarankan untuk melakukan kegiatan yang satu ini.

Apakah senam kegel ini hanya untuk kaum hawa? Ternyata juga tidak. Memang senam yang satu ini konotasinya hanya untuk para wanita atau lebih khusus lagi wanita hamil. Pada kenyataannya, ini juga bagus dilakukan oleh seorang pria.

Lalu, sebenarnya apa manfaat dari senam kegel ini?

Memang untuk ibu hamil, ada manfaat khusus untuk menjaga kesehatan kehamilan. Sementara itu, ada manfaat secara umum yang bisa dirasakan oleh siapapun yang mau rutin melaksanakannya.

Manfaat Utama Senam Kegel

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, semua orang, apakah itu wanita, sedang hamil atau tidak atau pun pria boleh melakukan senam kegel ini. Hal ini disebabkan manfaat senam kegel ini bagus untuk siapapun.

Ibu bisa lihat saja dari gerakan-gerakan yang harus dilakukan saat melakukan senam. Ternyata, gerakan tersebut ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bagian bawah yang semakin melemah. Ini sangat alamiah ketika otot panggul bawah melemah karena usia. Maka dari itu, otot tersebut harus dilatih dengan cara melakukan senam kegel.

Untuk apa otot bagian tersebut dilatih? Banyak sekali manfaatnya. Di antaranya agar seseorang bisa dengan mudah mengontrol buang air kecil. Ada lho bu orang yang tiba-tiba buang air kecil ketika batuk kecil. Ini pertanda adanya masalah pada bagian otot panggul bawah.

Selain itu, dengan memperkuat otot panggul bawah, kondisi usus besar terus bisa diperbaiki. Bukan tidak mungkin jika ibu rutin melakukan senam kegel, nafsu makan ibu membaik. Sistem pencernaan bagus sehingga ibu bisa terhindar dari segela jenis masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Jadi, untuk siapa senam kegel? Apakah hanya untuk ibu hamil saja? Jelas tidak, bukan?

Memang ibu hamil sangat disarankan melakukan senam ini selain juga melakukan aktivatas olahraga lain seperti yoga dan juga senam kehamilan. Ada manfaat khusus untuk menjaga kesehatan saat hamil. Apa saja itu?

  • Mengencangkan Otot Di Bawah Rahim

Otot inilah yang akan mampu menopang berat janin yang semakin hari semakin bertambah.

  • Memperkuat Otot Panggul

Ini penting sekali apalagi ibu ingin sekali melakukan persalinan secara normal. Dengan melakukan senam kegel,otot panggul semakin kuat dan elastisitasnya terjaga. Dengan demikian, ibu akan lebih mudah dalam melakukan persalinan secara normal nanti.

Itulah beberapa hal yang bisa ibu pelajari mengenai senam kegel. Lalu, bagaimana cara aman melakukan gerakan senam kegel saat hamil?

Cara Melakukan Senam Kegel Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Tentu sedikit berbeda antara gerakan senam kegel bagi seseorang yang tidak sedang hamil dengan ibu hamil. Gerakan yang berisiko menciderai tidak perlu dilakukan.

Ada beberapa gerakan senam kegel yang bisa ibu lakukan sendiri di rumah.

  • Kontraksikan Otot Panggul

Bagaimana caranya? Ini sama seperti ketika ibu menahan ingin buang air kecil. Jadi, bayangkan ibu ingin sekali buang air kecil namun ibu tahan. Itulah cara mengkontrasikan otot panggul.

Dalam melakukan ini, pastikan hanya otot panggul saja yang menegang. Jangan biarkan otot lain seperti punggung, perut, paha, serta bokong ikut menegang. Ibu harus bernafas seperti biasa. Jangan menahan nafas.

  • Lakukan Hingga 4 Menit

Untuk ibu hamil, lakukan kontraksi otot panggul tersebut selama kurang lebih 4 menit. Kemudian, istirahat 4 menit dan lakukan lagi berulang-ulang kali.

Gerakan tersebut sangat sederhana tapi manfaat untuk kesehatan ibu hamil sangat luar biasa.

Sebelum Senam Kegel

Seperti halnya senam atau olahraga lainnya, ada hal yang perlu dilakukan sebelumnya. Dalam hal ini, ibu harus tahu otot panggul yang mana yang akan dilatih.

Untuk mengetahui hal tersebut, ada beberapa hal yang harus ibu lakukan.

Yang pertama, ibu harus buang air kecil. Namun, jangan gunakan closet duduk melainkan closet jongkok. Ambil posisi jongkok lalu keluarkan air seni sedikit saja. Kemudian, tahan sebentar. Di saat itulah ibu akan merasakan otot panggul mengalami kontraksi.

Yang kedua, keluarkan air seni dengan kuat.

Sekarang, ibu sudah tahu otot panggul itu posisinya di mana. Dan ibu siap untuk melatih otot panggul dengan cara melakukan senam kegel.

Terlepas dari hal tersebut, tetap saja ibu tidak boleh sering menahan buang air besar. Jadi, meskipun kandung kemih sudah sehat lantaran ibu sering melakukan senam kegel, ibu tetap harus menghindari menahan buang air kecil. Ini hal sepele namun berakibat fatal untuk kandung kemih dan juga otot panggul.

Dan sebenarnya banyak hal lain yang perlu dilakukan untuk memastikan kehamilan sehat. Ibu bisa baca artikel seputar ibu hamil di www.friso.co.id. Atau ibu bisa memanfaatkan fasilitas konsultasi gratis secara online. Daftarkan diri dan manfaatkan semua fasilitas yang ditawarkan di situs tersebut.

Dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat serta minum susu Friso Gold Mom. Hanya dengan menjaga asupan gizi setiap hari kesehatan ibu selalu terjaga. Sementara itu, kegiatan lain seperti halnya melakukan senam kegel menjadi cara tambahanuntuk  memastikan kesehatan ibu hamil selalu terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *