Setelah Tahu Hal Ini, Suami Pasti Akan Mematikan Rokok Ketika Istri Hamil

Friso

www.friso.co.id

Bisa saja seorang ibu hamil menghindari rokok. Namun, sulit untuk terhindar dari polusi udara akibat asap rokok. Meskipun kampanye sudah digalakkan, tetap saja kesadaran akan bahaya asap rokok bagi ibu hamil dan perkembangan janin belum tertanam.

Setidaknya asap rokok tidak ada di dalam lingkungan rumah. Para suami yang kebetulan perokok seharusnya tahu apa hal yang paling berbahaya akibat asap rokok ini.

Setelah mengetahui hal yang paling berbahaya berikut ini, mungkin para suami tidak akan merokok di dalam rumah ketika istri sedang hamil atau bahkan mereka berhenti merokok.

3 Hal yang Paling Berbahaya Akibat Asap Rokok Bagi Bayi

Tidak hanya merugikan bagi bayi yang sedang ada di dalam kandungan, tapi juga merugikan suami yang merokok itu sendiri. Karena ia harus bersiap untuk menggelontorkan uang dalam jumlah yang banyak akibat kondisi kesehatan bayi yang buruk ketika lahir nanti.

  • Anak Mengalami Keterbelakangan Mental

Memang asap rokok tidak menjadi faktor utama di mana seorang anak lahir dengan kondisi yang tidak normal, yaitu mengalami keterbelakangan mental. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bawasannya jika seorang ibu hamil sering menghirup udara yang penuh dengan asap rokok, maka resiko bayi mengalami masalah dengan mentalnya sangat tinggi.

Belajar dari orang Yahudi. Bagi mereka, merokok merupakan hal yang tabu. Bahkan, mereka memiliki kesadaran kolektif untuk menjaga predikat kaum mereka sebagai kaum yang jenis dengan cara memastikan semua ibu hamil tidak menghirup udara yang penuh dengan asap rokok. Siapapun orang Yahudi yang merokok dan melihat ada seorang ibu hamil, ia akan mematikan rokok demi menjaga agar bayi yang dikandung ibu tersebut berkembang dengan baik terutama perkembangan otak bayi tersebut.

  • Bayi Lahir dengan Penyakit Jantung Bawaan

Salah satu hal yang perlu ditanyakan ketika ibu berkonsultasi dengan dokter kandungan adalah bagaimana kondisi jantung bayi. Dengan menggunakan alat USG, dokter bisa mengetahui bagaimana kondisi jantung bayi.

Apalagi jika ibu tinggal di daerah di mana penuh dengan polusi udara, terutama akibat asap rokok. Kondisi seperti itu bisa membuat bayi di dalam kandungan mengalami masalah pada jantung. Tidak jarang juga bayi yang mengalami masalah tersebut akhirnya meninggal di dalam kandungan.

  • Bayi Lahir dengan Cacat Fisik

Ada satu laporan yang perlu diperhatikan. Bawasannya bayi yang lahir dengan keadaan bibir sumbing ternyata bisa juga disebabkan oleh asap rokok yang sering dihirup seorang ibu yang mengandung bayi tersebut.

Setelah mengetahui bahaya tersebut di atas, semoga suami perokok setidaknya tidak lagi merokok terutama ketika berada dekat dengan istri atau berada di dalam rumah. Dengan demikian, bayi di dalam rahim bisa berkembang dengan baik tanpa khawatir terjadi hal buruk seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Titik Balik

Bukan tidak mungkin istri hamil bisa dijadikan sebagai momen titik balik di mana seorang suami bisa berhenti merokok. Jika ia sudah kecanduan terhadap rokok, kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan anak yang masih ada di dalam kandungan bisa membuatnya terbebas dari rokok.

Sebaliknya, ada banyak hal yang sebaiknya dilakukan oleh suami ketika istrinya hamil. Peran suami juga tak kalah penting untuk ikut serta menjaga kesehatan janin lho. Situs frisowww.friso.co.id menjelaskan bagaimana ternyata suami bisa berperan dalam memastikan perkembangan bayi di dalam kandungan bisa berjalan secara optimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *