Sumber Nutrisi untuk Ibu Hamil Layak Coba

nutrisi untuk ibu hamil muda

www.ibudanbalita.com

Nutrisi untuk ibu hamil jelas beragam mengingat ‘proyek kehamilan’ tidak semudah membalik telapak tangan. Kendati demikian, bukan berarti bunda harus mencoba semua jenis nutrisi dan gizi. Beberapa nutrisi bisa jadi lebih penting dibanding yang lain.

Berikut ini daftar prioritas kebutuhan nutrisi ibu hamil:

  1. Asam folat
    Sayur mayur tentu wajib masuk dalam daftar menu ibu hamil. Walaupun sebagian besar sayur mengandung nutrisi yang layak diberi bintang lima, bukan berarti semua sayur cocok untuk bunda. Demi kandungan yang baik dan masa depan calon buah hati cerah, diperlukan strategi efektif nan efisien.

    Asam folat mungkin tidak terlalu digaungkan. Rasanya, bunda hanya pernah mendengar mengenai ‘sepupu’ vitamin B ini di forum kehamilan. Ya, memang, asam folat tergolong kandungan yang dibutuhkan janin. Mengingat tanggung jawab utama asam folat adalah memastikan perkembangan sel selalu dalam jalur yang tepat.

    Dapat ditebak, tentu ada sayuran yang mengandung asam folat dalam kadar yang tidak sedikit. Warnanya hijau, berbentuk seperti pohon mini, dengan rasa yang sedikit hambar. Kalau brokoli terlintas di benak bunda, maka jawabannya sangat tepat!

    Brokoli tergolong sayuran dengan kadar asam folat melimpah. Bahkan di kala kehamilan, sangatlah baik kalau bunda rajin konsumsi sayuran hijau satu ini. Entah dibuat sup, celupan untuk fondue, atau dimakan mentah-mentah, yang jelas ada baiknya brokoli selalu dihidangkan setiap hari.

  2. Zat besi
    Pernahkah bunda mendengar cara kerja tubuh secara keseluruhan? Kalau belum tidak ada dosa untuk tahu.

    Ada argumen kuat mengapa manusia butuh bernafas. Pertama, saat menghirup udara, secara otomatis oksigen ikut terbawa. Setelah melalui sistem penyaringan paru-paru, lantas oksigen ‘meluncur’ ke jantung. Ibarat jalur bus, jantung adalah halte dan sel darah adalah bisnya. Sebagai transportasi, sel darah ‘angkut’ oksigen ke seluruh tubuh.

    Oksigen memegang peranan yang cukup penting. Seluruh organ tubuh manusia tidak akan mampu bekerja tanpa adanya oksigen. Inilah mengapa, sangat penting bagi seseorang untuk pertahankan kadar oksigen dalam tubuh. Kini mungkin bunda lebih paham kenapa menghambat jalur oksigen, atau memotong alur darah sama-sama mencabut nyawa seseorang.

    Zat besi merupakan mineral yang bertanggung jawab atas perkembangan sel darah. Tanpa adanya zat besi, dapat dipastikan bahwa organisir pembaharuan sel darah tidak akan mampu berjalan dengan baik. Ya, jangan salah, sel darah punya batas usia dimana mereka akan ‘rusak’ pada satu titik. Disinilah peran zat besi diperlukan guna memperbaharui sel darah tersebut.

    Salah satu sumber zat besi yang cukup terkenal adalah daging. Bukan sembarang daging melainkan daging merah yang berasal dari sapi. Tidak perlu malu kalau bunda merengek minta dibelikan steak pada pasangan. Toh, memang diperlukan daging sebagai bagian hidup bunda kalau ingin janin tetap sejahtera.

  3. Potassium
    Mari diakui bahwa bunda layak jadi atlet angkat beban. Bayangkan saja, selama sembilan bulan penuh bunda harus menanggung beban di perut dua puluh empat jam sehari! Ditambah lagi kalau bunda musti berhadapan dengan kewajiban kerja dan orang-orang yang tidak memberikan keringanan akibat kurangnya pemahaman seputar tantangan mengandung.

    Otot sudah pasti harus berfungsi optimal demi pertumbuhan bayi kedepan. Tidak mungkin bunda lunglai dengan kondisi tenaga minim bisa melalui kehamilan. Sang pencipta tentu sudah memperhitungkan kapasitas manusia, tapi bangsa adam hawa harus berusaha pula.

    Selain olah tubuh, makanan layak dijaga. Salah satu jalan untuk memastikan otot tetap berfungsi optimal adalah asupan potassium. Berbeda dengan jenis mineral lain, potassium berusaha menjaga otot tetap dalam kondisi prima. Tentunya, faktor tersebut amat membantu ibunda selama masa mengandung.

    Darimana sumber potassium terbaik?

    Terlepas dari namanya yang agak hits, potassium sangat mudah ditemukan. Bunda cukup menghampiri konter buah di pusat pembelanjaan atau abang-abang buah di pasar. Yang jelas, ayah bunda pasti temui buah kuning panjang bernama pisang. Yakin deh, makan pisang tidak akan bosan. Entah dengan cara diremuk, blender, atau dimakan mentah, pisang selalu berhasil menggoyang lidah.

  4. Serat
    Diare banyak dialami bunda mengandung. Memang, dengan longgarnya kandung kemih, kotoran dalam tubuh tidak akan mampu bertahan lama di dalam. Jatah kunjungan kamar kecil (toilet) seolah meningkat drastis sejak adanya bayi dalam kandungan.

    Jangan khawatir dengan kondisi panggilan alam berulang-ulang dalam sehari. Bunda justru layak khawatir saat kotoran mengeras dalam tubuh sehingga sulit dikeluarkan. Mungkin ini saatnya bunda lebih paham ‘konsep pembetukan kotoran tubuh’.

    Tiap makanan akan membentuk kotoran yang berbeda. Ibarat sampah dan pencernaan adalah mesin penghancur dibutuhkan tenaga dan keahlian khusus untuk hancurkan kotoran. Sehingga wajar saja ada kotoran keras dan empuk. Rahasia terbesar ada pada kandungan serat dalam tubuh.

    Serat merupakan bentuk makanan dengan tekstur kotoran yang tidak terlalu keras. Bahkan, serat dapat ‘menulari’ tekstur empuk untuk kotoran lain, tinggal bagaimana bunda melakukannya. Alangkah baiknya kalau bunda selalu pertimbangkan sumber serat seperti roti gandum, sayur mayur, dan buah untuk turut serta dalam hidangan setiap hari.

Agak rempong menjaga kehamilan. Kedengarannya bahan diatas mudah disajikan, dan bunda pasti suka. Realita kadang berkata lain, dengan adanya muntah mual dan beragam gangguan yang urunkan niat untuk makan. Untung saja, sudah banyak tercipta susu kehamilan yang mengandung gizi kebutuhan bunda. Cukup satu gelas sehari nutrisi untuk ibu hamil terpenuhi secara instant dan terukur.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *