Suplemen Untuk Ibu Hamil Perlukah Dikonsumsi?

suplemen untuk ibu hamil

MomJunction

Suplemen untuk ibu hamil memang dianjurkan untuk di konsumsi saat hamil. Janin membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat bertumbuh dan berkembang menjadi bayi yang sehat. Jika Anda sebagai ibu tidak mendapatkan cukup nutrisi dan vitamin dari makanan yang Anda konsumsi, suplemen kehamilan dapat menjadi pelengkap dalam diet Anda. Para ahli kesehatan dan dokter sepakat, mengonsumsi makanan sehat dan beragam adalah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang diperlukan bayi Anda selama masa kehamilan.

Meski begitu, tubuh Anda mungkin saja tetap kekurangan nutrisi-nutrisi utama yang diperlukan janin untuk bisa bertumbuh secara maksimal. Itulah sebabnya sebagian ibu hamil membutuhkan suplemen kehamilan untuk mengisi kekosongan tersebut. Pada umumnya, suplemen yang Anda butuhkan pada masa kehamilan sebaiknya mengandung vitamin dan mineral seperti berikut ini 400 unit vitamin D, 250 miligram kalsium, 400-800 mikrogram asam folat, 30 miligram zat besi, 2 miligram tembaga, 2 miligram vitamin B6, 15 miligram zinc dan 50 miligram vitamin C.

Suplemen Untuk Ibu Hamil Guna Menambah Energi

Saat ini suda semakin banyak jenis multivitamin dan suplemen mineral beredar di pasaran yang ditargetkan untuk ibu hamil dan menyusui. Berikut ini beberapa suplemen atau gizi yang baik untuk ibu hamil;

  • Zat besi

Ibu hamil membutuhkan cukup banyak asupan zat besi harian bahkan mungkin lebih khususnya untuk ibu hamil yang juga vegan atau vegetarian. Selain untuk meningkatkan massa aliran darah ibu dan plasenta, bayi membutuhkan asupan zat besi yang ia serap dari ibunya untuk digunakan dalam 5-6 bulan pertama kehidupannya. Konsumsilah zat besi hanya sesuai dosis yang diresepkan oleh dokter dalam vitamin prenatal pokok Anda,

Pasalnya dalam jumlah yang berlebihan dari suplemen tambahan di luar resep dokter yang juga dikombinasikan dengan makanan kaya zat besi dapat menyebabkan gejala gangguan pencernaan dan sembelit memburuk pada ibu dan berbahaya untuk bayi kelahiran prematur dan lahir rendah berat. Risiko penggunaan suplemen zat besi ditemukan pada 1 dari 300 ibu hamil dengan hemokromatosis, kondisi yang mungkin tidak terdiagnosis pada wanita selama periode kehamilan dan melahirkan.

  • Asam folat

Saran asupan harian asam folat bagi ibu hamil adalah 600 mcg selama satu bulan sebelum pembuahan dan lanjutkan untuk tiga bulan setelahnya. Dua lembar roti gandum fortifikasi mengandung 80 mcd asam folat. Saran umumnya adalah selain konsumsi makanan kaya akan asam folat, wanita yang sedang berupaya untuk hamil maupun yang berada dalam trimester pertama diwajibkan untuk mengonsumsi vitamin prenatal harian yang mengandung setidaknya 400-500 mcg asam folat.

Asam folat membantu pembentukan sumsum tulang belakang, termasuk pembungkusan di sekitar bagian belakang dari tulang belakang. Vitamin prenatal yang berkualitas seharusnya mengandung 800 mcg folat, jadi Anda tidak perlu menambahkan suplemen asam folat tambahan ke dalam pola makan Anda, kecuali disarankan oleh dokter asupan folat hingga 1200 mcg masih dianggap aman untuk kehamilan.

  • Omega-3

Omega-3 mengandung dua asam yang sangat penting untuk kesehatan tubuh: DHA atau docosahexaenoic acid dan EPA atau eicosapentaenoic acid. Rendahnya tingkat DHA dan EPA telah dikaitkan dengan depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. DHA sangat penting untuk perkembangan otak yang tepat, sementara EPA mendukung perilaku dan suasana hati yang sehat. Omega-3 tidak hanya penting untuk perkembangan bayi Anda, tetapi juga untuk membantu mencegah risiko Anda mengalami depresi postpartum.

Cara utama untuk mendapatkan asupan omega-3 kualitas tinggi adalah dari minyak ikan. Tapi tidak ada rekomendasi resmi bahwa wanita hamil diwajibkan mengonsumsi suplemen minyak ikan. Suplemen minyak ikan cod juga mengandung kadar tinggi dari bentuk retinol vitamin A. Anda tidak boleh mengonsumsi suplemen yang mengandung bentuk retinol vitamin A ketika Anda hamil, karena retinol dalam jumlah besar dapat membahayakan bayi Anda.

Jika Anda makan beberapa ikan berminyak setiap minggu, Anda mungkin tidak akan perlu mengambil suplemen. ikan berminyak akan memberi Anda banyak asam lemak omega-3, serta vitamin lainnya, mineral, dan protein yang tidak akan Anda dapatkan hanya dari suplemen. Walaupun begitu, ibu hamil yang vegan atau vegetarian tetap penting untuk mendapatkan suplemen tambahan omega-3.

Suplemen Untuk Ibu Hamil Yang Berasal Dari Vitamin D3

Vitamin D3 membantu memaksimalkan penyerapan kalsium dan fosfor yang penting untuk pembentukan tulang sehat. Vitamin ini juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, susunan pertumbuhan sel, mengurangi peradangan, meningkatkan kekuatan otot, mendorong produksi hormon, dan mencegah depresi. Kebanyakan orang akan mendapatkan cukup vitamin D dengan menghabiskan 10 menit bermandikan sinar matahari pagi dan sore hari dari bagian-bagian tubuh yang terpapar matahari.

Penelitian baru menunjukkan bahwa ibu hamil dapat mengambil manfaat dari suplemen tambahan vitamin D3 di luar vitamin prenatal mereka untuk membantu mencegah persalinan prematur, preeklampsia, diabetes gestasional, dan infeksi. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin D3 selama kehamilan dapat mendorong massa tulang yang optimal pada anak di kemudian hari.

Saran harian vitamin D3 untuk ibu hamil adalah 400 IU, namun beberapa ahli sekarang menyarankan suplemen harus sampai 1000 IU per hari pada kehamilan. Karena vitamin prenatal biasanya sudah mengandung 400 IU dan minyak ikan cod mengandung sekitar 300-400 IU, tergantung pada produk yang dibeli, penting untuk memastikan tidak melebihi dosis harian yang disarankan, yaitu maksimal 1.200 IU per hari. Asupan vitamin D  dan suplemen untuk ibu hamil yang berlebihan dapat menyebabkan pengapuran plasenta dan penyempitan aorta janin, kedua kondisi ini akan membatasi suplai darah dan oksigen yang menuju bayi. Selain suplemen, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi susu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *