Susu Anak 3 Tahun Untuk Menyambut Golden Age

tumbuh kembang balita

www.ibudanbalita.com

Ibu sebagai orang tua akan semakin memastikan susu anak 3 tahun dikonsumsi oleh si kecil setiap hari jika tahu betapa pentingnya susu tersebut untuk masa golden age. Melewatkan masa ini begitu saja akan berbuah penyesalan. Pasalnya, anak akan memiliki tumbuh kembang yang sangat optimal jika ibu mampu membantu tumbuh kembang otaknya di masa golden age.

Sekilas Mengenai Golden Age Balita

Mungkin ibu belum tahu apa itu golden age. Secara sederhana, ini adalah masa di mana otak berpotensi mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Bahkan, menurut para peneliti, ketika usia golden age, ada milyaran sel otak yang siap berkembang. Dan tentu saja perkembangan sel otak tersebut dipengaruhi oleh nutrisi dari makanan dan juga susu anak usia 3 tahun yang dikonsumsi setiap hari serta stimulus lainnya.

Dan harus digaris bawahi, masa keemasan balita itu terjadi di 5 tahun pertama. Artinya, ketika anak berusia di bawah 5 tahun, maka potensi berkembangnya sel di otak akan semakin optimal. Dan potensi tersebut akan semakin turun setelah usianya mencapai 5 tahun ke atas.

Menurut penelitian, balita bisa sangat berkembang lantaran inderanya sangat peka. Balita belajar dari apa yang mereka lihat dan apa yang mereka dengar. Dan inilah yang juga menjadi penyebab potensi perkembangan otak anak sangat tinggi di masa golden age.

Sementara itu, ketika usianya mencapai 5 tahun ke atas, sensitivitas indera mereka berkurang sehingga perkembangan otak balita tidak secepat dan seoptimal ketika usianya di bawah 5 tahun.

Dari penjelasan singat tersebut di atas, jelas bukan mengapa balita harus benar-benar diperhatikan? Bahkan, jika ibu ingin sekali memiliki anak yang cerdas, perhatikan anak ibu di masa emasnya.

Mengoptimalkan Perkembangan Otak Di Masa Keemasan

Cukup disayangkan ketika ditemukan fakta di mana ternyata tidak banyak orang tua yang mampu mengembangkan milyaran sel otak yang berpotensi berkembang dengan baik. Dan ini bisa disebabkan oleh dua hal.

Yang pertama adalah kurangnya asupan nutrisi. Maka dari itu, memberikan menu makanan yang bergizi serta menambahkan suplemen seperti susu pertumbuhan anak merupakan suatu hal yang sangat diharuskan.

Yang kedua, kurangnya stimulus. Seperti apa yang telah dijelaskan di atas, saat balita sedang dalam masa keemasan, indera mereka sangat peka. Dan pada saat inilah diperlukan stimulus yang tepat untuk merangsang indera mereka. Berikan tontonan yang baik. Ajarkan balita untuk berbicara. Bahkan, bukan tidak mungkin balita usia 3 tahun sudah bisa diajarkan bahasa asing.

Dua hal tersebut di atas sebaiknya dilakukan terus menerus. Dengan demikian, perkembangan otak balita akan sangat optimal. Sekarang ibu sebagai orang tua sudah mengerti apa yang harus dilakukan saat anak berada di masa keemasan, bukan? Kini tinggal bagaimana ibu melakukannya secara konsisten. Yang pasti, berikan dua hingga tiga gelas susu anak 3 tahun setiap hari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *