Tahukah Bunda Manfaat Susu Pertumbuhan Anak?

susu anak

Source Image: Hang The Bankers

Salah satu makanan dan asupan yang penting untuk anak adalah susu pertumbuhan anak. Tentu bunda semua sudah tahu ya bahwa susu merupakan asupan yang bergizi untuk anak. Susu merupakan minuman bergizi yang mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang tentunya bagus untuk pertumbuhan si kecil. Walaupun kalsium yang terdapat di susu dapat diperoleh di makanan lain seperti ikan, daging dan sayuran, namun dalam susu berjumlah lebih banyak.

Dalam 4 sehat 5 sempurna, susu menjadi pelengkap dalam asupan makanan sempurna. Meskipun sudah menggunakan lauk pauk yang lengkap, jika tidak ada susu maka seperti belum sempurna. Susu merupakan asupan yang mengandung tinggi protein dan kalsium yang tentunya sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam masa pertumbuhan, tubuh anak sangat membutuhkan susu sebagai sumber dari protein dan kalsium. Bahkan bukan hanya pertumbuhan dalam hal fisik saja, namun juga pertumbuhan otak anak.

Susu Pertumbuhan Anak Pengganti ASI

Seperti yang diketahui, ketika masih bayi dari umur 0 hingga 2 tahun, adalah waktu yang tepat bagi ibu untuk memberikan ASI kepada buah hati. Namun, ada banyak hal yang menyebabkan tidak maksimalnya pemberian ASI. Susu merupakan pilihan tepat yang banyak dipilih oleh banyak ibu yang mungkin tidak bisa memberikan ASI secara maksimal. Apalagi kini, susu pengganti ASI dibuat dengan berbagai macam jenis dan mengandung banyak kandungan yang baik untuk pertumbuhan anak.

Manfaat susu untuk pertumbuhan anak:

  • Perkembangan syaraf otak. Seperti yang diketahui dalam susu mengandung zat besi yang dapat mendukung pertumbuhan terutama otak anak. Tingginya kalsium yang ada di dalam susu sudah cukup untuk membantu perkembangan syaraf-syaraf otak anak terlebih jika di konsumsi setiap hari. Biasanya dalam susu formula pengganti ASI, kalsium dan zat besi menjadi kandungan yang pokok. Bahkan ada juga susu yang dibuat khusus dengan kandungan zat besi dan kalsium yang membantu tumbuh kembang otak anak.
  • Tulang kuat. Selain bermanfaat untuk motorik atau perkembangan otak anak, susu juga bermanfaat untuk pertumbuhan jasmani yaitu tulang. Anak memiliki tulang yang belum tumbuh secara sempurna, dan dengan mengkonsumsi susu maka dapat membantu pertumbuhan tulang anak dengan sempurna. Selain itu, vitamin D juga membantu penguatan tulang anak dan mencegah gangguan tulang pada anak. Vitamin D juga membantu dalam pembentukan tulang anak sebagaimana mestinya dan menghindari terjadinya gangguan pada tulan anak seperti pengeroposan pada tulang, pertumbuhan tulang yang tidak sempurna dan gangguan tulang lainnya.
  • Pertumbuhan Gigi. Hampir sama dengan pertumbuhan anak, susu juga membantu pertumbuhan gigi anak. Mencegah adanya pengeroposan gigi dan mengurangi resiko adanya gigi berlubang. Susu yang dikonsumsi oleh anak juga membantu pentumbuhan gigi dan email gigi pada anak sehingga mencegah terjadinya gigi keropos pada anak.
  • Meningkatkan energi. Manfaat lain dari susu adalah untuk meningkatkan energi anak apalagi ditengah banyaknya aktivitas anak. Vitamin yang terkandung adalah vitamin A, vitamin b, protein, fosfor dan lain sebagainya. Ditengah banyaknya aktivitas anak, susu menjadi energi tambahan yang diperlukan sehingga dapat menunjang aktivitas anak.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Susu Pertumbuhan Anak

Selain harus mengetahui manfaat dari susu pertumbuhan anak, sebagai orang tua tentu juga harus mengetahui juga kandungan yang terdapat pada susu pertumbuhan anak. Sebelum membeli susu tentu bunda harus tahu kandungan-kandungan apa saja yang terdapat pada susu formula tersebut untuk memastikan keamanan untuk kesehatan anak. Nah, umumnya, susu pertumbuhan anak terdapat kandungan seperti berikut:

  1. AHA. Merupakan kandungan dalam susu formula yang membantu kecerdasan otak anak dan merangsang perkembangan syaraf mata. Aha menjadi kandungan yang cukup penting untuk pertumbuhan syarat mata anak.
  2. DHA. Merupakan salah satu kandungan dalam susu formula yang berfungsi membantu perkembangan motorik dan otak anak. kandungan DHa yang ada pada susu pertumbuhan anak ini dapat membantu perkembangan otak anak dan kecerdasan otak anak.
  3. LA. Merupakan kandungan yang berfungsi selain untuk perkembangan otak anak namun juga untuk kesehatan mental anak. Kandungan lain yang baik untuk kesehatan mental dan perkembangan otak anak adalah LA yang mempengaruhi tumbuh kembang otak anak.
  4. FOS dan GOS. Merupakan kandungan yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh anak yaitu dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh dan mengurangi jumlah bakteri jahat yang ada pada tubuh anak. Kadua kandungan ini sangat berpengaruh pada kekebalan tubuh dan perkembangan bakteri baik pada tubuh anak.
  5. Omega 3. Kandungan ini biasanya berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, rambut serta mencegah adanya kerusakan sel. Omega 3 ini biasanya terkandung dalam susu pertumbuhan anak dengan takar yang seimbang karena memiliki manfaat yang saling berkaitan.
  6. Omega 6. Sama dengan omega 3, omega 6 ini merupakan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit anak. Omega 6 membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah adanya sel-sel yang rusak.

Nah, itulah kandungan-kandungan yang biasa terdapat pada susu pertumbuhan anak dan manfaat bagi anak pada susu pertumbuhan anak. Setiap orang tua tentu ingin yang terbaik untuk anak terutama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak dimasa keemasannya. Pastikan berikan suplay makanan dan minuman yang baik untuk anak, seperti susu pertumbuhan anak terbaik dengan kandungan-kandungan baik yang ada di dalamnya. Terimakasih

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *