Tanda Awal Kehamilan Istri Tercinta

tanda awal kehamilan

Image Source: Pinterest

Sebelum Istri Anda menggunakan test-pack, tanda awal kehamilan sebenarnya sudah bisa dirasakan oleh dia lho. Hanya saja, itu hanya tanda yang belum pasti. Tetap saja yang paling pasti adalah ketika istri Anda melakukan test-pack atau tes USG. Namun, setidaknya ketika istri Anda merasakan tanda-tanda kehamilan, kalian berdua sudah separuh yakin bahwasannya dia sedang hamil.

Dan tanda-tanda tersebut sudah dirasakan istri Anda saat kehamilan baru berusia 1 minggu. Apa saja tanda-tanda tersebut?

Tiga Hal Yang Sering Dirasakan Wanita Hamil 1 Minggu

Sekali lagi, ini hanya tanda. Tidak 100% pasti hamil. Setidaknya, jika ada tanda kehamilan awal berikut ini, kalian berdua bisa sedikit bahagia karena kemungkinan kalian akan segera mendapatkan momongan.

1. Payudara Membesar dan Memadat

Ini yang biasa dirasakan oleh seorang wanita yang sedang hamil. Tiba-tiba bra terasa ketat dan kekecilan. Payudara membesar dan padat. Selain itu, payudaranya pun lebih sensitif. Jika ini yang istri Anda rasakan, barangkali memang benar ada janin di dalam rahim.

2. Mengalami Kram Perut

Kram pada bagian perut bisa saja disebabkan haid atau menstruasi. Akan tetapi, jika kram yang istri Anda rasakan itu hanya sebentar dan tidak begitu sakit, itu bisa saja tanda awal kehamilan. Kram perut ini disebabkan adanya peluruhan pada rahim. Karena ada janin yang mulai masuk ke dalam rahim dan ingin menempel pada rahim, maka istri Anda akan merasakan kram.

3. Pendarahan

Kram yang Istri Anda alami biasanya dibarengi dengan pendarahan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kram disebabkan adanya janin yang mulai menempel pada rahim. Pada saat itulah darah luruh dan keluar dari vagina. Ini yang sering disebut dengan pendarahan atau flek.

Dalam hal ini, Istri Anda harus bisa membedakan flek yang disebabkan oleh kehamilan dengan flek yang merupakan tanda keguguran. Flek kehamilan terjadi beberapa kali saja. Dan darah yang keluar juga tidak terlalu banyak. Sementara itu, flek yang berbahaya adalah pendarahaan yang terus terjadi dan darah yang keluar sangat banyak. Ada kemungkinan istri Anda hamil namun janin mengalami keguguran.

Apakah istri Anda merasakan satu atau bahkan mungkin ketiga tanda kehamilan tersebut?

Hal Yang Harus Anda Lakukan

Tidak semua wanita hamil merasakan ketiga tanda kahamilan muda tersebut di atas. Namun, jika Anda merasakan munculnya tanda-tanda tersebut, ada tindakan yang sebaiknya segera Anda lakukan.

Yang pertama, istri Anda harus melakukan tes kehamilan. Anda bisa membelikan test-pack terlebih dahulu. Jika hasilnya positif, maka kalian berdua harus datang ke dokter untuk dilakukan tes USG. Tes ini akan lebih memastikan apakah benar istri Anda sedang hamil atau tidak.

Yang kedua, istri Anda harus mulai belajar bagaimana menjaga kehamilan. Bagi istri yang baru pertama kali hamil, tentu hal ini sangat penting. Istri Anda harus tahu menjaga kesehatan kehamilan itu tidak mudah tapi juga tidak boleh dianggap sulit. Yang perlu istri Anda lakukan adalah berkomitmen untuk menjalankan gaya hidup yang sehat dengan bantuan Anda.

Yang ketiga, kalian berdua harus belanja keperluan ibu hamil. Istri harus mengkonsumsi susu ibu hamil. Sebenarnya ini tidak wajib. Hanya saja, tingginya kasus keguguran dan juga kematian ibu dan bayi membuat para ahli kesehatan ibu hamil sedikit menekankan agar setiap wanita hamil mengkonsumsi susu ibu hamil. Nestle Mom & Me merupakan susu ibu hamil yang tepat untuk Anda pilih. Selain itu, Anda juga perlu membeli keperluan lainnya seperti baju hamil, bra dengan ukuran yang lebih besar, serta sepatu atau sandal flat.

Yang keempat, Anda tentukan kemana Anda akan melakukan konsultasi kehamilan. Apakah Anda akan memilih bidan atau dokter kandungan. Keduanya baik. Yang pasti, Anda harus rutin konsultasi kehamilan satu bulan sekali. Jadi konsultasi tidak hanya perlu dilakukan saat ada keluhan kesehatan atau ada masalah yang sepertinya bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Pasalnya, konsultasi itu juga dilakukan sebagai cara untuk melakukan pencegahan. Hanya bidan atau dokter kandungan saja yang mengerti jika ada risiko buruk yang bisa saja terjadi. Dan terkadang masalah tersebut tidak Anda ketahui atau rasakan. Dengan melakukan konsultasi kehamilan satu bulan sekali, tes USG akan dilakukan untuk mengetahui kondisi janin di dalam kandungan secara lebih detail.

Kelima, Anda harus mulai memikirkan cuti hamil jika Anda seorang wanita karir. Anda bisa menghitung usia kehamilan sehingga Anda bisa mendapatkan informasi mengenai HPL atau har perkiraan lahir. Setelah itu, Anda sebaiknya kabarkan masalah kehamilan serta HPL ini kepada atasan dan juga staf HRD agar mereka bisa mempersiapkan sesuatu ketika Anda cuti hamil.

Yang jelas, Anda tidak perlu panik ketika mendapatkan kabar baik berupa kehamilan. Jika tanda kehamilan awal itu benar-benar ibu rasakan dan kemudian dikonfirmasi oleh bidan atau dokter kandungan, Anda harus melakukan beberapa hal tersebut di atas. Dengan demikian, Anda bisa mempersiapkan diri sematang mungkin untuk bisa menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

Mulailah untuk mengumpulkan informasi mengenai kesehatan ibu hamil dan juga keluhan yang sering dialami selama masa kehamilan. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa bersiap-siap jika Anda merasakan keluhan tersebut. Akan lebih baik juga jika Anda bisa melakukan pencegahan terhadap keluhan yang mungkin bisa Anda alami.

Semoga Anda bisa menjalani masa kehamilan dengan baik sehingga kesehatan janin dan juga Anda sendiri bisa terus terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *