Tanya Pakar Kehamilan! Pilhan Sehat Makanan Ibu Hamil

konsultasi tentang kehamilan

www.ibudanbalita.com

Tanya pakar kehamilan terkait dengan perkembangan dan kesehatan bayi penting untuk selalu dilakukan. Salah satunya adalah pertanyaan yang berkenaan dengan jenis makanan sehat ibu hamil.

Apalagi perkembangan dan kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan sangat bergantung pada nutrisi yang ibu konsumsi saat hamil. Oleh sebab itu, cermatilah pilihan makanan supaya ibu dan janin bisa tetap sehat.

Pada saat ibu mengandung, sebenarnya tidak perlu makanan terlalu banyak seakan-akan makan untuk dua orang. Sebab tenrnyata ibu hanya butuh menambahkan sekitar 300 kalori tambahan saja. Kira-kira setara dengan sebuah pisang serta semangkok sereal dengan tambahan susu rendah lemak.

Terlepas dari itu semua, penting juga untuk selalu mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi yang bisa ibu peroleh dari beragam jenis makanan yang ibu konsumsi setiap harinya.

Contohnya saja asam folat yang bisa berperan mencegah cacat bawaan pada bayi, kalsium dan juga protein untuk pembentukan jaringan tubuh serta tulang bayi, dan zat besi yang memiliki peran penting untuk membantu sel darah merah membawa oksigen ke janin.

Dan berbagai jenis nutrisi penting untuk ibu hamil tadi bisa dengan mudah ibu dapatkan dari beberapa jenis makanan tertentu. Supaya tidak salah pilih makanan, tanya dokter kehamilan menjadi hal penting untuk dilakukan.

Jenis Makanan Sehat Ibu Hamil

Beberapa jawaban dari  hasil konsultasi dengan pakar kehamilan, menyebutkan bahwa beberapa kelompok makanan dan minuman yang sangat disarankan selama masa kehamilan berlangsung adalah:

  1. Air

Minum cukup air ini sangat penting ibu lakukan. Dengan memenuhi kebutuhan air ini memiliki manfaat bisa mencegah bayi lahir prematur, konstipasi, hemoroid, infeksi kandung kemih, dan pembengkakan berlebihan.

Selama masa kehamilan, ibu hamil disarankan mengkonsumsi kurang lebihnya 2,5 liter atau setara dengan 10 gelas air per harinya. Selain itu, cairan ini juga bisa didapatkan dari makanan misalnya seperti buah yang memiliki kadar air tinggi, jus, ataupun susu.

Tetapi yang perlu ibu hamil ingat adalah ada beberapa minuman seperti halnya jenis minuman ringan yang memiliki kadar gula tinggi ternyata bisa menyebabkan hipertensi atau kenaikan berat badan.

  1. Sayur dan Buah

Pertanyaan seputar kehamilan yang perlu ibu hamil tanyakan pada dokter kehamilan selanjutnya adalah berkaitan dengan jenis sayuran dan buah-buahan yang kaya akan nutrisi untuk ibu hamil.

Meskipun pada dasarnya sayur dan buah merupakan komponen utama pola makan sehat untuk ibu hamil namun di sisi lain porsinya harus pas. Bagi ibu hamil, disarankan setidaknya mengkonsumsi lima porsi sayur-sayuran dan buah-buahan berbeda setiap harinya.

Tujuannya adalah supaya bisa mendapatkan aneka jenis vitamin, mineral, dan juga serat yang memang dikenal banyak terkandung di dalam sayur-sayuran dan buah-buahan.

Jenis sayuran hijau seperti halnya bayam dan kale kaya sekali akan kandungan vitamin A. C, dan K, serta asam folat yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilannya.

  1. Daging Tanpa Lemak, Ikan, dan Telur

Konsultasi dengan dokter kandungan terkait dengan jenis makanan sehat untuk ibu hamil memang penting sekali untuk dilakukan. Sebab tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan sangat dipengaruhi oleh jenis makanan yang ibu konsumsi.

Daging tanpa lemak, ikan, dan telur bisa dibilang sebagai kelompok makanan yang kaya sekali akan kandungan protein. Dan ibu tentunya paham betul jika protein ini sangat penting untuk pertumbuhan janin, terutama pada saat kandungan memasuki trimester kedua dan ketiga.

Alasannya adalah pada telur kaya sekali akan kolin yang berperan sangat besar dalam hal mendukung perkembangan otak dan tubuh janin serta membantu untuk mengurangi resiko cacat tabung saraf.

Sementara ikan salmon dikenal sebagai jenis ikan yang kaya sekali akan kandungan omega 3 di dalamnya. Selain memiliki manfaat untuk membantu perkembangan janin, omega 3 ini juga bermanfaat untuk menjaga mood dari ibu hamil.

Meskipun ikan salmon ini banyak sekali manfaatnya bagi ibu hamil, untuk menghindari paparan merkuri dari ikan salmon, ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsinya melebihi 340 gram dalam seminggu.

Sementara daging tanpa lemak dikenal sebagai sumber protein dengan kualitas tinggi. Meskipun demikian, disarankan bagi para ibu hamil untuk menghindari daging olahan seperti halnya sosis yang dimungkinkan mengandung bakteri ataupun parasit.

  1. Kacang-kacangan

Sekali lagi ditekankan begitu pentingnya tanya masalah kehamilan. Apalagi yang berkenaan dengan makanan yang ibu konsumsi setiap harinya. Kacang-kacangan ternyata memiliki peran besar dalam mencukupi kebutuhan serat ibu hamil.

Ketika kebutuhan serat tercukupi, maka ibu hamil bisa terhindar dari konstipasi dan hemoroid (wasir) yang memang sering terjadi selama masa kehamilan. Apalagi kelompok makanan ini juga dikenal kaya sekali akan kalsium, zat besi, folat, dan seng.

  1. Makanan Sumber Karbohidrat

Gandum utuh dikenal kaya sekali akan nutrisi, vitamin E, serat, dan juga selenium yang sangat dibutuhkan untuk pengoptimalan perkembangan janin. Bahan ini bisa dengan mudah ibu dapatkan pada oatmeal, pasta, roti gandum, maupun nasi merah.

  1. Susu dan Produk Turunannya

Pertanyaan kehamilan memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi berkenaan dengan susu sehat bagi ibu hamil. Apalagi saat ini banyak sekali beredar susu untuk ibu hamil.

Susu serta produk olahan susu seperti halnya yogurt ini dikenal kaya sekali akan kalsium. Dan kalsium ini sangat dibutuhkan baik oleh ibu maupun bayi yang masih berada di dalam kandungannya.

Kalsium ini selain bisa membantu pembentukan tulang bayi, di sisi lain juga sekaligus dapat menjaga kesehatan tulang ibu hamil.

Penting sekali untuk para ibu hamil selalu mendapatkan berbagai jenis asupan nutrisi yang berbeda setiap harinya. Hal ini dimaksudkan supaya semua kebutuhan tubuh ibu hamil serta janin yang dikandungnya tetap tercukupi. Oleh sebab itu, tanya pakar kehamilan menjadi hal penting untuk selalu dilakukan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *