Temukan Manfaat DHA Untuk Tubuh

manfaat DHA

Source: The New Born Baby

Manfaat DHA memang sangat penting untuk tubuh, DHA merupakan salah satu zat yang penting dalam kehidupan manusia. Tidak jarang susu bayi bertuliskan DHA. Apa itu DHA? Asam Dokosaheksaeonat atau yang biasa kita kenal sebagai DHA, merupakan salah satu jaringan asam lemak dari golongan omega 3. DHA sangat penting bagi kesehatan otak, jantung dan mata bagi orang dewasa.  Penelitian belakangan ini menemukan bahwa DHA menyediakan manfaat meningkatkan efektivitas otak pada umur dewasa.

DHA merupakan beberapa komponen fosfolipid yang penting dalam otak, dan ditemukan dalam jumlah yang banyak dalam phosphatidylethanolamine (PE) dan phosphatidyl-serine (PS). Struktur DHA terdiri dari 22 carbon menjadikan DHA sebagai asam lemak yang paling tidak jenuh dan memegang peran penting dalam meningkatkan tingkat kecairan membrane sel.

Menyadari peran DHA yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, produsen makanan berlomba lomba untuk menciptakan produk yang melibatkan penggunaan DHA dalam formulanya untuk dikonsumsi anak anak. Sementara untuk orang dewasa DHA juga memilliki banyak sekali manfaat baik untuk perkembangan otak, mata, jantung dan mencegah berbagai macam penyakit.

Manfaat DHA Untuk Buah Hati Anda

Berikut ini beberapa manfaat yang ada pada DHA untuk anak-anak, diantaranya adalah;

  • DHA untuk otak

Banyak penelitian terhadap manusia maupun binatang menunjukkan korelasi yang kuat antara konsumsi DHA dengan fungsi kognitif, ketajaman mata, dan perkembangan otak menyeluruh. Selain memegang peran penting dalam perkembangan otak anak di bawah umur, DHA juga memiliki peran penting terhadap struktur dan fungsi dari otak orang dewasa. Salah satu manfaat utama DHA bagi otak orang dewasa adalah meningkatkan daya ingat atau memori karena DHA membantu otak mengembangkan sel membrane neurologisnya.

Bagi orang dewasa yang mudah lupa, DHA menjadi salah satu solusi utama untuk meningkatkan memori atau daya ingat. Tak hanya itu, DHA juga memegang peran penting dalam pembelajaran, dimana ilmu baru yang anda serap tidak akan dilupakan begitu saja.

  • DHA untuk jantung

DHA memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung  dan penyakit lain yang berkaitan dengan jantung anda. DHA memiliki kemampuan untuk meningkatkan elastisitas pembuluh darah atau arteri sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya penyumbatan yang mengakibatkan penyakit jantung. Selain itu, DHA mampu mencegah penimbunan lemak dan plak dalam saluran pembuluh darah atau arteri. DHA terbukti memiliki peran penting untuk meningkatkan ketajaman mata. DHA merupakan struktur lemak utama yang berada dalam retina mata. Pada 6 bulan pertama kehidupan, DHA membantu manusia untuk mengembangkan penglihatannya.

  • DHA untuk kolestrol

Penelitian membuktikan bahwa DHA dapat menurunkan resiko penyakit akibat kolestrol. Karena DHA dapat meningkatkan kolestrol yang baik dan menurunkan kadar kolestrol jahat serta lemak darah.

  • DHA untuk psikologis dan neurologis

Bagi orang dewasa, DHA terbukti dapat mencegah gangguan psikologis seperti depresi , pasca trauma, dan stres . Selain itu, DHA juga memiliki fungsi untuk mencegah penyakit neurologis seperti alzheimer.

  • DHA untuk stroke atau pembekuan darah

DHA memiliki kemampuan untuk meningkatkan untuk mencairkan darah yang membeku atau terlalu kental sehingga dapat mencegah stroke. Sama seperti efek DHA pada jantung, DHA mampu merawat pembuluh darah (artiler) untuk mengurangi kadar lemak pada dinding pembuluh dan meningkatkan elastisitas pembuluh agar tidak terjadi penyumbatan.

  • DHA untuk penyerapan vitamin

DHA dapat membantu metabolisme tubuh manusia untuk menyerap berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B, C, D, E dan lain lain. DHA masih memiliki banyak sekali fungsi yang penting bagi tubuh anda seperti mencegah diabetes, mencegah inflamasi, mencegah asma, mengurangi rasa sakit pada haid, dan lain lain.

Manfaat DHA Dan Juga Akibat Kekurangan DHA

Setelah mengetahui bahwa DHA adalah zat yang sangat penting bagi kehidupan manusia,  yang akan terjadi jika anda kekurangan DHA adalah berikut ini;

  • Menurunkan kerja otak

Seperti yang telah dijelaskan pada manfaat DHA untuk otak anda, kekurangan DHA akan menurunkan efektivitas dan efisiensi kerja otak. Daya ingat anda akan berkurang dan kemampuan anda untuk mempelajari suatu hal baru menjadi terbatas.

  • Kualitas tidur menurun

DHA yang memiliki kemampuan untuk mencegah gangguan psikologis seperti gelisah dan stress akan mempengaruhi kualitas tidur anda. Tanpa adanya DHA sebagai penenang alami, otak anda akan terus merasa cemas bahkan ketika tidur dan dapat berimplikasi pada munculnya mimpi buruk yang menghantui tidur anda.

  • Kondisi psikologis menurun

Kekurangan DHA dapat menyebabkan menurunnya kualitas psikologis anda dan dapat menyebabkan anda sering merasa stres, gelisah dan meningkatkan kemungkinan anda mengalami depresi.

  • Kualitas penglihatan menurun

DHA merupakan salah satu zat utama yang terdapat pada retina, sehingga kurangnya DHA pada tubuh anda dapat menyebabkan kualitas penglihatan anda menurun.

  • Kemungkinan terkena penyakit meningkat

DHA terbukti dapat mencegah berbagai penyakit seperti Alzheimer, penyakit jantung, stroke, diabetes, penyakit asma, kolestrol dan lain lain. Kekurangan DHA justru dapat membuat anda terserang penyakit penyakit tersebut, terutama penyakit jantung dan stroke.

DHA terbukti penting bagi kelangsungan hidup anda dan kekurangan DHA dapat membuat anda mendapat cukup banyak masalah.  Selama ini kita berpikir bahwa sumber DHA dan omega 3 tertinggi berasal dari ikan. Kenyataannya, ikan mengandung banyak omega 3 karena ikan tersebut mengkonsumsi alga atau mengkonsumsi ikan lain yang memakan alga. Jadi sumber utama DHA pada ikan adalah alga, rumput laut atau ganggang.

Ikan mengandung banyak DHA dan omega 3 yang berasal dari alga. Manfaat DHA dapat ditemukan pada daging dan lemaknya. Namun ikan yang mengandung DHA dan omega 3 pun terbatas, dapat ditemukan pada ikan salmon, halibut, tuna, makarel dan ikan teri.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *