Ternyata Inilah Manfaat Susu Anak

susu anak

Source Image: Hang The Bankers

Susu anak yang mengandung protein, kalsium, dan vitamin D menjadi asupan penting bagi si buah hati. Meskipun kalsium dapat diperoleh  dari makanan lain, seperti sayuran hijau, daging, dan ikan, hanya saja susu memiliki jumlah yang paling banyak. Bila Anda masih lupa menyiapkan segelas susu setiap harinya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang manfaat susu untuk anak Anda.

Berikut diantaranya:

  • Perkembangan syaraf otak.

Susu juga mengandung zat besi yang membantu pertumbuhan otak anak Anda. Dalam 100 gr susu sapi mengandung energi 61Kkal, protein 3,2 gr, dan 143 mg kalsium yang bisa membantu menyehatkan tulang, gigi, dan menunjuang perkembangan syaraf otak, apabila dikonsumsi segelas per harinya.

  • Tulang kuat.

Selain aktivitas fisik dan genetika, faktor yang memengaruhi tulang anak jadi kuat adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium. Susu yang kaya akan vitamin D juga dipercaya dapat membantu penyerapan kalsium sehingga tulang menjadi kuat. Tak ayal jika meminum susu secara teratur, dapat membantu mencegah gangguan pertumbuhan tulang dan mengurangi risiko anak dari patah tulang.

  • Gigi sehat.

Manfaat ketiga dari mengonsumsi susu setiap hari bagi anak adalah mampu membuat gigi sehat. Kandungan nutrisi dalam susu ternyata dapat membantu melindungi permukaan enamel terhadap asam dan mengurangi risiko gusi bengkak dan gigi berlubang.

  • Mencegah dehidrasi.

Sebagai orang tua, kewajiban Anda menjaga tubuh anak untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Nah, susu yang kaya akan molekul air, dapat mencegah dehidrasi. Namun, pastikan untuk tetap memberikan air putih kepada mereka.

  • Meningkatkan energi.

Jangan lupa untuk menyajikan roti dan susu di pagi hari sebelum anak memulai aktivitasnya. Susu yang mengandung fosfor, protein, vitamin A dan beberapa vitamin B berfungsi untuk meningkatkan asupan vitamin, tingkatkan fungsi kekebalan tubuh dan energi.

 

Hal yang Perlu  Diperhatikan Ketika Memilih Susu Anak

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan yang paling baik sehingga anak harus diberikan makanan atau minuman yang bergizi. Salah satu asupan yang harus dipenuhi dalam usia anak-anak adalah kalsium. Pertumbuhan tulang pada masa ini sangat penting bahkan menjadi penentu perkembangan anak. Asupan kalsium yang cukup tidak hanya membantu pertumbuhan tulang dan gigi nya melainkan untuk mencerdaskan otaknya. Inilah alasan mengapa dalam memilih susu untuk anak tidak bisa dilakukan sembarang. Anda harus memilih susu yang tepat agar hasil yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan anak.  Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memilih susu anak.

  • Memiliki jaminan kesehatan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih susu anak adalah memilih susu yang diproduksi dengan standart GMP atau Good Manufacturing Product. Susu yang dipilih juga harus lulus uji kualitas dari BPOM untuk menjamin kesehatan dari susu tersebut. Salah satunya adalah Nankidphpro3 dari Nestle.

  • Sesuaikan dengan kondisi anak

Ada beberapa anak yang memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi. Jika sudah seperti ini maka anda harus menghindarkan anak anda dari susu sapi jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan. Ada baiknya anda mengkonsultasikannya bersama dokter anak untuk pemilihan susu terbaik. Sesuaikandengan usia anak Hal ini dikarenakan gizi yang dibutuhkan setiap anak berbeda-beda sesuai dengan umurnya. Namun anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada banyak susu yang mencantumkan keterangan usia. Jangan memberikan susu yang melebihi usia anak karena akan menyebabkan diare.

  • Bukan berdasarkan mahalnya harga dan merknya

Tidak perlu memilih susu dengan merk terkenal atau memilih susu yang memiliki harga tinggi karena pada dasarnya semua susu memiliki manfaat dan standart yang sama yang sudah ditetapkan oleh  Recommended Dietary Allowance.  Terkadang justru saat menggunakan susu anak yang mahal, anak mengalami diare, sedangkan saat mengkonsumsi susu dengan harga terjangkau justru tidak terjadi apa-apa. Inilah alasan mengapa Anda tidak perlu memilih susu berdasarkan harga, yang terpenting anak cocok dengan susunya dan tidak terjadi permasalahan dalam kesehatan.

Memiliki karakteristik seperti ASI Jangan mudah percaya dengan iklan, ada baiknya anda mengkonsultasikan susu anak apa yang terbaik untuk anak anda. Susu anak yang memiliki karakter seperti asi harus memiliki kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, D, C, kalsium, fosfor, besi, natrium, lg A, G, M dan Lisosin.

Takaran Susu Anak Sesuai Standar Para Dokter

Selama ini tidak jarang orang tua yang salah kaprah untuk memberikan susu sebanyak-banyaknya pada balita lebih dari 2 tahun. Bahkan seringkali anak diberi susu botol sebelum tidur. Padahal saat beraktivitas, anak tetap mendapat asupan susu atau produknya seperti eskrim, yoghurt,dan  permen susu. Ternyata, konsumsi susu yang berlebihan tidaklah baik. Selain dapat menyebabkan obesitas akibat penumpukan lemak, meminum susu yang terlalu banyak dapat membuat anak cepat kenyang dan malas makan. Padahal, susu saja tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi seperti zat besi.

Takaran susu anak yang tepat untuk anak usia 12-24 bulan ialah 2 gelas atau 500 ml per hari. Jika anak tidak mendapatkan ASI. Karena ASI tetaplah yang terbaik. Jika anak mendapat asupan turunan produk susu yang lain, konsumsi susu dapat dimodifikasi misalnya menjadi 1 gelas atau 250 ml, 200 gr yoghurt, dan 2 lembar keju 40 gr. Apapun komposisinya, yang paling penting diingat ialah jangan konsumsi susu atau produk turunannya lebih dari 500 ml per hari dan variasikan dengan makanan lain.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *