Ternyata, Tidak Sulit Kok Membuatkan Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

bubur kentang bayi

CBC

Ada saja alasan mengapa para ibu tidak membuatkan makanan sehat untuk bayi 6 bulan sendiri di rumah. Ada yang karena kesibukan, repot dengan urusan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Namun, ada juga orang tua yang bayinya selalu menolak makan ketika diberi menu makanan buatan sendiri. Mungkin, hal tersebut disebabkan menu makanan yang dibuat tersebut tidak terlalu lezat untuk si kecil.

Terlepas dari hal tersebut, membuatkan menu makanan yang sehat untuk bayi itu mudah. Meskipun sudah ada bubur instan yang sehat, yaitu Nestle Bebelac, tetap saja ibu harus membuatkan menu makanan sendiri. Ini dibutuhkan agar semakin variatif makanan yang dikonsumsi si kecil. Dengan demikian, semakin lengkap nutrisi yang didapatkan oleh tubuhnya.

Makanan Sehat Bukan Sekedar Makanan Bergizi

Ada kesalahan persepsi yang dipahami oleh masyarakat umum. Mereka menganggap makanan yang sehat untuk bayi 6 bulan adalah makanan yang kandungan gizinya tinggi. Ini bukan anggapan yang sepenuhnya benar.

Selain bergizi, makanan tersebut juga bagus untuk sistem pencernaan si kecil. Seperti yang ibu ketahui, usia 6 bulan itu awal si kecil mencoba mengkonsumsi makanan, bukan? Sistem pencernaan pun harus melakukan adaptasi dalam hal mencerna makanan yang berbeda dengan ASI.

Maka dari itu, pertimbangkan juga aspek kesehatan sistem pencernaan. Ada dua masalah yang paling sering dialami oleh bayi usia 6 bulan yang terkait dengan sistem pencernaan. Yang pertama diare dan yang kedua konstipasi atau susah buang air besar. Kedua masalah ini tidak lain disebabkan orang tua tidak terlalu memperhatikan makanan yang mereka buatkan untuk sang buah hati.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan agar bayi terhindari dari masalah pencernaan tersebut?

  • Buatkan Makanan Yang Lunak

Sebisa mungkin, ibu sebaiknya membuatkan makanan yang lunak. Makanan seperti ini selain mudah dikunyah juga mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Baru kemudian ketika usianya sudah di atas 7 atau 8 bulan, ibu bisa membuatkan makanan yang sedikit lebih keras untuk merangsang pertumbuhan gigi. Selain itu, makanan yang sedikit lebih keras juga tidak akan menyebabkan masalah karena sistem pencernaan sudah terbiasa mencerna makanan.

Sayangnya, kebanyakan orang tua hanya membuatkan makanan lunak berupa bubur saja. Padahal, ada banyak menu MPASI sehat untuk bayi 6 bulan yang teksturnya lunak tapi bukan bubur. Contohnya saja ibu bisa menghaluskan buah-buahan dan sayur-sayuran. Agar rasanya lebih gurih, ibu bisa campurkan dengan keju. Ada juga buah-buahan yang sudah sangat lunak sehingga bisa ibu berikan kepada si kecil sebagai makanan sehat, seperti buah pisang dan buah alpukat.

  • Higienis

Percuma saja jika ibu membuatkan makanan yang sehat tapi tidak higienis. Selain bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan anak, makanan yang tidak higienis juga akan menyebabkan masalah pencernaan.

Oleh karena itu, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama, pastikan bahan makanan yang ibu gunakan dicuci dengan bersih. Yang kedua, perhatikan juga kebersihan peralatan makan yang ibu gunakan. Akan lebih baik jika ibu membersihkan alat makan bayi dengan menggunakan sabun khusus.

Setidaknya dua hal tersebutlah yang harus ibu perhatikan. Jadi, makanan sehat bayi 6 bulan itu juga harus memiliki tekstur yang lunak serta higienis.

Menu MPASI Bayi 6 Bulan Sederhana Namun Sehat

Siapa sangka ada bahan makanan yang sangat mudah didapatkan di sekitar ibu. Bahan makanan tersebut bisa ibu jadikan sebagai menu MPASI bayi 6 bulan. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa dicoba.

  1. Ubi

Ini dianggap sebagai makanan orang desa. Namun, siapa menyangka jika ubi ini bagus sekali dikonsumsi oleh bayi. Apalagi jika ibu memilih ubi ungu. Faktanya, ubi ungu bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah risiko diabetes pada bayi.

Cara membuat makanan bayi 6 bulan sehat yang terbuat dari ubi pun cukup mudah. Ibu tinggal rebus lalu lunakkan dengan sendok. Lalu, ibu bisa suapi si kecil dengan ubi yang lezat dan nikmati ini.

  1. Pisang

Buah yang sangat mudah didapatkan di daerah tropis seperti Indonesia adalah buah pisang. Bagi si kecil, ini bukan sekedar makanan pencuci mulut, tapi makanan utama. Pisang ini mengandung energi yang sangat tinggi. Dengan demikian, mengkonsumsi pisang membuat bayi merasa kenyang.

  1. Kentang

Selain ubi, ibu juga bisa merebus kentang lalu dilunakkan dengan sendok. Kentang ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat tersebut sangat dibutuhkan oleh si kecil agar ia terus aktif sepanjang hari.

Jadi, siapa bilang susah membuat makanan yang sehat untuk si kecil? Bahannya mudah didapatkan. Proses pembuatannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

Memang sedikit merepotkan jika ibu harus buatkan menu MPASI tersebut terus menerus. Maka dari itu, sesekali ibu bisa buatkan bubur Nestle Cerelac. Meskipun bubur ini instan, bukan berarti kandungan gizinya kurang. Bubur ini mengandung semua gizi yang dibutuhkan oleh si kecil untuk tumbuh kembangnya. Bubur ini bisa ibu jadikan bekal untuk si kecil ketika ibu mengajaknya bepergian jauh.

Kesehatan bayi sangat ditentukan oleh makanan bergizi yang ibu berikan setiap hari. Saat usianya 6 bulan, bukan hanya ASI saja yang dibutuhkan. Makanan sehat untuk bayi 6 bulan menjadi sumber nutrisi yang akan memaksimalkan tumbuh kembang sang buah hati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *