Tidak Mesti Yang Bernutrisi Itu Pasti Makanan Sehat Buat Ibu Hamil

vitamin bagi kesehatan ibu hamil

www.ibudanbalita.com

Apa sih yang disebut dengan makanan sehat buat ibu hamil? Jawabannya akan sangat panjang sekali. Yang pasti, bukan hanya nutrisi yang tinggi saja yang menjadi faktor utama bawasannya makanan tersebut bagus untuk dikonsumsi seorang ibu hamil.

Lalu, seperti apa makanan sehat untuk ibu hamil? Bagaimana ibu bisa memilih makanan yang tepat untuk ibu konsumsi selama masa kehamilan? Jawaban atas pertanyaan tersebut yang harus ibu ketahui.

Makanan Harus Bergizi Dan Baik

Sebenarnya, cara yang paling mudah untuk menjelaskan apa itu makanan sehat ibu hamil itu adalah makanan yang bergizi dan juga baik. Dua kata “bergizi” dan “baik” harus selalu ada. Bergizi saja tidak cukup. Contoh sederhananya seperti ini. Makanan yang mengandung kalsium tinggi tentu dibutuhkan oleh ibu hamil, bukan? Namun, makanan seperti ini tidak bisa dikonsumsi ketika seorang ibu hamil mengalami anemia. Pasalnya, kalsium bisa menghalagi tubuh ibu hamil menyerap zat besi yang akhirnya membuatnya mengalami anemia.

Jadi, sudah jelas kan kenapa makanan ibu hamil harus bergizi dan juga baik? Dari penjelasan tersebut di atas, bisa dibuat sebuah kesimpulan bawasannya makanan yang sehat untuk ibu hamil adalah makanan yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menentukan Makanan Sehat Ibu Hamil

Sudah dijelaskan secara singkat pentingnya menemukan makanan sehat yang bergizi dan baik untuk ibu hamil. Kini saatnya ibu mencari tahu bagaimana ibu bisa memastikan bawasannya makanan yang ibu konsumsi itu sehat dan baik.

Langkah pertama yang harus ibu lakukan adalah browsing dan mencari informasi tentang kesehatan kehamilan. Ibu harus menemukan apa saja keluhan kesehatan yang bisa dialami selama masa kehamilan. Setelah itu, ibu mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi keluhan tersebut. Biasanya, ada banyak resep makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi keluhan tersebut.

Dengan langkah tersebut, diharapkan ibu bisa menemukan makanan sehat untuk ibu hamil yang sesuai dengan apa yang ibu alami. Contohnya, jika ibu sering merasa mual dan kembung, ibu tidak boleh mengkonsumsi sayuran yang mengandung gas seperti kol dan brokoli. Meskipun sayuran tersebut mengandung nutrisi ibu hamil, sayuran tersebut tidak baik untuk ibu konsumsi.

Langkah yang kedua adalah konsultasi dengan dokter. Mungkin ibu sedikit kesulitan jika harus mencari sendiri. Akan lebih mudah dan efektif ketika ibu tanya langsung dengan pakarnya saja. Ibu bisa sampaikan keluhan apa yang ibu rasakan sehingga dokter bisa memberikan masukan makanan apa yang sebaiknya ibu konsumsi.

Jadi, sekarang ibu tahu kan pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi dan baik untuk ibu hamil? Setidaknya ibu tidak lagi asal-asalan dalam memilih makanan. Tentu bukan karena kandungan nutrisinya saja yang menjadi bahan pertimbangan, tapi juga karena baik atau tidaknya ibu konsumsi.

Untuk memastikan nutrisi ibu hamil harian terpenuhi, sangat disaranakan agar ibu minum susu ibu hamil setiap hari. Susu memang bukan sumber utama nutrisi ibu hamil. Akan tetapi, jika ibu mengkonsumsi susu ibu hamil setiap hari, setidaknya nutrisi harian minimal sudah tercukupi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *