Tidak Perlu Repot Untuk Menjaga Kesehatan Wanita Hamil

Menjaga Kesehatan Wanita Hamil

PregnancyClue.com

Apakah ibu merasa keberatan ketika harus menerapkan tips seputar cara menjaga kesehatan wanita hamil? Jika ya, ada kemungkinan ibu terlalu banyak mendengarkan nasehat dari teman.

Memang sering sekali seorang ibu hamil datang dan meminta nasehat dari seorang teman yang sudah pernah hamil sebelumnya. Dengan harapan, ada banyak informasi yang bisa didapatkan agar bisa menjalani masa kehamilan dengan baik.

Jika ibu juga melakukan hal yang sama, ibu akan mendapatkan banyak sekali informasi. Hanya saja, ibu akan merasa kuwalahan jika harus menerapkan nasehat dari teman-teman ibu tersebut.

Akan lebih baik jika ibu dapatkan informasi langsung dari ahlinya. Kenapa? Karena informasi tersebut bisa dipercaya dan tidak memberatkan. Para ahli kesehatan kandungan selalu memberikan masukan sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya, cara menjaga kehamilan itu tidaklah sulit. Berikut ini beberapa faktanya yang menujukkan untuk menjaga janin yang ada di dalam kandungan, ibu tidak akan merasa terbebani.

Lakukan Hal Yang Menyenangkan

Percaya kalau menjaga kesehatan kehamlian itu bisa dilakukan dengan cara melakukan hal yang menyenangkan? Ibu mungkin tidak percaya. Pasalnya, beberapa tips menjaga kehamilan justru melarang ibu untuk melakukan kegiatan yang ibu sukai.

Tentu saja ada hal yang tidak boleh ibu lakukan seperti berwisata ke luar kota terutama ketika sedang hamil muda, mengkonsumsi kopi agar bisa menonton film semalaman di waktu weekend, dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana dengan hal menyenangkan berikut ini? Jelas hal berikut ini baik untuk menjaga kesehatan kandungan ibu.

  • Bercerita Dengan Teman

Akan lebih baik jika ibu sering meluangkan waktu bercerita dengan teman yang kebetulan juga sedang mengandung. Tentunya ibu harus mengangkat topik yang positif. Bercerita hal yang positif bisa membuat psikologi ibu baik. Hindari cerita negatif yang justru bisa menimbulkan dampak psikologi yang kurang baik. Hindari bercerita tentang hal yang membuat khawatir dan stres seperti bagaimana sakitnya bersalinan nanti, bagaimana repotnya mengurus anak, dan lain sebagainya. Ceritakan hal-hal yang positif saja.

Jika ibu tidak memiliki teman yang kebetulan sedang hamil, ibu bisa ikut komunitas atau forum online untuk ibu hamil. Di sana, banyak ibu yang bercerita dan berdiskusi dengan sesama ibu hamil. Ini merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat karena ibu akan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan tentang kehamilan di forum tersebut.

  • Menjaga Kesehatan Mulut

Ibu pasti tahu cara menjaga kesehatan ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, bersih, dan higienis. Namun, hal tersebut tidak ada gunanya jika mulut tidak bersih. Jika ada bakteri yang bersembunyi di mulut, maka makanan yang bersih pun akan masuk ke dalam perut dan bakteri akan masuk bersamaan dengan makanan tersebut. Dan ibu tahu kan apa yang bisa terjadi selanjutnya?

Oleh sebab itu, selain memastikan makanan yang ibu konsumsi sehat, ibu harus menjaga kesehatan dan kebersihkan mulut. Sikat gigi dua kali setiap hari. Gunakan mouthwash yang bisa menghancurkan bakteri yang biasanya bersembunyi di sela-sela gigi.

Hal Yang Biasanya Memberatkan

Ada beberapa tips menjaga kesehatan kehamilan yang biasanya dianggap berat oleh para ibu hamil. Berikut ini tips-tips tersebut.

  • Mengkonsumsi Multivitamin

Apakah ini penting? Sebenarnya penting dan tidak perlu ibu lakukan jika ibu sudah memastikan kebutuhan nutrisi ibu hamil terpenuhi dari makanan yang ibu konsumsi setiap hari. Multivitamin juga tidak perlu dikonsumsi jika ibu sudah mengkonsumsi susu ibu hamil.

  • Minum Obat Mual
Wanita Hamil Minum Obat Mual

Yahoo.com

Yang paling sering dikeluhkan oleh seorang ibu hamil adalah mual. Ini memang dirasakan oleh hampir semua ibu hamil. Namun, ibu tidak perlu minum obat yang katanya bisa meredakan mual.

Terkadang ada ibu hamil yang mengkonsumsi obat ini agar kegiatan sehari-hari mereka tidak terganggu karena sering mual. Jika itu tujuannya, maka tidak perlu minum obat mual. Cukup dengan mengkonsumsi buah-buahan segar saja setiap hari seperti jeruk, pepaya, semangka, dan buah segar lainnya.

  • Ikut Senam Ibu Hamil
senam ibu hamil 9 bulan

Image Source: Women Fitness

Senam kehamilan dianggap sebagai kegiatan yang baik untuk menjaga stamina ibu hamil. Selain itu, tujuan lainnya adalah agar persalinan normal mudah dan lancar.

Sayangnya, tidak semua ibu hamil bisa menjalankan tips menjaga kesehatan wanita hamil yang satu ini. Pasalnya, ada daerah di mana tidak ditemukan kelas senam ibu hamil. Padahal, senam ini sebaiknya dilakukan di bawah panduan instruktur profesional agar manfaat senam kehamilan bisa didapatkan dan resiko cidera bisa dihindari.

Tips yang satu ini tidak harus ibu lakukan. Ibu bisa ganti dengan jalan santai setiap pagi. Bahkan, ibu juga bisa melakukan aktivitas di dalam rumah yang ternyata hampir sama dengan senam ibu hamil. Mengepel lantai dengan menggunakan tangan ternyata membuat otot pinggang semakin kuat. Dan aktivitas ini akan membuat proses persalinan mudah.

Jadi, apakah menjalankan tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil itu sulit? Ternyata tidak. Selalu ada alternatif lain yang bisa ibu lakukan tanpa merasa repot.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *