Tidak Semua Ibu Hamil Perlu Melakukan Senam Hamil

senam ibu hamil 9 bulan

Image Source: Women Fitness

Tentu ibu percaya jika senam hamil sangat baik untuk menjaga kebugaran selama masa kehamilan. Apalagi bagi ibu hamil yang masa persalinan tinggal menghitung hari saja. Senam kehamilan menjadi cara yang tepat untuk membuat tubuh semakin siap melakukan persalinan secara normal.


 

Namun, satu pertanyaan yang harus ibu jawab? Siapakah yang sebenarnya butuh melakukan senam hamil? Apakah semua ibu hamil atau ibu hamil dengan kondisi tertentu saja?

Jika dilihat dari beberapa fenomena masa lampau, tingkat keguguran ketika proses persalinan cukup rendah di masa yang lalu. Toh dulu tidak ada program senam ibu hamil. Ibu-ibu hamil di desa tidak mengikuti progam tersebut. Mengapa ini bisa terjadi?

Karena memang kondisi ibu hamil masih sangat baik. Berbeda dengan para ibu hamil sekarang ini terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat serta menjalankan pola hidup yang kurang baik. Jadi, senam untuk ibu hamil dianggap sebagai cara yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan mereka yang kurang tepat tersebut.

Bagaimana dengan ibu? Apakah ibu termasuk yang membutuhkan untuk melakukan senam? Sebenarnya, jika ibu sudah bergerak terus setiap hari, maka ibu tidak perlu mengikuti program senam ini. Seorang wanita karir yang sedang hamil di mana pekerjaannya menutut untuk terus bergerak jelas tidak perlu lagi melakukan senam. Bergerak di dalam kantor ternyata sudah termasuk salah satu tips untuk menjaga kehamilan lho.

Berbeda jika ibu seorang wanita karir atau ibu rumah tangga yang banyak waktu ibu habiskan di atas kursi saja. Jelas, ibu membutuhkan waktu untuk menggerakkan badan, yaitu dengan mengikuti senam kehamilan.

Ibu hamil dengan resiko masalah kesehatan juga tidak perlu melakukan senam. Bahkan, mereka tidak dianjurkan untuk melakukan senam ibu hamil. Ada gerakan-gerakan di dalam senam di mana hal tersebut bisa membahayakan kondisi janin di dalam kandungan. Ini berlaku pada ibu hamil yang memiliki masalah dengan tumbuh kembang bayi di dalam rahim.

Sebaiknya seorang ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dulu untuk mengetahui apakah kondisi tubuhnya memungkinkan untuk mengikuti senam kehamilan atau tidak. Untuk ibu hamil yang dilarang bergerak atau bahkan harus bedrest, tentu melakukan senam ibu hamil sangat tidak disarankan. Atau juga memang diperlukan, sesi senam perlu dipantau juga oleh instruktur senam kehamilan agar tidak mengancam ibu dan janinnya.

Senam Ibu Hamil

mamaway.co.id

Tentu ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu selain melakukan senam hamil. Contohnya saja jalan santai setiap pagi atau sore hari, mengkonsumsi makanan yang jelas gizinya, serta minum susu ibu hamil Frisian Flag Mama dua kali setiap hari. Jika itu semua dilakukan dan ibu tidak merasakan keluhan yang berbahaya, sepertinya ibu sudah dikatakan berhasil menjaga kesehatan dan kebugaran selama masa kehamilan.

Akan tetapi, yang paling penting adalah bagaimana ibu menjaga perkembangan janin di dalam kandungan. Ini hanya bisa dilakukan dengan cara berkonsultasi dengan dokter. Akan lebih baik jika ibu memeriksakan kandungan dengan melakukan tes USG setiap satu bulan sekali. Dengan demikian, ibu bisa melihat bagaimana perkembangan bayi setiap bulannya.

Terlepas dari itu semua, jika ibu memang ingin merasa refresh, tidak salah jika ibu memilih untuk melakukan senam hamil. Senam bersama ibu hamil lainnya jelas akan memberikan sensasi yang lebih dari sekedar menjaga kebugaran selama masa kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *