Tips Agar Anak Cerdas Tak Terduga? Cek Disini!

tips agar anak cerdas

www.ibudanbalita.com

Tips agar anak cerdas kadang kesannya ribet dan bikin pusing kepala. Ya, memang ada cara ribet, tapi ada pula cara mudah bikin si kecil cerdas. Bunda ayah mau pilih yang mana tentu tergantung kesediaan. Pada artikel ini, hanya berfokus pada pembahasan cara mengembangkan otak anak yang mudah plus tak terduga. Penasaran? Ayo langsung saja simak pembahasan berikut ini.

  1. Main game kontrol
    Bagi ayah bunda yang gemar main game pasti akan senang mendengar fakta satu ini. Percaya tidak percaya, video game tidak mematikan otak anak, malah bisa bikin lebih cerdas. Dengan catatan tidak berlebihan, ya. Pasti bingung kok bisa?

    Video game memaksa pemain untuk berpikir lebih strategis, sistematik dan visioner. Kesannya memang hanya pencet – pencet tombol saja, padahal kalau ditilik lebih lanjut kinerja otak cukup berat, maka dari itu anak biasanya mudah lelah setelah bermain game.

    Koordinasi gerak tangan mengendalikan karakter game, belum ditambah otak yang diperas supaya berpikir cepat dan matang. Perhitungan tepat serta alasan kuat tentu harus mengikuti keputusan yang dibuat, bisa dibayangkan tantangan dibalik video game itu sendiri sampai bisa mencerdaskan anak.

  1. Hargai usaha bukan nilai sekolah
    Setiap manusia akan membuat kesalahan. Justru kekeliruan dalam hidup inilah yang membuat seseorang terus berkembang setiap harinya. Memang, rasa tidak enak akan menyelimuti diri jika anak mendapat hasil yang tak diharapkan, ditambah lagi jika orang tua mulai melancarkan amarah.

    Kesalahan terbesar yang sering dilakukan banyak orang tua adalah memarahi anak karena kegagalan nilai sekolah. Mungkin di benak ayah bunda kalau anak dimarahin, rasa kapok bisa meningkatkan nilai, padahal salah besar. Secara instan memang anak akan berusaha mencari cara dongkrak nilai, masalahnya cara yang dipakai suka tidak benar.

    Rasa bersalah secara alami akan menghampiri siapa saja yang merasa gagal. Penghargaan yang diberikan bisa menutup luka yang dalam sedangkan amarah hanya menggarami rasa sakit dalam hati. Terus dukung anak untuk berusaha dengan cara yang benar sehingga otak berkembang dan anak tidak jadi malas.

  2. Batasi waktu nonton tv
    Charlie and the chocolate factory, sebuah film dibintangi Johny Deep menunjukkan adegan betapa berbahayanya tv. Seorang anak yang kecanduan nonton ‘kotak elektronik’ alias televisi memiliki imajinasi serta kemampuan inovasi yang rendah. Bayangkan jika anak bunda dan ayah tidak punya kemampuan tersebut dan hanya jadi manusia biasa.
  3. Dua puluh menit olah raga
    Otak dipenuhi aliran darah pembawa oksigen yang dipompa dari jantung. Semakin banyak oksigen beredar dalam kepala maka semakin baik fungsi kerja otak. Kemampuan jantung menyalurkan oksigen tentu saja harus dilatih dengan banyak gerak.

    Dua puluh menit bukan waktu yang lama bila dibanding total waktu yang dipunya manusia yakni dua puluh empat jam. Olah raga apa saja akan sangat bermanfaat guna melatih tubuh agar tetap berfungsi optimal. Bahkan, anak yang gemar berolah raga punya ingatan lebih baik dibanding mereka yang hanya diam di rumah, tanpa ada aktivitas olah tubuh sama sekali setiap hari.

  4. Ajari anak main musik
    Senandung nada – nada selalu sukses membuat hati gembira. Banyak orang tidak tahu bagaimana bermain musik tapi yang jelas, banyak orang bisa menikmati musik. Industri seni satu ini ternyata menyimpan potensi yang lebih berarti dibanding sekedar penyampai alunan nada.

Penelitian terkini menunjukkan bahwa musik berkaitan dengan kualitas intelektual atau biasa disebut IQ. Alat pelantun nada populer seperti piano dan gitar ternyata mampu meningkatkan IQ. Bahkan, anak yang mahir bermain musik cenderung lebih cerdas dibanding mereka yang tidak. Tunggu apa lagi ? ayo segera ajari anak bermain musik.

  1. Belajar dua bahasa atau lebih
    Otak bayi berkembang dua kali lipat dibanding saat lahir dengan daya ingat yang patut diberi tepuk tangan. Daftar tips anak cerdas tentu saja punya inti maksimalisasi kemampuan yang ada. Alasan anak mengikuti bahasa bunda ayah sebagai bahasa utama karena semasa kecil hanya bahasa itulah yang ditangkap.

    Anak kecil sejatinya punya kemampuan mengingat jauh lebih besar dibanding orang dewasa. Mengingat satu sampai dua bahasa lebih masih urusan cetek baginya. Bahkan kalau bisa dibilang, anak – anak mampu mengucapkan kosa kata bahasa asing dengan benar. Jangan heran, banyak anak yang diajari bahasa asing lebih cepat menyerap dibanding orang dewasa dengan jam belajar sama.

    Banyak bangsa menganggap orang yang bisa lebih dari satu bahasa (bilingual) punya otak cerdas. Tidak sepenuhnya salah, tapi jawaban yang tepat adalah anak bilingual gampang mencari solusi karena otak sudah terbiasa menggabungkan pola serta mengatasi tekanan dari luar.

  2. Sarapan pagi penting
    Hari yang baik biasanya akan berakhir dengan baik. Banyak orang percaya dengan keberuntungan tanpa sadar kebahagiaan berasal dari diri sendiri. Suasana hati yang baik akan membawa rasa positif pada diri seseorang. Percaya tidak percaya, sarapan pagi menjadi kunci permulaan hari.

Menangkan hati dengan perut, suatu kiasan klise yang kadang terdengar konyol walau ada benarnya. Makanan enak berkaitan erat dengan rasa senang. Sediakan hidangan penuh nutrisi dengan cita rasa tinggi supaya anak semangat menjalani hari. Bagaimana ? tips agar anak cerdas ternyata tidak seribet yang dikira, kan ?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *