Tips Anak Susah Makan Menurut Para Ahli

tips anak susah makan

Source: TopTenz

Tips  anak susah makan ini perlu  dilihat secara detail apa faktor penyebabnya, jika secara medis tak ada masalah, biasanya anak yang sulit makan akan dirujuk kepada psikiater atau psikolog. Psikiater atau psikolog akan mencari latar belakang masalah dari segi kejiwaan si anak. Para ahli juga akan memberikan saran untuk mengatasi masalah psikis tersebut, sehingga bila sudah berhasil diatasi, diharapkan perilaku makan anak akan membaik. Di rumah, orangtua sebenarnya bisa mengenali masalah psikis pada anak lewat terapi bermain. Biasanya cara ini dilakukan pada anak yang masih kecil hingga usia batita.

Saat bermain, orangtua bisa mengamati dan menganalisis bagaimana pola bermain anak dari kisah-kisah yang diperlihatkan. Misal, dalam bermain anak selalu memilih peran utama binatang buas yang menerkam binatang lemah. Bila pola ini selalu berulang, ini merupakan pertanda penting, anak merasa dirinya selalu jadi objek/korban dari pola asuh /perilaku, apakah orangtua atau teman. Lewat terapi bermain, konflik permasalahan anak dapat ditelusuri, kemudian diatasi sesuai penyebabnya.

Terapi bermain juga dapat digunakan untuk memperbaiki relasi antara orangtua dan anak. Karena dalam bermain, orangtua dapat belajar bagaimana merespons anaknya. Namun, perlu dipahami, terapi bermain yang dilakukan ini tidak serta merta berdampak langsung pada pola makan anak. Artinya, setelah pola asuh diubah tidak serta merta perilaku sulit makan anak teratasi. Perlu proses dan waktu yang cukup hingga akhirnya terjadi perubahan perilaku makan pada anak.

Selain terapi bermain, orangtua juga bisa melakukan terapi kognitif, utamanya pada anak yang lebih besar. Anak dibantu mengatasi kondisi cemas atau depresinya dengan mengubah cara berpikirnya. Lakukan dengan pendekatan komunikatif, anak diajak mengungkapkan perasaannya, sehingga ia merasa nyaman dan tenang. Lakukan komunikasi pada anak sesuai tahapan usianya. Lakukan introspeksi diri atas sikap dan pola asuh terhadap anak, mungkinkah selama ini kerap bersikap otoriter atau overprotektif, sehingga membuat anak merasa cemas, marah, dan tak nyaman. Orangtua diharapkan bisa mengubah cara berpikirnya.

Mengajarkan perilaku makan yang baik. Sediakan menu makanan yang bervariasi agar anak mengenal banyak rasa dan jenis makanan. Jadilah model yang baik dengan membiasakan makan bersama di meja makan. Makan bersama merupakan ajang interaksi penting antara orangtua dan anak. Orangtua juga bisa menjadi teman menyenangkan di meja makan. Dengan begitu, hubungan orangtua dan anak semakin erat. Jadikan saat makan menyenangkan. Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak.

Tips Anak Sulit Makan Dengan Menggunakan Beberapa Metode Berikut Ini!

Menghadapi Si Kecil yang susah makan, tentu saja  Anda tidak sendirian. Menurut salah satu perusahaan yang ada di Amerika menjelaskan hasil survei bahwa 1 dari 4 orang tua menyerah menghadapi anaknya yang sulit mengonsumsi makanan sehat. Dan yang mengejutkan, 68 % dari mereka merasa frustasi dan stres menghadapi situasi ini. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya :

  • Sabar

Ingatlah bahwa ternyata 30 persen anak-anak melalui fase tidak menginginkan makanan apapun. Banayak alasan seperti gigi tumbuh, perut tidak enak, hingga tidak suka dengan menu yang dihidangkan.

  • Anak Anda akan Makan Saat Lapar

Menunggu buah hati Anda lapar, tentunya dapat membuat Anda kehilangan kesabaran. Tapi ini lebih baik, daripada Anda memaksanya makan hingga ia menangis.

  • Jadikan Kegiatan Makan Sebagai Rutinitas Penting

Anda bisa  menciptakan rutinitas wajib. Misalnya seperti makan 3 kali sehari, jam 8 pagi , jam 12 siang  dan 7 malam serta beberapa cemilan di sela waktu tersebut. Berikan waktu untuk buah hati Anda makan selama 30 menit, dan langsung rapikan walaupun ia belum selesai makan. Kegiatan ini akan melatihnya untuk disiplin.

  • Tidak Berhenti Berusaha

Sudah dari jaman dahulu , bila Anda diminta memilih makanan yang manis dan pahit, pastinya Anda memilih makanan yang manis. Begitu juga dengan Si Kecil, ia akan lebih memilih makanan manis atau yang biasa ia makan, dibandingkan makanan baru. Bila Anda ingin memberikan makanan baru, Anda dapat mencoba menawarkan setidaknya 10 sampai 15 kali.

  • Hindari Makan Terlalu Banyak

Si Kecil memiliki porsi makan yang berbeda dengan orang dewasa. Jangan berikan terlalu banyak, Anda cukup memberinya sedikit sesuai porsinya. Bila Si Kecil suka, maka Anda dapat menambahnya.

  • Menggunakan Bantuan Ahli

Jika Si Kecil menunjukkan gejala-gejala yang janggal, seperti perubahan perilaku, kelelahan, pencernaannya bermasalah, atau berat badannya menurun drastis, berkonsultasilah kepada dokter atau ahli nutrisi.

Beberapa Tips Anak Susah Makan Yang Bisa Anda Terapkan

Anak yang tidak mau makan memang sangat merepotkan, jadi Anda bisa menerapkan beberapa cara kreatif memberi makan berikut ini:

  • Berikan mainan berbunyi

Bayi didudukan di kursi makan bayi atau high chair, lalu berikan mainan di mejanya. Setiap kali ia bosan dengan mainan yang ada, saya harus menggantinya dengan mainan yang lain. Mainan yang berbunyi lebih menarik perhatiannya dan ketika ia lengah, ia lebih mudah membuka mulut ketika sendok ditempelkan ke ujung bibirnya.

  • Melihat Tayangan film kartun

Bayi duduk di high chair sambil menikmati tayangan kartun, sehingga ia membuka mulut tanpa sadar ketika kita mendekatkan sendok ke mulutnya.

  • Membuatnya melihat ke atas

Gunakan mainan atau benda yang menarik perhatian bayi agar ia melihat ke atas. Ketika mulutnya terbuka, masukkan sendok berisi makanannya. Ini juga merupakan tips anak susah makan yang banyak dicoba oleh para ibu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *